082 339 443 335 info@mobillombok.com

Lombok terkenal dengan berbagai spot wisata pantainya yang indah. Daerah yang menjadi tujuan wisata bahari di Indonesia ini memiliki berbagai pantai eksotis salah satunya Pantai Penyisok. Pantai yang satu ini berbeda dengan kebanyakan pantai karena punya keunikan tersendiri. Salah satunya adalah jejak sejarah Kerajaan Lombok yang dapat ditemukan disekitar area pantai.

Sebenarnya, Lombok bukan hanya terkenal dengan keindahan baharinya saja. Terdapat wisata alam seperti bukit dan air terjun, khazanah budayanya, kuliner khas dan berbagai hal menarik lainnya yang dapat ditemukan di sini. Bahkan pemandangan alam bawah laut pun menjadi spot wisata favorit di Lombok. Seperti halnya Gili Trawangan yang selain menyajikan pemandangan alam, pemandangan bawah laut pun bisa dinikmati dengan menggunakan layanan paket snorkeling Gili Trawangan. Dengan berbagai pilihan wisata, para wisatawan tidak perlu takut bosan karena hanya sekedar menikmati laut di sini.

Letak dan kondisi geografis Pulau Lombok yang sebenarnya menjadikan daya tarik Pantai sebagai yang utama di sini. Namun kekayaan sejarah dan tradisinya serta kulinernya juga perlu dilirik. Meskipun terbilang pulau kecil yang bersebelahan dengan Pulau Bali, Lombok memiliki bahasa dan budaya sendiri. Sehingga, Lombok bisa menjadi alternatif lain selain Pulau Bali untuk menikmati wisata bahari di Indonesia.

Seberapa kenal Anda dengan Pantai Penyisok? Jika belum begitu mengenal, Anda perlu bersiap. Sebab ternyata spot wisata ini memiliki banyak keindahan yang sayang untuk dilewatkan. Nah, apa saja daya tarik yang terdapat di lokasi ini? Simak ulasannya.

Pantai Penyisok, sumber ig ricky_sakre
Pantai Penyisok, sumber ig @ricky_sakre

Pantai Penyisok

Spot wisata bahari yang satu ini memang tidak begitu terdengar di pembicaraan para wisatawan. Karena Pantai Penyisok memang masih jarang dikunjungi. Lokasinya juga tidak banyak diketahui dan jarang diakses. Sehingga saat menuju ke lokasi, ada beberapa kondisi yang lumayan menantang hingga bisa sampai ke lokasi.

Pantai yang berada di timur Pulau Lombok ini memiliki keindahan pemandangan yang luar biasa. Letaknya berdampingan dengan bukit-bukit yang terjal di lautan Samudara Hindia. Bukit-bukit ini berumput hijau yang lebat sehingga area ini disebut sebagai Padang Savana. Bukit-bukit terjal ini tebingnya berwarna keemasan sehingga berpadu dengan birunya air laut, pemandangan yang tampak begitu mempesona.

Saat menuju ke lokasi termasuk di sekitar lokasi Pantai terdapat peninggalan kuno bersejarah yaitu berupa Masjid Batu Apung dan Linkoq Datu. Karena pantai yang masih perawan, maksudnya belum dikunjungi banyak wisatawan, peninggalan bersejarah ini masih tampak sebagaimana bentuknya dulu kecuali pada bagian yang berubah akibat kondisi alam.

Sampai saat ini kata penduduk setempat, belum diketahui asal muasal dari tempat bersejarah ini. Sehingga masih perlu ada sentuhan pemerintah setempat agar peninggalan ini dapat dilestarikan. Termasuk terhadap Pantai Penyisok sendiri. Lokasi ini akan lebih menarik perhatian apabila terdapat perhatian dari pihak yang berwenang dalam pengembangan pariwisata di Lombok.

Mengenai Lingkoq Datu, maknanya adalah sumur peninggalan raja. Hanya sekedar mendengar nama ini, tentu saja membuat siapapun penasaran. Apalagi saat mengunjungi lokasinya, yang terlihat hanyalah tebing yang berada di atas jurang lautan. Sehingga masih belum terdengar bagaimana asal-usul tebing yang curam yang berada di atas jurang lautan ini bisa disebut sebagai sumur peninggalan raja atau Lingkoq Datu.

Tebing di Pantai Penyisok, sumber ig nuruloct23
Tebing di Pantai Penyisok, sumber ig @nuruloct23

Lokasi dan Rute

Obyek wisata ini berada di kawasan Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Patokan untuk menuju ke lokasi jika berangkat dari Lombok adalah arah menuju Pantai Tangsi. Pada saat berada hampir di lokasi, perjalanan akan semakin menantang dengan kondisinya.

Meskipun sebenarnya lokasinya dapat dilihat menggunakan google maps, disarankan untuk mengajak orang yang mengenal lokasi dengan baik. Jika Anda menggunakan layanan rental mobil Lombok, maka Anda bisa lebih tenang karena biasanya driver adalah penduduk asli yang memahami berbagai lokasi di Lombok dan sekitarnya.

Kondisi jalan akan sangat basah saat musim hujan sehingga sulit untuk dilalui bahkan menggunakan kendaraan. Sehingga disarankan untuk mengunjungi lokasi pada waktu selain musim hujan. Lagipula, pantai memang lebih cocok dikunjungi saat musim panas.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Sebagaimana telah diketahui, karena lokasi pantai yang masih belum menjadi obyek wisata resmi yang dibangun, maka tidak terdapat fasilitas apapun di sekitar lokasi. Jika Anda berkunjung ke lokasi, bawalah beberapa barang keperluan seperti makan dan perlengkapan seperlunya. Disarankan menggunakan toilet sebelum mengunjungi lokasi ini.

Meski belum terdapat fasilitas, tetapi untuk mengunjungi lokasi ternyata harus membayar biaya retribusi. Biayanya sebesar Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 per orang. Namun, dengan keindahan dan pesona yang terdapat di lokasi, biaya ini cukup masuk akal.

Padang Rumput di Pantai Penyisok, sumber ig Paket Wisata Lombok
Padang Rumput di Pantai Penyisok, sumber ig @Paket Wisata Lombok

Informasi Tambahan

Yang paling sering dilakukan di lokasi ini adalah berfoto. Karena dengan keindahan yang terdapat pada beberapa spot yang ada, sayang jika dilewatkan tanpa mengabadikannya. Biasanya para wisatawan berfoto di tebing yang langsung berbatasan dengan jurang lautan, karena ketinggian tebing yang begitu tinggi diatas air laut.

Selain di tebing, tempat menarik lainnya untuk berfoto adalah di padang rumput atau savana yang terdapat di lokasi. Anda juga bisa menjadikan semuanya tampak sekaligus mulai dari laut, padang savana, tebing dan bahkan pulau karang kecil yang tampak di kejauhan.

Selain berfoto, ternyata lokasi Pantai Penyisok juga dimanfaatkan oleh para surfer untuk menyalurkan hobinya. Namun masih tidak begitu diketahui seberapa aman ombak yang ada. Sehingga untuk aktivitas ini memang hanya disarankan bagi para surfer yang telah berpengalaman.

Itu dia berbagai informasi dari Pantai Penyisok yang ternyata menarik untuk diketahui. Meskipun masih terdapat beberapa fakta yang masih harus digali lebih dalam. Semoga artikel ini bisa menjadi salah satu referensi kecil wisata Anda di Lombok Timur. Simak juga artikel terkait Tebing Pantai Telawas berikut ini.

Chat WhatsApp whatsapp