082 339 443 335 info@mobillombok.com

Ada banyak tempat yang bisa dijadikan destinasi wisata di Lombok dan salah satunya adalah Tanjung Ringgit yang merupakan tempat tersembunyi yang masih jarang diakses dan dikunjungi. Bahkan jarang pula orang yang tahu kawasan wisata ini, sehingga tidak heran jika tempat ini masih sangat asri dan mampu memberikan kesejukan, kenyamanan dan kedamaian kepada setiap pengunjung yang datang.

Tanjung Ringgit berada di Desa Pamongkong, Kecamatan Jerowaru. Tepatnya berada di paling ujung timur Pulau Lombok. Di tempat ini menampilkan panorama alam yang sangat menakjubkan dan lokasinya masih memiliki akses yang sulit dijangkau, tapi jika Anda mampu berkunjung ke sini maka Anda tidak akan menyesal dengan panorama alamnya yang sangat memanjakan mata.

Pesona Tanjung Ringgit

Panorama yang diberikan sangat indah dan membuat orang yang datang langsung jatuh cinta. Apalagi tebingnya yang sangat curam, serta angin laut yang kencang membuat tempat ini sangat eksotis. Jelas saja, Tanjung Ringgit posisinya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan dan Pulau Sumbawa di sebelah timur.

Tanjung Ringgit, sumber ig randrean77
Tanjung Ringgit, sumber ig @randrean77

Kawasan wisata yang berada di bagian ujung timur Lombok Selatan ini mampu memberikan rasa takjub dan bangga dengan keindahannya yang luar biasa. Anda akan merasa bangga melihatnya sebagai keindahan surga Indonesia.

Sedikit berbicara soal sejarah masa lalu. Tempat ini diam-diam memiliki cerita sejarah yang cukup menarik untuk diketahui. Dahulu di saat penjajahan Jepang di era 1940-an, Tanjung Ringgit ini menjadi markas dan tempat pengintaian tentara Jepang terhadap musuh.

Ada beberapa bangunan peninggalan penjajahan Jepang yang menjadi bukti betapa pentingnya tempat ini, antara lain meriam dan barak berupa gua untuk tempat pengintaian dan persembunyian. Anda bisa melihat meriam dan gua yang dijadikan barak yang posisinya berada di sebelah utara dari Tanjung Ringgit.

Sebagian besar bentuk tanjung ini berupa tebing curam dan angin lautnya yang sangat kencang. Walaupun demikian, ada beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan. Antara lain seperti foto, berenang dan camping. Khusus untuk berenang atau mandi di pantainya, bisa saja dengan syarat harus mencari jalan menuju ke bawah tebing.

Jarak antara Pantai Pink dan Tanjung Ringgit sangat berdekatan. Soal tarif sewa perahu boat tergantung nego. Disarankan tanya dulu berapa sewanya dan berapa lama berkelilingnya. Itupun Anda yang mau berenang gak bisa terlalu dekat dengan tebing di Tanjung Ringgit karena dikhawatirkan arus bawah laut yang cukup kencang.

Aktivitas Seru di Tanjung Ringgit

Pantai Tanjung Ringgit, sumber ig yo_hendrarossifumi
Pantai Tanjung Ringgit, sumber ig @yo_hendrarossifumi

Tentunya ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di tanjung ini. Walaupun memang Anda tidak bisa berenang di laut yang merupakan bagian dari Samudera Hindia, tapi Anda bisa lakukan kegiatan lain yang tidak kalah seru.

Seperti halnya berfoto ria bersama teman atau pasangan dan juga keluarga Anda. Ada banyak spot menarik yang bisa Anda jadikan latar foto Anda di sini. Mulai dari perbukitan yang sangat indah, atau berfoto bersama beberapa peninggalan Jepang dan juga berlatar belakang laut indah.

Khusus bagi pecinta fotografi, destinasi ini dapat memuaskan Anda untuk menghasilkan foto-foto keren alias kece. Bentuk tanjung ini yang berupa deretan tebing yang panjang berkelok-kelok serta warna laut Samudera Hindia yang eksotis membuat Anda gak bosan-bosannya mencari view yang bagus untuk dibawa pulang.

Anda juga bisa bersantai di sekitar bukit di Lombok yang menghadap langsung ke Samudra Hindia ini. Tentunya Anda akan merasakan kesan berbeda saat berada disini. Jadi dipastikan Anda akan terus merasa takjub berada di sini.

Tak lupa pula jika Anda berangkat bersama keluarga maka bisa sambil bersantai bercanda tawa sambil membawa tikar dan perbekalan untuk duduk santai menikmati makanan yang Anda bawa.

Anda juga bisa berjalan-jalan santai menikmati keindahan yang sangat memukau, dan terdapat sebuah saung tempat Anda berteduh yang ada di puncak bukit. Bahkan jika Anda berniat bermalam di sini maka tempat ini juga cocok dijadikan tempat kemping atau berkemah.

Tips Berwisata

  1. Menggunakan kendaraan pribadi atau rental mobil, karena tidak tersedia sarana angkutan umum untuk mencapai Tanjung Ringgit Lombok Timur ini.
  2. Memastikan kendaraan Anda berada dalam kondisi baik, karena Anda akan melewati jalan yang kondisinya cukup buruk.
  3. Membawa makanan dan minuman yang cukup banyak, karena tidak tersedia fasilitas warung atau toko di sekitar area ini.
  4. Menggunakan pakaian yang ringan dan dan alas kaki yang nyaman dan cocok untuk medan terjal.
  5. Membawa pakaian ganti, tabir surya, penutup kepala, serta lotion anti nyamuk.
  6. Jangan sungkan untuk menanyakan arah pada penduduk setempat selama perjalanan menuju ke Tanjung Ringgit. Karena tidak ada tanda jalan yang menunjukkan arah ke tanjung ini.
Tebing di Tanjung Ringgit, sumber ig yauyau87
Tebing di Tanjung Ringgit, sumber ig @yauyau87

Rute dan Akomodasi Wisata

Sebagai kawasan wisata Tanjung Ringgit yang masih tersembunyi, memang tidak mungkin jika Anda mengharapkan fasilitas lengkap dan menyenangkan. Karena kesulitan akses maka di sini Anda juga hanya bisa menikmati fasilitas yang belum memadai.

Di sini pun sangat jarang ada warung karena memang masih jarang pengunjung yang datang kesini. Anda bisa membawa tenda untuk bermalam disini jika memang anda ingin menikmati indahnya sunrise di pagi hari. karena memang disekitar tanjung ini jarang ada hotel atau penginapan.

Adapun pilihan rute menuju tanjung ini adalah sebagai berikut.

  1. Kota Mataram – Kota Paraya – Jerowaru – Desa Pamongkong – Tanjung Ringgit
  2. Bandara Internasional Lombok – Kota Praya – Jerowaru – Desa Pamongkong – Tanjung Ringgit
  3. Pelabuhan Kayangan – Kota Selong – Tanjung Luar – Jerowaru – Desa Pamongkong – Tanjung Ringgit

Demikianlah ulasan mengenai Tanjung Ringgit Lombok yang mempunyai pesona alam yang indah. Tentu, bagi Anda yang ingin menikmati suasana sejuk dan damai Lombok, bisa berkunjung ke wisata lombok timur ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.