082 339 443 335 info@mobillombok.com

Pulau Lombok memiliki pesona yang sangat indah. Tidak hanya pantainya, wisata bukit di Lombok menjadi primadona dan destinasi para wisatawan yang wajib untuk dikunjungi.

Bagi Anda yang merencanakan liburan seru dan menantang, wisata bukit di Lombok bisa menjadi salah satu alternatifnya. Wisata bukit di Lombok yang unik dan fantastik membuat Anda pasti kagum dan Anda pun tidak akan kecewa dengan semua pemandangan yang disajikan.

Wisata Bukit Di Lombok

Berikut ulasan lengkapnya mengenai liburan seru dan menantang ke wisata bukit di Lombok yang penting untuk Anda coba.

1. Bukit Merese

Bukit Merese Lombok
Bukit Merese Lombok, Sumber IG @cassandraslee

Bukit Merese terletak di Kawasan Mandalika, Kuta, Lombok Tengah. Bukit yang menjadi tempat shooting beberapa video klip artis ternama ibu kota ini terbilang cukup mudah dijangkau.

Dari bawah bukit menuju ke atas, Anda tinggal berjalan sekitar 5 menit saja dan pemandangan eksotis laut biru dan pasir putih membentang luas di hadapan Anda.

Tips ke Bukit Merese:

a. Tidak ada transportasi umum ke Bukit Merese, jadi Anda perlu menyewa kendaraan roda empat atau roda dua.

b. Membawa air minum saat menanjak ke atas. Meskipun pendek dan hanya butuh waktu sekitar 5 menit untuk menanjak, air minum akan membantu Anda apalagi saat cuaca panas (karena tidak ada tempat berteduh di sana).

c. Jika Anda menyewa kendaraan di sewa mobil lombok, Anda perlu menyempatkan mengunjungi pantai-pantai lain di sekitar Bukit Merese seperti Pantai Tanjung Aan, Pantai Batu Payung dan Pantai Seger. Tentu, sekali mendayung Anda bisa dapat banyak.

2. Bukit Pergasingan

Terletak di Desa Sembalun, Lombok Timur, untuk menuju salah satu bukit di Lombok ini anda terlebih dahulu harus menggunakan kendaraan bermotor menuju Desa Sembalun. Dari Kota Mataram menuju Desa Sembalun dapat ditempuh selama 3 jam perjalanan.

Setibanya di Desa Sembalun, Anda harus melakukan soft trekking, berjalan kaki menuju puncak bukit selama 2 jam. Setibanya di Puncak Bukit Pergasingan, pemandangan alam yang istimewa akan membayar lunas rasa lelah anda setelah mendaki.

Anda jangan sampai melewatkan moment sunrise dan sunset dari bukit ini.

Tips ke Bukit Pergasingan:

a. Sebaiknya Anda merencanakan untuk berkemah di tempat ini karena jarak tempuhnya yang lumayan jauh saat berjalan kaki, sayang sekali jika hanya direncanakkan satu hari yang dimana waktu Anda akan banyak habis di perjalanan.

b. Mulai naik ke Bukit menjelang sore sekitar Pukul 15.00 WITA agar cuaca tidak terlalu terik sehingga Anda tidak cepat kelelahan.

c. Mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Meskipun hanya soft trekking, jangan terlalu menganggap remeh. Cuaca yang dingin mengharuskan Anda menyiapkan perlengkapan trekking seperti tenda, matras, sleeping bag dan jaket tebal.

3. Bukit Anak Dara

Terletak di Desa Sembalun juga, Bukit Anak Dara lebih tinggi daripada Bukit Pergasingan. Jika naik ke Bukit Pergasingan menempuh waktu selama 2 jam, Bukit Anak Dara bisa mencapai 3 jam. 

Pemandangan Desa Sembalun, hamparan sawah dan Gunung Rinjani menjadi pesona yang tak akan terlupakan saat anda mengunjungi Bukit Anak Dara.

Tips ke Bukit Anak Dara:

Gunakan guide lokal karena Bukit Anak Dara tidak sepopuler bukit lainnya di Sembalun dan trek yang ditempuh cukup sulit. Akan tetapi pemandangan yang diberikan akan sangat indah.

4. Bukit Nanggi

Bukit Nanggi Lombok
Bukit Nanggi Lombok, Sumber IG @mhmd_yudi

Bukit Nanggi juga terletak di Desa Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Dibandingkan dengan Bukit Pergasingan dan Bukit Anak Dara, Bukit Nanggi menjadi bukit tertinggi di deretan bukit di Lombok.

Untuk mencapai puncak Bukit Nanggi, Anda harus berjalan kaki soft trekking selama sekitar 4 jam. Anda jangan samapi melewatkan sunrise dan sunset dari bukit ini. Sebaiknya anda camping minimal satu malam jika berniat mengunjungi Bukit Nanggi.

Tips ke Bukit Nanggi:

a. Berangkat dengan orang yang sudah pernah ke Bukit Nanggi sebagai petunjuk jalan Anda atau sewa guide lokal.

b. Menggunakan agen perjalanan wisata untuk meng-organize trip yang terbilang tidak mudah ini.

5. Bukit Batu Idung

Untuk mencapai bukit ini, kita membutuhkan waktu satu jam perjalanan dari kota Mataram. Terletak di kampung Gumise, Gerung, Lombok Barat membuat pengunjung bukit ini kebanyakan dari wilayah Lombok Barat dan Kota Mataram.

Bukit ini selalu ramai oleh anak muda yang ingin menunggu sunset. Dari atas bukit, Anda bisa melihat matahari terbenam di Laut Lembar, indah sekali. Menjadi pemandangan yang menghibur saat melihat mereka satu persatu secara bergiliran berfoto di atas batu tersebut.

Tips ke Bukit Batu Idung:

a. Bukit Batu Idung ini cocok sekali untuk wisatawan lokal karena jaraknya yang tidak jauh dari Kota Mataram.

b. Mengajak keluarga Anda untuk menikmati Bukit Batu Idung.

c. Saat terbaik mengunjungi Bukit Batu Idung adalah pagi hari sambil menikmati sejuknya udara dan saat sore hari karena sunset dari tempat ini indah sekali.

6. Bukit Nipah

Berdiri di ujung bukit ini seperti berdiri di ujung dunia. Tidak perlu mendaki saat ke bukit ini karena dapat ditempuh dengan mudah.

Lokasinya yang terletak di jalur menuju Gili Trawangan membuat Bukit Nipah banyak dikunjungi wisatawan yang sekedar lewat sebelum melanjutkan ke Gili Trawangan.

Tips ke Bukit Nipah:

a. Wisatawan lokal mengunjungi tempat ini untuk santap hidangan seafood yang banyak dijual di sekitar Bukit Nipah.

b. Wisatawan dari luar biasanya hanya sekedar singgah sebelum menuju Gili Trawangan, jadi manfaatkan waktu Anda yang sebentar itu, kemudia pergi ke ujung bukit karena dari sinilah view terbaik menikmati pemandangan alam dari Bukit Nipah.

Demikian ulasan mengenai liburan seru dan menantang ke wisata bukit di Lombok yang patut Anda coba. Lelahnya mendaki bukit di Lombok tentu akan dibayar dengan pemandangan alam Lombok yang indah yang bisa Anda lihat dari puncak bukit tersebut.

Liburan seru dan menantang di Lombok ini tentu akan menjadi pengalaman berharga bagi Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.