Beranda » Wisata Lombok » Kekayaan Alam Taman Nasional Gunung Rinjani

Gunung Rinjani Lombok merupakan gunung berapi yang masih aktif dengan ketinggian 3.726 meter diatas permukaan laut. Gunung Rinjani sendiri merupakan gunung merapi tertinggi kedua yang ada di indonesia. Medan pendakiannya bisa dikatakan tidak terlalu sulit, namun tetap saja membutuhkan pemandu yang profesional agar pendakian lebih aman.

Puncak Gunung Rinjani, Sumber @Muslimah.co.id

Pesona keindahan gunung Rinjani memang tidak diragukan lagi sehingga wajar jika gunung Rinjani ditetapkan sebagai Taman Nasional yang memiliki panorama alam yang sangat indah. Bahkan disini pula kita bisa menyaksikan sunrise dan sunset dengan secara langsung. Lalu apa saja hal menarik yang dimiliki Taman Nasional Gunung Rinjani sehingga menarik simpati wistawan untuk mengunjunginya, berikut ini akan kami berikan informasinya untuk anda.

Memiliki Beragam Fauna dan Flora

1. Beragam Fauna

Saat mengunjungi gunung Rinjani anda akan menemukan beragam pesona fauna. Hal ini karena gunung Rinjani merupakan Taman Nasional yang memang menjaga kelestarian habitat alamnya. Ragam jenis fauna seperti burung, rusa, landak, monyetserta beberapa jenis fauna lainnya.

2. Beragam Flora

Selain ragam fauna, di gunung Rinjani juga dapat ditemukan beragam flora. Inilah yang membuat gunung Rinjani begitu menarik jika dibandingkan dengan gunung-gunung lainnya. Jika kita melakukan pendakian ke gunung ini, maka setiap 1000 meter kita akan disuguhi jenis flora yang berbeda-beda. 1000 meter pertama ada flora yang beragam jenisnya dan bercampur menjadi satu yang menghasilkan pemandangan yang luar biasa. Lalu ketika diketinggian 2000 meter kita dapat menyaksikan pohon cemara yang berjejeran dengan sangat rapi, kemudian pada ketinggian 3000 meter kita dapat menemukan keindahan bunga Edelweiss yang merupakan bunga favorit para pendaki.

Memiliki Air Terjun

1. Air Terjun Benang Stokel

Air terjun Benang Stokel berada di ketinggian sekitar 552 mdpl (meter dari permukaan laut), secara administratif terletak di dusun Pemotoh, desa Aik Berik, kecamatan Batu Keliang Utara, kabupaten Lombok Tengah dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Air Terjun Benang Stokel

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan 2 terjunan air dan dibawah air terjun terdapat kolam yang dapat digunakan untuk mandi, berenang, atau bermain air. Air terjun Benang Stokel berjarak sekitar 30 km kearah timur dari kota Mataram (Ibu Kota Propinsi Nusa Tenggara Barat) atau dengan waktu tempuh sekitar 45 menit menggunakan kendaraan roda empat.

2. Air Terjun Benang Kelambu

Air terjun ini diberi nama Benang Kelambu karena airnya menyerupai kelambu yakni airnya mengalir sangat tipis dan lembut, sehingga gemericik air yang dihasilkan tidak terlalu bising. Air terjun ini terlihat bertingkat dengan beberapa titik sumber air. Menariknya, air yang mengalir melalui semak tetumbuhan yang merambat di atas tebing bukit, seperti membentuk tirai air.

Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun ini merupakan tetangga dari Air Terjun Benang Stokel. Air terjun berada di kaki Gunung Rinjani, tepatnya terletak di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Untuk berkunjung ke tempat wisata ini tidak terlalu sulit dan dapat ditempuh sekitar 30 km dari Kota Mataram, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat.

3. Air Terjun Kembar Tiu Teja

Air terjun kembar Tiu Teja secara administratif masuk dalam wilayah Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter yang tersembunyi di  hutan Gunung Rinjani yang masih alami dan asri ini, menurut para wisatawan yang pernah berkunjung, panorama keindahannya sangat menakjubkan.

Air Terjun Kembar Tiu Teja

Kalau air terjun lain, air yang meluncur turun biasanya tunggal (satu), atau lebar jika sumber air yang mengalir deras. Maka air terjun Tiu Teja memiliki dua mata air terjun yang meluncur secara berdampingan. Indahnya lagi, ketika mendapat sinar matahari, sewaktu waktu akan muncul sinar pelangi diantara bias titik-titik air yang meluncur. “Akibat seringnya terlihat sinar pelangi di air terjun, masyarakat setempat akhirnya memberikan nama Air Terjun Tie Teja”. “Tiu” dalam bahasa Sasak Lombok berarti Pelangi.

Terdapat Danau Segara Anak

Danau Segara Anak merupakan sebuah danau yang termasuk kawasan dalam Gunung Rinjani. Nama Segara Anak itu sendiri berarti anak yang diberikan kepada warna birunya danau yang mengingatkan pada warna air laut. Danau juga dapat memberikan kesan tersendiri jika dipandang dari sisi manapun. Ketenangan airnya, dan hamparan warna danaunya yang luas membuat sejuk mata dan hati saat dipandang.

Danau Segara Anak, Sumber @Phinemo.com

Danau segara anak memiliki kedalaman sekitar 230 meter dengan warna air kebiru-biruan nan jernih dan terletak pada ketinggian 2010 mdpl (meter diatas permukaan laut). Meskipun dengan ketinggian tinggi yaitu 2.010 mdpl, berenang di danau ini tidak sedingin yang dibayangkan, air permukaan danau ini luar biasa hangat untuk ketinggian seperti itu, panas air di danau ini pada kisaran 20 – 22 derajat Celsius jauh di atas gunung.

Terdapat Padang Savana Sembalun

Jalur Sembalun merupakan salah satu jalur pendakian Gunung Rinjani yang terletak di sisi timur. Di jalur pendakian ini anda dapat melewati padang savana Sembalun yang membentang sepanjang 6 km. Padang Savanah ini terbentang dari mulai basecamp Sembalun sampai di pos 3 yang ada di ketinggian 2.631 mdpl. Pemandangan padang savana ini tentu sangat menakjubkan, apalagi jika anda melakukan pendakian ketika cuaca sedang cerah.

Padang Savana Sembalun, Sumber @Alidesta.wordpress.com

Ingin melihat langsung pesona keindahan Taman Nasional Gunung Rinjani, maka anda terlebih dahulu harus mengetahui tips sebelum mendaki Gunung Rinjani karena tips tersebut sangat penting bagi anda. Dengan tips tersebut akan membantu anda dalam melakukan persiapan, sehingga saat pendakian tiba, perjalanan pendakian anda lebih aman.

Review

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Komentar belum ada

Jika Anda Berkenan Tuliskan Komentar

Email anda tidak akan disebar luaskan. Kolom berbintang (*) wajib anda isi.

Komentar yang ingin anda berikan*Nama Anda*Isikan email Anda*Website anda saat ini

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.