082 339 443 335 info@mobillombok.com

Tempat wisata di Nusa Tenggara Barat sangat banyak, tidak hanya di pulau Lombok tetapi juga di pulau Sumbawa yang masih dalam satu propinsi Nusa Tenggara Barat. Potensi wisata di pulau Sumbawa juga tidak kalah dengan wisata di pulau Lombok. Pulau Sumbawa dan pulau Lombok merupakan dua pulau terbesar di propinsi Nusa Tenggara Barat. Kedua pulau ini sama-sama menyimpan begitu banyak tempat wisata dari wisata bahari, wisata alam, hingga wisata sejarah.

Walaupun kedua pulau ini sama-sama menyimpan begitu banyak tempat wisata tetapi nama pulau Lombok sebagai tempat wisata lebih banyak dikenal oleh masyarakat umum dibandingkan pulau Sumbawa. Padahal jika melihat luas wilayah pulau Sumbawa malahan tiga kali lipat lebih besar dari luas pulau Lombok, luas pulau Lombok 4.725 km2 sedangkan luas pulau Sumbawa 15.448 km2, itu artinya luas pulau Lombok 30,58% dari luas pulau Sumbawa.

Peta Nusa Tenggara Barat - Potensi Wisata di Nusa Tenggara Barat selain Lombok

Gambar 1. Propinsi Nusa Tenggara Barat (Sumber: Semuatentangprovinsi.blogspot.com )

Melihat luas pulau Lombok dan pulau Sumbawa yang luasnya 1 : 3 maka potensi wisata di pulau Sumbawa pasti tidak kalah banyak dibandingkan wisata pulau Lombok, adapun potensi wisata di pulau sumbawa yaitu berikut ini.

1. Wisata Bahari

Potensi wisata bahari di pulau Sumbawa sangat banyak dan tidak kalah bagus juga dengan wisata bahari di pulau Lombok. Seperti pantai Kertasari di kabupaten Sumbawa Barat, pantai Kencana Hotel di kabupaten Sumbawa, pantai Lakey di kabupaten Dompu, pantai Lawata di kota Bima, pantai Lariti di kabupaten Bima, dan pantai-pantai lain di pulau Sumbawa. Salah satu primadona wisata bahari di pulau Sumbawa yaitu pantai Lariti yang berada di desa Soro, kecamatan Lambu, kabupaten Bima atau ujung timur dari pulau Sumbawa.

Potensi Wisata di Nusa Tenggara Barat selain di Lombok pantai lariti di Bima NTB

Pantai Lariti Bima NTB, sumber ig @nnandaa_shrnth

Keindahan pesona pantai Lariti tidak kalah bagusnya dengan pantai-pantai indah di pulau Lombok karena pantai Lariti memiliki salah satu keistimewaan dibandingkan pantai-pantai lain di pulau Lombok dan Sumbawa yaitu adanya pantai yang membelah laut sebagai penghubung antara pantai Lariti dengan pulau Lariti.

Bagi wisatawan yang pernah mengunjungi pantai Lariti mungkin tidak heran dengan keindahan alam yang satu ini tetapi bagi wisatawan yang belum pernah melihat secara langsung, disarankan mengunjungi pantai Lariti saat pagi sampai siang hari atau saat air lautnya surut agar dapat melihat pantai yang membelah laut.

Baca juga : 3 Pantai Indah di Pulau Lombok

2. Wisata Alam

Potensi wisata alam di pulau Sumbawa juga sangat banyak dari wisata air terjun, sungai hingga pegunungan. Salah satu wisata alam yang banyak disukai oleh wisatawan di pulau Sumbawa yaitu pendakian gunung. Di propinsi Nusa Tenggara Barat ada tiga gunung berapi yaitu gunung Rinjani di pulau Lombok, gunung Tambora dan Sangeang di pulau Sumbawa.

Gunung berapi di nusa tenggara barat - potensi wisata ntb

Peta Gunung Berapi NTB, sumber rovicky.files.wordpress.com

Di pulau Lombok wisatawan hanya mengunjungi satu wisata alam pegunungan yaitu wisata alam gunung Rinjani tetapi kalau wisatawan mengunjungi pulau Sumbawa maka akan dapat mengunjungi dua wisata alam pegunungan yaitu gunung Tambora dengan ketinggian 2.850 m (9.350 kaki) yang berada di perbatasan antara kabupaten Dompu dengan kabupaten Bima atau gunung Sangeang dengan ketinggian 1.949 m (6.394 kaki) yang berada di bagian timur kabupaten Bima.

Gunung tambora di ntb

Taman Nasional Tambora, NTB sumber ig @tamboranationalpark

Bagi wisatawan yang ingin wisata alam dengan mendaki gunung di pulau Sumbawa, disarankan untuk mendaki gunung Tambora karena status gunung Tambora sebagai gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi sehingga memberi rasa aman bagi para pendaki. Selain itu, agar wisatawan dapat melihat keindahan kawah di puncak gunung Tambora yang terbentuk karena meletus pada tahun 1815 M atau sekitar 2 abad yang lalu dan menjadi letusan terbesar di Dunia.

3. Wisata Sejarah

Selain wisata bahari dan wisata alam, potensi wisata yang ada di pulau Sumbawa yaitu wisata sejarah, bagi wisatawan yang sangat menyukai sejarah kesultanan maka berkunjunglah ke pulau Sumbawa karena di pulau Sumbawa ada dua wisata sejarah kesultanan yang sangat terkenal yaitu Kesultanan Sumbawa yang berada di pusat kota dari kabupaten Sumbawa dan Kesultanan Bima yang berada di pusat kota dari kota Bima.

Bagi wisatawan yang ingin berwisata sambil mencari ilmu pengetahuan tentang sejarah dua kesultanan tersebut maka berkunjunglah ke tempat yang menjadi bekas kejayaan dari dua kesulatanan tersebut dimasa lampau, salah satunya dengan berkunjung ke Istana Kesultanan Sumbawa atau Kesultanan Bima.

Istana sumbawa, rumah adat sumbawa nusa tenggara barat

Istana Kesultanan Sumbawa, sumber ig @ardhi.83

Itulah beberapa potensi wisata Sumbawa yang dapat digambarkan dari sekian banyak wisata yang ada di pulau Sumbawa. Selain wisata di pulau Lombok, potensi wisata juga banyak di pulau Sumbawa, sehingga tunggu apalagi ? bagi wisawatan yang ingin berwisata silakan mencoba ke pulau Sumbawa. Mungkin bingung karena tidak ada alat transportasi untuk menuju ke pulau Sumbawa, tenang saja. Ada jasa rental mobillombok.com, gak usah dipikirin walaupun namanya jasa rental mobillombok.com tetapi bukan berarti hanya beroperasi di Lombok saja ya guys! tetapi jasa rental mobil yang satu ini juga dapat mengakomodasi perjalanan wisatawan yang mengambil paket wisata Lombok dengan Sumbawa.

WhatsApp chat