Beranda » Wisata Lombok » Pantai Tebing Lombok, Pantai Unik Jejak Letusan Gunung

Lombok memiliki banyak pantai indah dengan keunikan yang beragam. Salah satunya adalah Pantai Tebing Lombok yang belakangan ini banyak dikunjungi wisatawan. Pantai ini memiliki pasir hitam dan tebing tinggi yang menghiasi pantai. Tidak salah juga kalau kamu menjadikan Pantai ini sebagai destinasi wisatamu lho. Berikut keunikan dan fakta menarik tentang Pantai Tebing Lombok yang patut disimak.

Sejarah Singkat Dari Pantai Tebing Lombok

Tebing indah di pantai tersebut adalah hasil dari letusan dahsyat Gunung Rinjani Tua atau Samalas tahun 1257. Hal itu tertulis dalam sebuah Artikel hasil penelitian 15 peneliti gunung api dunia dengan ketua tim Franck Lavigne, Universitas Paris 1 Pantheon-Sorbonne, Perancis. Letusan gunung Samalas dinilai terbesar pada periode 7.000 tahun terakhir. Muntahan materialnya mencapai lebih dari 40 kilometer kubik. Sementara tebing yang ada di Pantai Tebing ini disebut-sebut sebagai salah satu jejak letusan Gunung Samalas di Lombok Utara.

Lokasi Dan Rute Ke Pantai Tebing Lombok

Pantai Tebing Lombok berada di Dusun Luk, Desa Sambi Bangkol, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara.Tepatnya di jalan utama yang menghubungkan Desa Bayan dan Mataram. Jarak antara Kota Mataram dan Kecamatan Gangga adalah 57 km, sehingga perjalanan bisa menghabiskan waktu sekitar 1 jam 50 menit. Dari jalan raya itu ada jalan tanah sepanjang 200 meter sebagai pintu masuk, cukup untuk dua mobil berpapasan. Menuju tempat berjarak sekitar 42 kilometer utara Mataram itu, perjalanan bisa ditempuh dengan mobil, sepeda motor, atau angkutan umum. Tarif dari angkutan umum dari Terminal Mandalika di Mataram ke pantai sekitar Rp 25.000 per orang. Sebelum tiba di pantai, para pengunjung harus memparkir kendaraan di tempat parkir mobil dan sepeda motor yang tersedia.

Pasir hitam di pantai Tebing Lombok, sumber ig @chyo_sastrowardoyo

Pasir hitam di pantai Tebing Lombok, sumber ig @chyo_sastrowardoyo

Hal Yang Dapat Dilakukan Di Pantai Tebing Lombok

Pantai tebing Lombok memiliki beberapa keunikan yang menjadi daya tarik objek wisata ini. Jika kamu ingin tour berkeliling kemari, inilah beberapa hal yang bisa kamu lakukan di pantai cantik ini sebagai agenda liburanmu.

1. Menjelajahi Pantai

Hal yang wajib kamu lakukan di pantai ini adalah menjelajahi lokasi. Misalnya, kamu bisa menikmati berjalan kaki di sepanjang pantai. Kamu bisa menikmati pemandangan pasir warna hitam eksotis dan memiliki tekstur yang lembut. Bahkan kamu boleh berjalan di atasnya tanpa sandal ataupun sepatu! Selanjutnya, jangan lupa dekati tebing yang terletak di dekat pantai. Kebanyakan pengunjung mengambil beberapa gambar di depannya, jadi sebaiknya kamu tidak melewatkan kesempatan begitu saja.

2. Memancing

Pantai Tebing Lombok juga sangat populer sebagai tempat memancing. Di pantai ini banyak nelayan yang memburu ikan juga. Bagi wisatawan yang ingin memancing, diwajibkan membawa pancing dan alat untuk memancing lainnya. Ada beberapa tempat bagus untuk memancing, tapi tidak banyak pengunjung yang mengenalnya dengan baik. Jangan khawatir Penduduk setempat mungkin memberi tahu wisatawan mengenai tempat-tempat seperti itu karena mereka cukup bersahabat dengan semua orang.

3. Berenang

Air laut di Pantai Tebing Lombok terkenal jernih dan menyimpan pemandangan laut yang menarik. Terumbu karang dan ikan-ikan kecilnya siap menyambut kamu yang berenang disini. Air lautnya juga tenang. Jangan lupa tetap menjaga kebersihan air laut ketika kamu berenang disini ya.

Berfoto di pantai Tebing Lombok, sumber ig @renisuksesselalu

Berfoto di pantai Tebing Lombok, sumber ig @renisuksesselalu

4. Berswafoto Bersama Keluarga

Banyak wisatawan yang datang kesini untuk sekedar berswafoto atau berfoto bersama keluarga dan teman-teman. Di pantai tebing lombok ini Banyak spot bagus yang bisa dijadikan tempat berfoto. Kamu bisa berfoto di antara tebing tingginya, atau dengan latar pantai yang indah. Siapkan pose terbaik dan jangan lupa menjaga kebersihan dari tempat ini.

5. Berjemur Atau Bersantai

Cuaca di pantai ini terbilang panas, sehingga kamu harus menyiapkan kacamata hitam juga memakai sunblock. Namun, cuaca panas ini juga cocok untuk kamu yang ingin berjemur. Kamu bisa berjemur sembari bersantai menikmati pemandangan laut yang luar biasa.

Bagaimana? Penasaran untuk berkunjung ke lokasi wisata pantai Tebing di Lombok Utara ini kah? Jika ingin cepat dan efisien, anda dan rombongan bisa langsung saja hubungi kami. Sebagai salah satu perusahaan rental mobil di Lombok yang sudah berpengalaman. Tim kami akan cepat mengantar anda ke lokasi wisata yang eksotis ini. Mau?

 

Review

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Komentar belum ada

Jika Anda Berkenan Tuliskan Komentar

Email anda tidak akan disebar luaskan. Kolom berbintang (*) wajib anda isi.

Komentar yang ingin anda berikan*Nama Anda*Isikan email Anda*Website anda saat ini

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.