082 339 443 335 info@mobillombok.com

Melakukan pendakian ke puncak gunung Rinjani bagi wisatawan yang menyukai pendakian bukan sesuatu yang mudah karena pendakian perlu melakukan banyak persiapan, persiapan tidak hanya dilakukan oleh orang yang baru melakukan pendakian tetapi juga bagi yang terbiasa yang melakukan pendakian apalagi saat mendaki gunung dengan ketinggian 3.726 m dari permukaan air laut atau setara dengan 12.224 kaki dan status gunung berapi masih aktif yang sewaktu-waktu dapat meletus. Sehingga perlu melakukan persiapan yang matang demi kelancaran pendakian.

Maka bagi wisatawan yang akan melakukan pendakian ke gunung Rinjani, kami akan memberikan beberapa tips untuk anda sebagai bahan persiapan sebelum melakukan pendakian agar saat anda melakukan pendakian dapat berjalan dengan lancar.

Kondisi fisik tubuh yang baik

Kondisi fisik tubuh menjadi poin utama yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pendakian gunung Rinjani karena kondisi fisik tubuh yang baik akan menentukan keberhasilan dalam melakukan pendakian. Sebaliknya, jika tubuh dalam kondisi tidak baik atau kurang sehat maka disarankan untuk tidak melakukan pendakian karena dapat membahayakan tubuh disebabkan karena perlengkapan medis selama pendakian sangat minim.

Mendaki dengan teman (orang yang menemani)

Ketika melakukan pendakian diusahakan ada teman atau orang yang menemani walaupun orang yang menemani tersebut hanya satu orang, dan diusahakan orang yang menemani tersebut adalah orang yang pernah mendaki gunung Rinjani atau jika tidak, dia pernah mendaki gunung yang lain sebelumnya. Manfaat dari adanya orang yang menemani selama pendakian yaitu membantu ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Tips Sebelum Naik Gunung Rinjani, sumber ig @discover_the_uniqueness

Basecamp Gunung Rinjani, sumber ig @discover_the_uniqueness

Mengetahui keadaan gunung Rinjani

Mengetahui keadaan gunung Rinjani sebelum melakukan pendakian juga sangat perlu karena akan membantu pendaki untuk menentukan strategis sebelum melakukan pendakian dan membantu pendaki agar lebih mudah dalam menentukan segela peralatan dan logisitk yang dibutuhkan untuk pendakian.

Mempersiapkan perlengkapan pendakian

Bagi pendaki yang akan melakukan pendakian, mempersiapkan perlengkapan untuk pendakian bukan hal yang mudah karena ibarat memasukan rumah kecil kedalam tas, dan tas tersebut harus dibawa saat mendaki sehingga dalam mempersiapkan perlengkapan untuk pendakian harus diseleksi dengan baik agar perlengkapan yang dibawa benar-benar bermanfaat.

Menentukan kebutuhan logistik

Logistik menjadi kebutuhan yang tidak bisa lepas bagi siapapun terutama bagi pendaki, apalagi melihat kondisi di gunung Rinjani yang jarang menyediakan kebutuhan logistik selama pendakian kecuali dibawa oleh masing-masing pendaki. Disarankan bagi pendaki untuk menentukan segala kebutuhan logisitik dengan tepat sebelum melakukan pendakian karena logistik menjadi pengganti energy tubuh bagi pendaki.

Baca juga : Rute & Hal Menarik di Rinjani

Peka terhadap kondisi lingkungan dan diri pribadi

Peka atau mengerti terhadap lingkungan dan diri pribadi merupakan kemampuan lebih yang harus dimiliki oleh seorang pendaki saat mendaki gunung apapun termaksud gunung Rinjani karena dengan mengerti kondisi lingkungan dan diri pribadi akan menghindari dari kejadian yang tidak diinginkan selama melakukan pendakian.

Itulah beberapa tips yang harus dipersiapkan bagi pendaki gunung Rinjani, dengan tips diatas semoga membantu pendaki agar lebih mudah mendaki gunung Rinjani dan selamat selama proses pendakian gunung Rinjani. Jika membutuhkan transportasi dari Bandara Internasional Lombok menuju Gunung Rinjani, kami bisa membantu Anda dengan kualitas pelayanan yang baik dan harga yang murah. Terimakasih.