082 339 443 335 info@mobillombok.com

Bicara tentang objek wisata di Pulau Lombok memang tidak ada habisnya, dari objek wisata bahari, religi, alam, kuliner, hingga budaya. Dari sekian banyaknya objek wisata yang ada di Pulau Lombok, objek wisata Bahari masih menjadi incaran utama wisatawan lokal maupun mancanegara. Terutama wisatawan mancanegara, banyak yang berkunjung ke Pulau Lombok untuk menikmati keindahan wisata bahari melalui snorkeling Lombok.

Biar budget perjalanan berwisata Anda lebih hemat, waktu berwisata Anda tidak terlalu banyak tersita untuk berpergian dari satu spot ke spot yang lain, dan bisa memilih salah satu atau tiga sekaligus spot snorkeling. Maka kami merekomendasikan spot Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air untuk Anda kunjungi.

Selain lokasi ketiga spot tersebut tidak terlalu jauh dari Pusat Kota Mataram, akes menuju ke ketiga spot tersebut juga tidak terlalu sulit. Wisatawan bisa menggunakan transportasi umum atau jasa rental mobil wisata untuk menuju ke Pelabuhan Bangsal yang menjadi tempat penyeberangan ke ketiga spot tersebut.

Keindahan Bawah Laut Tiga Gili

Gili Trawangan, sumber ig ergonhotelsresorts
Gili Trawangan, sumber ig @ergonhotelsresorts

Jika Anda belum familiar dengan yang namanya gili, spot yang satu ini menjadi salah satu daya tarik wisata Lombok. Gili adalah sebutan untuk pulau kecil yang terdapat di Lombok. Pulau ini memang berukuran lebih kecil dibandingkan sebuat pulau pada umumnya. Sangking kecilnya, adakalanya gili ini hanya sebesar stadion lapangan sepak bola.

Sebenarnya, banyak gili yang bisa Anda kunjungi di Lombok. Nanti terdapat tiga gili yang terbesar yang juga menjadi primadona bagi para wisatawan yang hobi bersnorkeling di Lombok. Pulau kecil ini berada di tengah lautan yang indah dan memiliki pesona yang menakjubkan.

1. Gili Trawangan

Gili Trawangan merupakan gili yang paling besar dari Gili Meno dan Gili Air, walaupun lokasi Gili Trawangan lebih jauh dari Pelabuhan Bangsal, tetapi Gili Trawangan lebih dikenal di telinga wisatawan dan lebih banyak di kunjungi oleh wisatawan. Keindahan bawah laut seperti terumbu karang, ikan dengan berbagai jenis dan warna, dan biota laut lainnya akan Anda temukan saat melakukan snorkeling di gili yang satu ini.

2. Gili Meno

Gili Meno tidak kalah bagusnya dengan Gili Trawangan karena keindahan bawah laut yang dimiliki oleh gili yang satu ini, tidak jauh beda dengan yang Anda temukan di Gili Trawangan. Salah satu keunikan yang ada di Gili Meno yaitu terdapat satu spot yang bawah lautnya terdapat patung yakni spot Meno Slope.

Gili Meno, sumber ig pawelwieladek
Gili Meno, sumber ig @pawelwieladek

Sehingga Anda akan dimanjakan dengan keindahan patung dan berbagai jenis ikan lainnya yang berenang disekililing Anda. Gili Meno berada diantara Gili Trawangan dan Gili Air sehingga memudahkan Anda untuk melakukan peryeberangan ke salah satu atau dua gili tersebut.

3. Gili Air

Nama Gili Air mungkin tidak terlalu terkenal di bandingkan Gili Trawangan dan Gili Meno, bahkan banyak wisatawan yang tidak mengetahui bahwa Gili Air berada dekat dengan Gili Trawangan dan Gili Meno. Lokasi Gili Air lebih dekat dari kedua gili tersebut dan keindahan bawah lautnya juga tidak kalah dibandingkan kedua gili tersebut.

Bagi Anda yang tidak ingin ke Gili Trawangan dan Gili Meno karena lokasinya yang berada aga’ jauh dari pelabuhan Bangsal, mungkin Gili Air menjadi alternatif bagi Anda untuk snorkeling.

Spot Snorkeling Tiga Gili

Terdapat beberapa spot snorkeling yang dapat Anda kunjungi yakni di Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air :

  1. Spot Snorkeling di Gili Trawangan meliputi Coral Garden dan Hans Reef
  2. Spot Snorkeling di Gili Meno meliputi Turtle Heaven, Meno Slope, Bounty Wreck, Soraya Reef dan Meno Wall
  3. Spot Snorkeling di Gili Air meliputi Air Wall, Air Slope, Flogfish Point, Segaluh, dan Malang Reef

Beberapa spot snorkeling diatas bisanya sudah dibuat dalam satu paket oleh penyedia jasa snorkeling, sehingga Anda dapat memesan berdasarkan paket yang telah ditentukan oleh penyedia jasa.

Tips Snorkeling

Gili Air Lombok, sumber ig feellombok
Gili Air Lombok, sumber ig @feellombok

Beberapa hal ini sering terjadi dan diminta agar wisatawan lebih ber hati-hati snorkeling Lombok, diantaranya :

  1. Masker / Fin / Life jacket alat selam sering terjadi hilang sehingga kami mengingatkan kepada wisatawan (terlebih group size atau peserta dalam jumlah banyak) untuk memperhatikan dan menjaga masker dan alat selam yang di gunakan.

    Sebab jika hilang karena keteledoran, sengaja / tidak maka kehilangan / rusak akan di bebankan ke wisatawan dengan biaya penggantian mulai dari sekitar Rp. 500.000 s/d Rp. 800.000 per piece (tergantung kualitas barang)
  2. Ada baiknya menggunakan fin/kaki katak saat berenang atau snorkeling di laut dangkal – hal ini untuk menghindari kaki anda dari tajamnya coral/karang serta tusukan duri bulu babi
  3. Gunakan life jacket saat snorkeling bagi wisatawan yang tidak dapat berenang
  4. Ketika snorkeling jangan bertengger di buntut boat atau dekat dengan engine motor boat
  5. Sebelum selesai snorkeling minta kapten kapal untuk menghitung kembali semua perlengkapan dengan benar (agar memberi kenyamanan untuk kedua pihak)

Hal ini kami sampaikan agar aktivitas snorkeling Lombok Anda berjalan dengan baik dan aman serta menghindari dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Biaya Penyeberangan Ke Tiga Gili

Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno berada saling berdekatan dan sejajar dengan urutan waktu tempuh dari Pelabuhan Bangsal yakni Gili Air – Gili Meno – Gili Trawangan. Harga tiket untuk penyeberangan bervariasi diantaranya Rp. 15.000 perorang ke Gili Trawangan dengan waktu tempuh 30 s/d 40 menit, Rp. 14.000 perorang ke Gili Meno dengan waktu tempuh 25 s/d 30 menit, dan Rp. 12.000 perorang ke Gili Air dengan waktu tempuh 20 s/d 25 menit.

Itu dia informasi seputar Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan yang biasanya menjadi satu paket snorkeling Lombok. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, jangan ragu untuk mengunjungi website mobillombok.com.