082 339 443 335 info@mobillombok.com

Tempat Belanja di Lombok bisa menjadi alternatif wisata bagi para pengunjung pulau Lombok. Banyak lokasi belanja di Lombok yang terkenal yang menjajakan berbagai barang dan oleh-oleh khas Lombok untuk dibawa pulang. Sehingga para wisatawan bisa melengkapi perjalanan wisatanya dengan membawa pulang oleh-oleh khas Lombok.

Tempat belanja di Lombok hanyalah satu alternatif wisata yang bisa dinikmati di pulau bahari ini. Sebagaimana diketahui, lombok terkenal dengan berbagai lokasi wisatanya terutama pantai. Ada juga gili, yaitu gugusan pulau kecil yang berada di tengah pantai. Selain itu, terdapat pula bukit salah satunya kawasan wisata alam bukit Rinjani yang luar biasa.

Didukung dengan berbagai fasilitas wisatanya, seluruh lokasi ini bisa dijangkau oleh para wisatawan. Wisatawan bisa memanfaatkan jasa rental mobil Lombok, paket wisata Lombok, menggunakan tranportasi komersil dan lain-lain. Berbagai penginapan juga tersedia bagi yang ingin menikmati keindahan pulau Lombok lebih lama lagi.

10 Tempat Belanja Terkenal di Lombok

Kain Tenun di Desa Sade, sumber ig sherllyrossa_
Kain Tenun di Desa Sade, sumber ig @sherllyrossa_

Ternyata, Lombok juga terkenal dengan berbagai tempat belanjanya. Banyak tempat belanja terkenal di Lombok yang menjajakan berbagai macam barang terutama oleh-oleh. Oleh-oleh adalah yang paling dicari para wisatawan yang berkesempatan menikmati wisata di pulau Lombok.

Bagi Anda yang penasaran dengan produk-produk kerajinan khas budaya Lombok, tempat-tempat belanja ini juga menyediakannya. Nah, berikut 10 tempat belanja terkenal di Lombok yang patut untuk dikunjungi :

1. Mataram Craft Center (MCC)

Mataram Craft Center berlokasi di Sekarbela di kota Mataram. Di tempat ini anda dapat membeli berbagai oleh-oleh berupa perhiasan mutiara di Lombok. Anda dakan disajikan toko-toko sepanjang jalan yang menawarkan perhiasan mutiara.

Mutiara Lombok memang sangat terkenal, terdiri dari dua jenis yakni mutiara air laut dan mutiara air tawar. Mutiara air tawar harganya lebih murah yakni hanya puluhan ribu sampai ratusan. Sedangkan mutiara air laut harganya dapat mencapai puluhan juta. Pernak pernik tersebut diantaranya adalah gelang, bros, kalung dan lain-lain.

2. Desa Pringgasela

Desa pringgasela adalah desa penghasil kain tenun yang terkenal di Lombok. Kain tenun yang diminati oleh wisatawan adalah kain tenun pringgasela yang berupa sari menanti dan pucuk rebung yang indah. Dua kain ini juga sudah mulai dilestarikan yakni sebagai seragam wajib PNS. Art shop yang menjual berbagai pernak pernik khas Lombok sudah bisa ditemukan disini. Anda juga dapat melihat dimulai dari proses pembuatan sampai barang jadi.

3. Taman Hutan Suranadi

Taman ini terkenal dengan wisata kuliner Lombok. Yang menjadi primadona mengenai kulinernya yakni sate bulayak. Tampan suranadi terletak di Lombok Barat dan sangat ramai dikunjungi, terutama akhir pekan. Anda juga dapat mencoba berbagai jenis dodol berbagai macam rasa di tempat ini.

Kerajinan Gerabah di Desa Banyumulek, sumber ig salmon_zacharias
Kerajinan Gerabah di Desa Banyumulek, sumber ig @salmon_zacharias

4. Pasar Seni Sayang-sayang

Nama pasar ini memang cukup unik, lebih unik lagi karena lokasi pasar ini di wilayah sayang-sayang, kota Mataram. Di tempat ini para wisatawan dapat membeli aneka kerajinan khas Lombok seperti anyaman rotan, kain tenun, kerajinan kayu dan lain-lain. Kerajinan kayu khas Lombok memiliki keunikan yakni berupa cukli. Cukli sendiri merupakan ornamen dari kulit kerang yang menghiasi kerajinan kayu agar terlihat indah.

5. Pasar Seni Kute di Lombok

Di sepanjang jalan dekat pantai kuta di Lombok, anda dapat menjumpai berbagai aksesoris yang membuat anda ingin membelinya. Banyak kreativitas berupa kerajinan tangan yang dibuat seperti gelang, kalung, cincin yang berbahan mutiara atau kerang. 

6. Desa Adat Sade

Desa ini terkenal dengan harga yang cukup terjangkau untuk kain tenun khas Lombok. Lokasi Desa adat sade berada di Lombok Tengah, jaraknya sekitar 15 KM dari Bandara Internasional Lombok. Desa ini menjadi alternatif lain tempat belanja murah di Lombok. 

7. Pasar Cakranegara

Pasar ini merupakan pasar tradisional terbesar dan terlengkap di Lombok. Selain luas pasar ini menyediakan berbagai macam souvenir sehari-hari atau pantas untuk dijadikan oleh-oleh. Pasar ini menyediakan berbagai jenis oleh-oleh seperti kerajinan tangan, kuliner sampai kain tenun khas Lombok.

Kampung Tenun Desa Sukarara, sumber ig fitriadewicandra
Kampung Tenun Desa Sukarara, sumber ig @fitriadewicandra

8. Desa Banyumulek

Desa banyumulek berlokasi di Kediri, Lombok barat. Tempat ini merupakan sentra industri gerabah seantero pulau Lombok. 80% penduduk lokal berkecimpung pada pekerjaan tersebut. Di tempat ini anda dapat membeli berbagai macam kerajinan tangan berhiaskan cukil dan kerang mutiara yang memukau.

9. Desa Sukerare

Desa Sukerare atau Desa Sukarara adalah salah satu desa pengrajin kain tenun khas suku sasak. Desa ini berada di Kabupaten Lombok Tengah. Penduduk yang bermukim di Desa Sukarara sebagian besarnya adalah Suku Sasak. Hampir di setiap rumah di lokasi ini membukan art shop kain tenun.

10. Desa Kelayu

Desa Kelayu adalah salah satu desa yang memiliki asal-usul sejarah yang masih kental. Terutama keterkaitannya dengan keturunan bangsawan Raja Lombok Selaparang. Kata Kelayu sendiri diyakini berasal dari bahasa selaparang. Meskipun populer dengan sejarahnya, Desa Kelayu juga dikenal sebagai salah satu lokasi belanja.

Untuk Anda yang berwisata di Lombok dan ingin mencari oleh-oleh, Desa Kelayu bisa menjadi salah satu tujuan. Di desa ini banyak dijajakan produk makanan ringan khas Lombok. Makanan ringan ini merupakan jajanan tradisional sehingga semua produknya bercita rasa khas Lombok.

Itu dia 10 lokasi belanja terkenal di Lombok yang bisa menjadi tujuan Anda. Semoga informasi ini bisa memberikan wawasan tambahan dan menjadi referensi wisata Anda selanjutnya. Simak berbagai artikel wisata Lombok lainnya di halaman mobillombok.com.