082 339 443 335 info@mobillombok.com

Kopi adalah salah satu minuman yang sering disajikan dalam berbagai acara, entah itu menjamu tamu atau hanya sekedar bersantai. Nah, jika Anda sebagai pecinta kopi, maka tidak ada salahnya jika Anda juga menjajal wisata ke kebun kopi. Indonesia dikenal memiliki banyak kebun kopi yang tersebar di berbagai daerah. Salah satunya adalah Kebun Kopi Senaru di Lombok.

Wisata Kebun Kopi Senaru berlokasikan di Desa Senaru. Adapun Desa Senaru terletak di Kabupaten Lombok Utara tepatnya di bawah kaki Gunung Rinjani sebelah baratnya. Desa Senaru memiliki ketinggian 800 mdpl. Berada di ketinggian 800 mdpl itu membuat Desa Senaru kerap didatangi kabut dan awan saat pagi dan sore hari.

Menikmati secangkir kopi sambil menikmati keindahan pesona alam air terjun tentu akan menambah kenikmatan setiap tegukan kopi yang Anda minum. Itulah panorama yang ditawarkan oleh wisata Kebun Kopi Senaru jika Anda mengunjunginya. 

Bagaimana? tertarik untuk mengunjungi wisata kebun kopi senaru? simak ulasan lebih lanjut di bawah ini terkait wisata kebun kopi senaru.

Sejarahnya

Wisata Kebun Kopi Senaru atau masyarakat setempat memanggilnya adalah Tebing Kelep, pada mulanya adalah merupakan salah satu tempat penelitian yang dilakukan oleh Universitas Mataram sejak lama. 

Kebun Kopi Senaru, sumber ig sahrulaviz24
Kebun Kopi Senaru, sumber ig @sahrulaviz24

Tempat ini pertama kali ditemukan oleh salah satu warga setempat yang bernama Ahmad Yani pada awal tahun 2015. Melihat akan potensi keindahan alamnya, warga sekitar mulai untuk mengembangkan tempat tersebut menjadi kawasan destinasi wisata. 

Nama Tebing Kelep pada awalnya hanya muncul karena tempat tersebut merupakan sebuah Tebing yang memiliki pemandangan yang indah dengan Air Terjun Tiu Kelep yang terlihat dari ketinggian kebun tersebut. 

Pesona

Selain kenikmatan menikmati secangkir kopi, hal yang menjadi daya tarik destinasi wisata ini adalah pesona keindahan alam yang membentang seperti pemandangan hijau, terdapatnya dua air terjun yaitu air terjun sendang gile dan tiu kelep dan suasan pegunungannya yang sejuk.  

Di wisata Kebun Kopi Senaru terdapat warung yang diberi nama “Coffee Plantation”. Warung tersebut menyediakan berbagai minuman dan makanan ringan, mulai dari kopi susu hangat, susu jahe hangat, dan kopi susu jahe hangat yang bisa dipesan sambil menikmati keindahan yang di suguhkan alam,  Tempatnya juga asyik, ada beberapa bangku kayu dan meja kayu untuk bersantai-santai sambil menikmati secangkir kopi.

Dengan secangkir kopi dan pesona alam terlebih lagi suasana sejuk udara di kebun kopi menambah kenikmatan dan seakan-akan ingin terus berlama-lama disana. Inilah yang membuat Kebun Kopi Senaru menjadi salah satu spot wisata kopi yang banyak dicari wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.  

Lokasi

Untuk lokasinya, Kebun Kopi Senaru berlokasikan di Desa Senaru, Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. 83354. Untuk sampai ke lokasi, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewaan. Jika tidak menggunakan kendaraan pribadi, jangan khawatir karena di lombok sudah terdapat banyak sekali tempat sewa mobil lombok. 

Produk Kopi Senaru, sumber ig hhengkii
Produk Kopi Senaru, sumber ig @hhengkii

Namun, jika anda menggunakan kendaraan mobil Anda hanya bisa sampai di Parkiran Desa Adat Senaru. Selanjutnya berjalan kaki dengan menghabiskan kurang lebih sekitar 10 menit perjalanan. Menggunakan motor ? kalau menggunakan motor tentu bisa. 

Rute

Mengenai rutenya, jika anda berangkat dari kota Mataram, Anda dapat melalui jalur Jalan Raya Bayan – Jalan Raya Batu Rangkit – Menuju Desa Senaru. Untuk sampai ke lokasi Anda akan menghabiskan waktu sekitar 2,5 Jam lamanya jika menggunakan sepeda motor. 

Namun jika Anda menggunakan kendaraan roda empat atau mobil, jarak yang ditempuh untuk sampai di Desa Senaru bisa sampai 4-5 jam lamanya. Jarak Senaru dari Mataram berjarak kira-kira 85 kilometer.

Dari Mataram, nantinya Anda akan melewati perbukitan Pusuk Lombok Barat. Di sana, Anda dapat melihat beberapa monyet yang berkeliaran di sepanjang jalan Pusuk. Tetapi, tak perlu takut karena monyet di sana sudah jinak.

Juga, di atas perbukitan Pusuk, banyak warung yang menjual aneka minuman khas Lombok Barat. Namanya tuak . Air tuak yang diambil dari pohon Aren banyak dijual di atas perbukitan Pusuk jalan menuju Lombok Utara.

Biaya

Untuk mengenai biaya yang Anda butuhkan untuk masuk ke wisata Kebun Kopi Senaru tidak dipungut biaya alias gratis. Tetapi, Anda membayar Rp 5.000 saja untuk parkir. 

Wisata Alam Kebun Kopi Senaru, sumber ig kevin.fa_
Wisata Alam Kebun Kopi Senaru, sumber ig @kevin.fa_

Rekomendasi Wisata Lain

Setelah Anda puas mengunjungi wisata kebun kopi senaru, ada beberapa rekomendasi destinasi wisata yang dapat anda lakukan yakni : 

1. Mendaki Gunung Rinjani

Tentu jika Anda memiliki waktu yang luang dan energi, ide rekomendasi pertamanya adalah mendaki Gunung Rinjani karena di Desa Senaru terdapat rute pendakian. Rute Desa Senaru inilah yang menjadi favorit kebanyakan para pendaki.  

2. Mengunjungi Air Terjun Sendang Gile atau Air Terjun Tiu Kelep

Adapun jika tidak tertarik untuk mendaki, Desa Senaru memiliki beberapa air terjun yang menawan yaitu Air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep. Kedua Air Terjun tersebut merupakan air terjun yang paling populer di Pulau Lombok. Keduanya bisa diakses melalui pintu masuk Taman Nasional Gunung Rinjani.

3. Desa Adat Senaru

Selain wisata alam, terdapat pula wisata budaya sasak dengan mengunjungi desa Adat Senaru. Disana, Anda akan belajar mengenai budaya dan religiusitas masyarakatnya. Mengagumi arsitektur rumah yang unik atau bercengkrama ringan dengan warga setempat.

4. Masjid Kuno Bayan Beleq

Tidak kalah penting, pastikan juga Anda singgah di Masjid Kuno Bayan Beleq. Masjid yang satu ini unik dan sangat bersejarah bahkan dikatakan sebagai masjid tertua di lombok. Untuk itu, ketika berkunjung ke Desa Senaru jangan lupa untuk berkunjung ke masjid ini ya, temukanlah nilai kearifan dari keeksotisan yang menyelimuti tempat ini.

Chat WhatsApp whatsapp