082 339 443 335 info@mobillombok.com

Setelah puas-puas mengelilingi Taman Narmada Lombok selanjutnya berkunjung ke Pura Batu Bolong Lombok karena di tempat ini anda dapat melihat matahari terbenam yang begitu indah terlihat diufuk barat. Jarak Pura Batu Bolong dari Taman Narmada sekitar 24,2 km atau waktu tempuh 40-45 menit dengan melewati jalur Kota Mataram.

Keberadaan Pura Batu Bolong tentu menjadi aspek penting yang dapat meningkatkan daya tarik terhadap wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Lombok. Mengapa hal demikian bisa terajadi? Alasannya, karena kawasan Pura Batu Bolong memiliki keunikan tersendiri yang menjadikannya sebagai objek yang memiliki eksotis tinggi sehingga patut untuk dikunjungi.

Lokasi Pura Batu Bolong

Secara administratif Pura Batu Balong terletak di Jln Raya Senggigi, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Jarak dari Kota Mataram sekitar 21,1 km atau waktu tempuh sekitar 21 menit dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Keindahan Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong berada di pesisir pantai Pulau Lombok yang di bangun di atas batu hitam. Tidak hanya wisata yang menyenangkan yang bisa dirasakan oleh wisatawan, tetapi juga bisa merasakan wisata religi nan tenang dan damai ditambah dengan keindahan dari suguhan sunrise saat pagi hari dan sunset saat sore hari.

Sejarah Pura Batu Bolong

Menurut sejarah Pura Batu Bolong di bangun pada pertengahan abad ke XVIII oleh seorang resi bernama Dang Hyang Nirartha yang berasal dari Jawa Timur saat ia melakukan penyeberan Agama Hindu dari Pulau Jawa menuju Pulau Bali dan terakhir menuju Pulau Lombok. Dalam peristirahatan itulah beliau mendirikan Pelinggih di Enjung Karang Bolong untuk melaksanakan Semedi. Tempat tersebut sekarang dikenal dengan sebutan Pura Batu Bolong karena di Enjung itu terdapat batu besar yang berlubang atau bolong. Batu besar yang berlubang/bolong tersebut sering dijadikan jalan penyebrangan oleh masyarakat setempat dari Pantai Duduk ke Pantai Enjung Karang Bolong pada saat-saat air surut karena pada abad ke XVIII jalan raya sekarang ini belum ada.

Fungsi Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong dibangunan sebagai tempat peribadatan Masyarakat Hindu baik itu yang ada di sekitar pulau Lombok maupun masyarakat Hindu yang datang dari Bali yang melakukan perjalanan pribadatan yang disebut dengan Titra Yatra. Hampir setiap hari Masyarakat Hindu melakukan sembayang mengenakan pakain tradisional sambil membawa sesajen. Pada waktu-waktu tertentu dalam acara besar seperti Galungan dan Kuningan prosesi pribadatan diiringi musik tradisional dan di pimpin oleh pemangku.

Akses Menuju Pura Batu Bolong

Penasaran seperti apa keindahan Pura Batu Bolong maka sempatkan berkunjung ke objek wisata yang satu ini. Akses menuju ke tempat ini tidak terlalu sulit kok !!!. Dari pusat Kota Mataram anda dapat menggunakan mobillombok.com dengan jarak tempuh sekitar 20-25 menit melewati Jln Raya Senggigi. Saat anda berkunjung ke tempat ini diusahakan pada waktu air laut surut sekitar pukul 09.00 – 16.00 WITA agar anda dapat melewati lobang yang mirip seperti gua yang panjangnya sekitar 5 meter tepat yang berada dibawah Pura.