082 339 443 335 info@mobillombok.com

Lombok merupakan sebuah tempat yang memang menarik untuk dieksplorasi. Lombok dan keindahan alam serta keunikan budaya berhasil membuat banyak wisatawan berbondong-bondong datang ke sana. Termasuk wisatawan mancanegara. Salah satu sisi lain daya tarik Lombok yang indah adalah wisata alam hutan di Lombok yang beragam. 

Bagi kamu yang memiliki jiwa petualang, pasti sudah sering menyusuri hutan, bukan? Tetapi sudah pernahkah menyusuri hutan-hutan yang ada di Lombok? Kalau belum, Anda bisa mencobanya. Nah, untuk kamu yang berlibur di Lombok kamu bisa mencoba berpetualang menyusuri 5 Objek Wisata Hutan Terpopuler Di Lombok.

1. Hutan Sesaot 

Hutan Wisata Sesaot merupakan salah satu hutan lindung yang berada di Pulau Lombok. Lokasinya berada di Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Jaraknya sekitar 23 km dari pusat Kota Mataram. Untuk berkunjung ke Lokasi anda bisa menggunakan mobil atau motor.  Karena statusnya sebagai hutan lindung, maka kawasan hutan ini masih alami terjaga.

Hutan Sesaot, sumber ig made_arjita
Hutan Sesaot, sumber ig @made_arjita

Salah satu hal yang membuat unik dari objek wisata ini adalah adanya sumber air dalam kawasan hutan yang berasal dari Gunung Rinjani yang dikenal dengan nama Ayik Nyet Sesaot.Anda pasti tergoda dengan airnya yang begitu jernih dan cukup dingin. Batu kali yang cukup besar mengiasi tepian air sungai menambah kecantikan sungai ini.

Di Hutan Seseot, Anda bisa menemukan 40 sumber mata air. Sumber mata air itu mengalir ke Kota Mataran dan Wilayah Lombok barat melalui Sungai Seseot, Sungai Tembiras, Sungai Lenek, Sungai Pemoto, Sungai Jangkuk, dan Sungai Selepang. 

2. Hutan Mangrove Gili Sulat 

Pulau Lombok tidak hanya terkenal dengan Gili Trawangan, namun juga Gili Sulat. Gili Sulat adalah salah satu gili di Pulau Lombok yang terkenal dengan keindahan pantainya. Di gili ini ternyata terdapat objek wisata hutan mangrove yang sangat sayang jika tak dijelajahi. Gili Sulat sendiri masuk dalam wilayah Lombok Timur, luasnya sekitar 5,2 km2

Hutan Mangrove Gili Sulat, sumber ig ari_oji_
Hutan Mangrove Gili Sulat, sumber ig @ari_oji_

Untuk mencapai Hutan Mangrove Gili Sulat Anda harus menyeberang dari pelabuhan di dusun Transad, Desa Labuhan, Kecamatan Sambelia. Di dusun ini Anda bisa menyewa kapal untuk mengantarkanmu ke Gili Sulat. Waktu yang akan Anda tempuh sekitar 1 jam.

Lebih baik menggunakan kendaraan pribadi. Berikut rutenya menempuh jalur Mataram – Narmada – Kopang – Masbagik – Aikmel – Labuan Lombok – Desa Labuan Pandan. Dengan jarak tempuh sekitar 85 Kilometer, atau sekitar 1,5 jam perjalanan. Di tempat ini, Anda akan menemukan berbagai jenis burung, dan satwa-satwa unik lainnya. Gili Sulat berada di Kabupaten Lombok Timur. Panjang pulau ini sekitar 5,2 kilometer.

3. Hutan Pusuk Lombok Utara

Hutan Pusuk berada di bentangan kaki Gunung Rinjani, gunung tertinggi ke tiga di Indonesia. Tepatnya hutan ini berada di perbatasan Lombok Barat dan Lombok Timur. Untuk menuju tempat ini Anda butuh waktu sekitar 30 menit dari Kota Mataram.

Hutan Pusuk, sumber ig ericogautama
Hutan Pusuk, sumber ig @ericogautama

Wisata pusuk ini dikenal juga dengan sebutan objek wisata Hutan Pusuk Pass yang artinya puncak. Layaknya di puncak, maka Anda akan dapati udara yang sangat menyegarkan dengan view cantik khas alam.

Wisata pusuk terletak di kaki gunung rinjani, menghadirkan kesejukan dengan lanskap pegunungan hijau yang ditumbuhi pepohonan besar nan rindang, tebing curam, dan bahkan Anda bisa melihat keindahan laut Lombok Utara dengan pantai yang memiliki hamparan pasir putih.

Banyaknya tanaman rimbun, rindang, dan berukuran besar membuat hutan ini nyaman dihuni monyet-monyet. Didalam objek wisata hutan pusuk sendiri terdapat perbukitab dengan sayuran seperti mahoni, kumbi, terep, piling dan tanaman lainnya.

Kemiringan tanah yang cukup curam membuat monyet-monyet mudah loncat dari satu pohon ke pohon lainnya. Di wisata pusuk juga banyak pepohonan yang daun dan buahnya menjadi makanan favorit monyet-monyet.

Yang paling spesial dari Hutan Pusuk adalah maskotnya yaitu kawanan monyet jenis ekor panjang. Monyet-monyet liar itu terkenal ramah. Monyet-monyet itu sangat lincah dan menggemaskan memperlihatkan aktraksi mereka melompat dari dahan ke dahan lain. 

4. Taman Hutan Raya Nuraksa

Taman Hutan Nuraksa, sumber ig kurniacha29
Taman Hutan Nuraksa, sumber ig @kurniacha29

Taman Hutan Raya Nuraksa terletak di Dusun Kumbi, Desa Lembah Sempage, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Lokasi Tahura Nuraksa berjarak ± 30 km dari ibukota Provinsi NTB (Kota Mataram) yang dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat sekitar ± 45 menit dengan kondisi jalan beraspal.

Taman Hutan Raya Nuraksa memiliki luas wilayah sekitar 3.155 hektar. Di taman hutan raya ini para wisatawan dapan menikmati pemandangan alam yang menarik dengan obyek wisata utama yaitu air terjun Segenter, tidak hanya itu para wisatawan juga akan mendapati berbagai jenis flora hutan tropis asia. 

Selain dihuni oleh flora yang beraneka macam, hutan ini juga menjadi rumah bagi berbagai fauna seperti kera ekor panjang, rusa, dan beberapa jenis burung serta ular. Di kawasan Tahura ini terdapat salah satu objek wisata air terjun Lombok bernama Segenter. Nah sangat menarik bukan?

5. Hutan Lindung Gawar Gong

Hutan Lindung Gawar Gong, sumber ig petir_oasistala
Hutan Lindung Gawar Gong, sumber ig @petir_oasistala

Namanya yang cukup menarik membuat banyak orang penasaran, Hutan Lindung Gawar Gong. Hutan lindung ini berada di Desa Beririjarak, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Sebagaimana hutan lindung lainnya, hutan ini juga berfungsi sebagai daerah resapan air.

Di hutan ini terdapat sekitar 8 sumber mata air yang tak pernah surut. Dari kedelapan sumbar mata air inilah pasokan air untuk desa sekitar diperoleh. Karena keindahan dan keasrihannya, hutan lindung ini banyak didatangi oleh para wisatawan.

WhatsApp chat