082 339 443 335 info@mobillombok.com

Pantai Surga dianggap sebagai surganya bumi Nusa Tenggara Barat. Setiap pengunjung pasti berkesan setelah bepergian dan berwisata ke lokasi wisata ini meskipun tidak seterkenal Pantai Kuta atau Pantai Selong Belanak. Lokasinya tidak jauh dari Teluk Ekas, hanya beberapa kilometer jaraknya.

Menginjakkan kaki di pantai ini pengunjung langsung disuguhkan pemandangan hamparan pasir putih keemasan yang cukup indah berpadu dengan pecahan ombak dan laut biru nan jernih. Perbukitan hijau turut menambah pesona pantai nan eksotis ini. 

Pantai yang berada di antara dua tebing yang cukup tinggi ini tidak memiliki garis pantai panjang, hanya kira-kira 600-700 meter saja. Pantai berbentuk huruf U ditutupi pasir cukup tebal berwarna putih campur kuning keemasan. Pengunjung dibuat kagum jika berkunjung.

Fakta Menarik Pantai Surga

Spot di Pantai Surga, sumber ig janedoeisliving
Spot di Pantai Surga, sumber ig @janedoeisliving

Dengan semua keindahannya, tentu Anda tertarik untuk datang dan berwisata ke Pantai Surga. Berikut beberapa fakta menarik mengenai pantai indah di Lombok ini.

1. Susah di Awal

Akses menjadi salah satu pertanyaan buat Anda yang ingin  berkunjung ke Pantai Surga. Terletak di dekat Teluk Ekas, Anda cukup memulai rute Praya Jerowaru, Lombok untuk menuju ke sana. Disarankan untuk naik motor karena di beberapa titik terdapat jalanan tanpa aspal yang kering dan berdebu. Sehingga, Anda harus menggunakan masker dalam perjalanan. Perjalanan sendiri memakan waktu dua jam dari kota Mataram. 

2. Panorama Bukit Hijau

Namannya juga pantai Surga, tentunya adem. Ternyata, deretan bukit hijau yang menawan menjadi salah satu daya tarik dari pantai ini. Garis pantainya yang tak terlalu panjang memungkinkan Anda untuk menikmati tiap sudut dari bukit hijau.

3. Hamparan Pasir Putih

Daya tarik utama dari Pantai Surga adalah hamparan pasir putihnya. Nggak terlalu tebal dan nggak terlalu tipis juga. Jadi, Anda nggak perlu khawatir bermain-main di sana karena air lautnya juga sangat tenang.

Nggak cuma bisa foto-foto, Anda juga bisa snorkling, strolling hingga memancing di pinggir tebing laut Pantai Surga yang tidak Anda dapatkan di pantai lainnya.

4. Huruf U

Dengan garis pantai yang hanya 600 meter, pantai ini terletak di antara dua tebing tinggi. Alhasil, bentuk pantainya sendiri seperti huruf U yang ditutupi pasir putih yang indah. Meski akses ke pantai cukup kering, saat kaki Anda menapak di Pantai Surga, dijamin nggak bakal mau pulang.

5. Juni-Oktober

Salah satu alasan mengapa banyak yang berburu pantai ini adalah ombaknya. Selain cantik, ombak di pantai ini juga bisa dibilang menantang, khususnya buat para peselancar. Biar pas, Anda bisa atur perjalanan Anda ke spot selancar di Lombok ini pada Juni hingga Oktober dengan harapan dapat ombak yang bagus. 

Pantai Surga Lombok, sumber ig kepusek
Pantai Surga Lombok, sumber ig @kepusek

Aktivitas Seru

Mayoritas wisatawan yang berkunjung ke pantai surga biasa melakukan beberapa aktivitas, mulai dari berenang, berselancar, snorkeling, mendaki bukit, bersantai dan memancing. Akan dianggap kurang mantap jika wisatawan berkunjung ke pantai ini tapi tidak merasakan sensasi kesegaran air lautnya.

1. Berenang dan Snorkeling

Lokasi pantai ini aman buat berenang. Air lautnya segar, jernih, dengan arus tidak terlalu deras. Banyak wisatawan berkunjung menghabiskan waktunya dengan berenang. Air laut nan jernih dan tenang merupakan surga bagi para wisatawan untuk melakukan snorkeling. 

Umumnya para turis yang berkunjung ke spot snorkeling ini hanya melakukan selam permukaan untuk menikmati pemandangan bawah lautnya. Melihat beragam jenis biota laut, termasuk ikan dan rumput laut.

2. Berselancar

Aktivitas lain yang bisa dilakukan pengunjung di pantai ini adalah berselancar. Pada umumnya, turis yang berkunjung mayoritasnya adalah turis domestik. Akan tetapi, kalau urusan berselancar di pantai Surga, aktivitas ini lebih sering dilakukan oleh wisatawan asing, karena mereka dianggap lebih berpengalaman dari wisatawan dalam negeri.

3. Mendaki Bukit

Selain beraktivitas di sekitar pantai dan air laut, wisatawan yang datang ke pantai ini bisa melakukan aktivitas lain tapi tak kalah menantang, yaitu mendaki perbukitan. Karena lokasi wisata ini diapit oleh perbukitan, maka turis bisa menikmati panorama pantai dari atas bukit. Sungguh pesona alam luar biasa.

4. Bersantai

Bersantai merupakan aktivitas paling umum dilakukan pengunjung pantai Surga. Berjemur di atas pasir, berjalan santai, dan juga bermain bersama anak dan keluarga merupakan aktivitas santai tapi sangat menyenangkan.

Pemandangan di Pantai Surga, sumber ig mzwr_
Pemandangan di Pantai Surga, sumber ig @mzwr_

5. Memancing

Selain beberapa aktivitas di atas, ada banyak pengunjung pantai indah ini menekuni hobi memancing di laut pantai Surga. Banyaknya jenis ikan membuat laut ini sangat tepat dijadikan spot memancing. Sensasi tarikan ikan siap menggetarkan senar dan mata pancing wisatawan. Pemancing pasti sangat menikmati situasi seperti ini.

6. Berburu Foto

Berburu foto juga menjadi salah satu aktivitas menarik dan biasa dilakukan para wisatawan, khususnya mereka yang punya ketertarikan dalam dunia fotografi. Pemandangan indah yang sangat tepat menjadi latarbelakang foto yang bagus.

Rute Menuju Pantai Surga

Jarak pantai ini sekitar 72 kilometer dari Mataram. Jika mengendarai mobil maka waktu tempuh bisa lebih dari dua jam. Disarankan kepada para wisatawan agar menggunakan kendaraan pribadi untuk menempuh rute perjalanan ini karena memang tidak ada fasilitas transportasi umum. Jika terpaksa maka harus menyewa jasa kendaraan atau mobil Lombok.

Rute umum dan biasa digunakan oleh para wisatawan yang berlibur ke pantai ini adalah dari Mataram – Cakranegara – Praya – Ganti – Sepapan – Jerowaru – Jor – Pamongkang – Ekas – Pantai Surga.

Kondisi jalannya masih terbilang cukup baik hanya saja ketika sudah hampir tiba di lokasi ada sedikit jalan yang masih dalam kondisi belum diaspal.

Demikianlah ulasan mengenai Pantai Surga Lombok yang memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan pantai Lombok lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam merencanakan liburan Anda ke Lombok khususnya ke Pantai Surga.