Beranda » Wisata Lombok » 5 Wisata Pantai di Pulau Lombok yang Menakjubkan

Berwisata ke pulau Lombok untuk menikmati keindahan pantainya memang menjadi incaran bagi anda, bukan ?. Apalagi bagi anda yang berasal dari luar pulau Lombok, tentu tidak akan menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Wisata pantai sangat banyak di pulau Lombok, saking banyaknya terkadang anda bingung memilih pantai yang akan dikunjungi. Agar anda tidak bingung memilih wisata pantai yang tepat untuk dikunjungi maka kami merokemendasikan 5 (lima) wisata pantai yang harus anda kunjungi ketika berwisata ke pulau Lombok. Mengapa harus demikian ? karena kelima tempat wisata tersebut memiliki keunikan tersendiri yang membuat anda takjub.

Keindahan Tebing Pantai Semeti

Anda pernah menonton film Superman? Ya, suasana di sekitar pantai ini sekilas mirip sekali dengan Planet Krypton yang ada di film tersebut. Mengapa demikian ? Karena formasi bebatuan dan karang di sekelilingnya meruncing dan berlapis-lapis layaknya dinding kristal yang terdapat di Planet Krypton. Itulah alasan pantai yang satu ini juga dijuluki Pantai Krypton.

Pantai Semeti

Secara administratif lokasi pantai Semeti termasuk dalam wilayah Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Jarak dari Kota Mataram hingga ke pantai ini sepanjang 50,5 km atau sekitar 1 jam 7 menit jika menggunakan kendaraan roda empat. Ketika berwisata ke pantai ini disarankan menggunakan alas kaki anti selip karena jalur menuju ke sini cukup terjal dan berliku disebabkan harus melewati tebing karang setinggi 20 meter.

Hempasan Ombak Pantai Nambung

Fenomena hempasan ombak di pantai Nambung yang cukup unik tercipta akibat ombak besar yang menghempas ke dinding batu karang, lalu mengucur jatuh kembali ke laut layaknya air terjun. Bagi anda yang suka mengabadikan wisata anda dengan mengambil foto atau video maka tempat wisata ini menjadi salah satu tempat yang cocok untuk memenuhi keinginan anda tersebut.

Pantai Nambung

Secara administratif lokasi pantai Nambung termasuk dalam wilayah Dusun Pengantap, Desa Montong Ajan, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Dari Mataram menuju ke pantai ini ada tiga jalur yang dapat dilewati salah satunya Jalan Giri Sasak dengan jarak sepanjang 46,7 km atau sekitar 1 jam 10 menit jika menggunakan kendaraan roda empat.

Pantai Tebing yang Unik dan Eksotis

Bukit tebing menjulang tinggi yang terdapat di pantai berpasir hitam ini tampak begitu unik dan eksotis. Tebing dengan tekstur yang berlekuk-lekuk laksana pahatan yang terbentuk dari erupsi dahsyat Gunung Rinjani Tua di Tahun 1257 M, endapan awan yang membawa berbagai material lalu bertemu dengan dinginnya air laut kemudian terlontar ke daratan sehingga terbentuklah bukit di Pantai Tebing ini.

Pantai Tebing

Secara administratif lokasi pantai Tebing termasuk dalam wilayah Dusun Luk, Desa Sambiq Bangkol, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Jarak dari Kota Mataram hingga ke pantai ini sepanjang 49,6 km atau sekitar 1 jam 16 menit jika menggunakan kendaraan roda empat. Agar anda dapat menikmati keindahan garis pesisir pantai Lombok Utara maka pilih jalur menuju ke pantai ini melalui rute Jalan Raya Senggigi.

Pesona Batu Payung, Tanjung Aan

Pesona Batu Payung di pantai Tanjung Aan akan terlihat seperti jari raksasa yang teracung ke angkasa jika dilihat dari arah tertentu. Uniknya, jika dilihat dari arah berbeda, maka bentuknyapun akan ikut berubah. Bahkan dari satu sisi wujudnya akan menyerupai wajah manusia. Batu ini bisa anda jumpai sekitar 1 kilometer di sebelah timur pantai Tanjung Aan. Sepanjang perjalanan anda dapat melihat pemandangan tebing-tebing tinggi yang dihuni oleh burung-burung dan kelelawar.

Batu Payung, Pantai Tanjung Aan

Secara administratif lokasi pantai Tebing termasuk dalam wilayah Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Jarak dari Kota Mataram hingga ke pantai ini sepanjang 55,6 km atau sekitar 1 jam 3 menit jika menggunakan kendaraan roda empat. Batu Payung dan Tanjung Aan masih berada dalam satu garis pantai yang sama, namun untuk menuju Batu Payung tergantung pasang surutnya air laut. Saat air laut pasang, anda dapat menyewa perahu agar dapat berkunjung ke Batu Payung. Namun saat air laut surut, anda dapat berjalan kaki menuju Batu Payung.

Keindahan Tebing Pantai Tanjung Bloam

Di selatan Lombok terdapat sebuah pantai yang masih jarang terjamah oleh pelancong, yaitu Pantai Tanjung Bloam. Daya tarik utama dari pantai berpasir putih ini adalah batu-batu karang yang ada di sekitarnya, termasuk dua buah tebing karang yang mencuat dan mengapitnya. Kontrasnya warna hitam dari bebatuan dan warna keemasan dari tebing berpadu dengan birunya laut menghasilkan sebuah komposisi yang sungguh menawan.

Pantai Tanjung Bloam

Secara administratif lokasi pantai Tebing termasuk dalam wilayah Dusun Tangsi, Desa Temeak, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Jarak dari Kota Mataram hingga ke pantai ini sepanjang 81,2 km atau sekitar 2 jam 18 menit jika menggunakan kendaraan roda empat. Di tempat ini anda bersantai di pinggir pantai, menagabadikan kenangan wisata anda dengan berfoto atau merekam video, atau menyusuri garis pantainya yang berbatu-batu. Pantai ini juga merupakan tempat konservasi penyu, bagi anda yang beruntung akan melihat penyu yang akan merapat ke daratan.

Indonesia merupakan wilayah yang amat beragam keindahan alamnya. Terkadang pantai yang satu dengan daerah lain sangat beda karakternya. Sebagai contoh, saat anda ke Jogja dengan agen paket wisata Jogja, disana Anda tidak akan menjumpai pantai berpasir pink sebagaimana yang ada di Lombok. Jadi, kapan lagi untuk explore lombok bersama kami. ๐Ÿ™‚

Review

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Komentar belum ada

Jika Anda Berkenan Tuliskan Komentar

Email anda tidak akan disebar luaskan. Kolom berbintang (*) wajib anda isi.

Komentar yang ingin anda berikan*Nama Anda*Isikan email Anda*Website anda saat ini

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.