082 339 443 335 info@mobillombok.com

Banyak wisatawan yang datang ke Pulau Lombok untuk menikmati keindahan wisata bahari, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Tetapi anda tahu gak sih !!! kalau Pulau Lombok tidak hanya menyuguhkan keindahannya melalui objek wisata baharinya saja, namun banyak wisata lain yang tidak kalah bagus, diantaranya beberapa objek wisata yang berada di Sembalun.

Sembalun adalah nama sebuah kecamatan yang merupakan bagian dari Kabupaten Lombok Timur. Kecamatan ini terdiri dari 6 desa diantaranya Sembalun Bumbung, Sembalun Lawang, Sajang, Bilok Petung, Sembalun, dan Sembalun Timba Gading. Dengan Ibukota Kecamatan Sembalun berada di Desa Sembalun Lawang, yang berjarak sekitar 45 km dari Ibukota Kabupaten Lombok Timur yakni Kecamatan Selong.

Bukit Pergasingan

Bukit yang menjulang tinggi ini bersebelahan dengan Gunung Rinjani, yang mana memiliki ketinggian hingga mencapai 1670 mdpl. Dengan ketinggian tersebut anda disuguhkan pemandangan keindahan sawah yang mempesona jika dilihat dari bukit ini. Petidak-petidak sawah beserta rute pematang sawahnya terlihat seperti mozaik yang tersusun rapi apalagi jika musim panen tiba, petidak-petidak tersebut menguning warnanya sehingga menyuguhkan kesan estetika yang luar biasa.

Rumah Adat Desa Belek

Rumah Adat Desa Belek menjadi cikal bakal dari sejarah keberadaan penduduk asli Sembalun. Bentuk fisik rumah ini memang berbeda dengan rumah adat Suku Sasak yang berbentuk seperti setengah lingkaran. Uniknya lantai dibuat dari adukan tanah dengan kotoran sapi saat pertama keluar, yang berfungsi menghalau nyamuk. Rumah ini dibangun dengan kayu jenis Suren Ritip untuk tiang rumah dan kayu pohon Nangka untuk tiang lumbung. Selain itu, atap rumah ini terbuat dari bambu dan atap ilalang.

Pusuk Sembalun

Pusuk Sembalun merupakan taman wisata dengan view yang disuguhkan membuat terpesona bagi siapapun yang mengunjunginya. Di taman wisata Pusuk Sembalun mempersembahkan sebuah panorama alam yang begitu memukau, salah satunya gugusan tebing-tebing curam nampak indah yang dapat anda lihat secara langsung dari puncak pusuk sembalun. Pusuk Sembalung memiliki ketinggian 1.250 mdpl sehingga menjadikan tempat ini sejuk dan dingin serta dari sini anda juga dapat melihat pemandangan Gunung Rinjani.

Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti merupakan air terjun yang anti-maintream dengan air yang tak jernih melainkan berwarna hijau toska. Hal tersebut karena campuran belerang pada air air terjun Mangku Sakti berasal dari Kokoq Puteq yang airnya langsung dari Danau Segara Anak di Gunung Rinjani. Ketinggian air terjun sekitar 40 meter dan debit air yang cukup besar membentuk sebuah kolam dengan kedalaman 2 hingga 4 meter. Bagi yang pandai berenang, melompat dari atas batu ke kolam air tersebut menjadi pengalaman yang seru.

Air Terjun Umar Maya

Air Terjun Umar Maya berketinggian sekitar 6 meter dengan tumpahan berkedalaman 2,5 meter. Di sekitar tumpahan air terjun ini terdapat telaga yang cukup luas sebagai tempat mandi para pengunjung. Telaga ini berukuran luas sekitar 1,5 area, lumayan besar sebagai tempat berenang. Bagi anda yang suka berenang maka telaga ini akan memberi kepuasan bagi anda. Keadalam telaga ini berkisar dari 0,5 meter hingga 2 meter dan dasar telaga ini tidak berlumpur sebab bagian dasar telaga (tumpahan air terjun) ini terdiri dari pasir sungai dan batu-batu kerikil yang tidak membahayakan bagi setiap pengunjung.

Bukit Dandaun

Pemandangan persawahan menjadi daya tarik utama Bukit Dandaun. Persawahan ini tersusun dengan rapi sehingga membuat latar belakang fotografi yang sempurna, terutama saat cuaca cerah. Sebagai alternatif, wisatawan harus memotret anggrek liar yang tumbuh melimpah di pohon-pohon terdekat di bawah bukit. Angrek-angrek ini terlihat cantik bahkan dari jauh.

Ingin tahu seperti apa keindahan objek wisata yang ada di Sembalun ? segera buat rencana anda untuk berwisata ke Sembalun. Kalau anda bingung akses menuju objek wisata di Sembalun saat berada di Pulau Lombok dapat menguhubungi mobillombok.com agar diantarkan mengelilingi objek wisata yang berada di Sembalun.