Beranda » Wisata Lombok » Pesona Keindahan Pantai Senggigi, Pulau Lombok

Kalo Bali terkenal akan pantai Kuta maka Lombok terkenal akan pantai Senggigi. Memang nama pantai Senggigi tidak asing lagi terdengar ditelinga wisatawan dibandingkan pantai-pantai lain yang ada di pulau Lombok. Walau pantai Senggigi tidak sebesar pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan berasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali.

Pantai Senggigi (Dari Sisi Udara)

Lokasi Pantai Senggigi

Secara administratif pantai Senggigi terletak di sebelah barat pesisir pulau Lombok, tepatnya berada di Jl. Raya Senggigi km 6 – 10, kecamatan Batulayar, kabupaten Lombok Barat, propinsi Nusa Tenggara Barat. Jarak dari Ibu Kota propinsi yakni kota Mataram sekitar 19,9 km atau dengan kendaraan sekitar 29 menit. Jarak dari Bandara International Lombok – Lombok Tengah sekitar 53 km atau dengan kendaraan sekitar 1 jam 13 menit. Jarak dari Pelabuhan Lembar – Lombok Barat Ibu sekitar 39,7 km atau dengan kendaraan sekitar 57 menit. Jarak dari Terminal Bertais kota Mataram sekitar 24,4 km atau dengan kendaraan sekitar 39 menit.

Pesona Alam Pantai Senggigi

Pasir Putih Pantai Senggigi

Apa yang membuat pantai yang satu ini menjadi incaran wisatawan ketika datang ke pulau Lombok ? Alasan utamanya karena panorama lautnya yang menawan yakni pesisir pantainya yang masih asri, air lautnya yang jernih, pemandangan bawah lautnya yang indah, sehingga membuat wisatawan akan betah jika bermain air atau berenang di pantai Senggigi. Disepanjang kawasan pantai ini, anda tidak hanya menikmati keindahan pantai Senggigi melain juga dapat menikmati keindahan pantai Batulayar, Batu Bolong, Kerandangan, dan Mangsit. Di setiap pantai tersebut memiliki keindahan tersendiri yang dapat anda nikmati ketika berkunjung ke Senggigi.

Aktifitas di Pantai Senggigi

Sunrise di Pantai Senggigi

Saat pagi hari anda akan di manjakan dengan keindahan sunrise yang muncul dari balik perbukitan, menikmati udara segar, hamparan laut yang tenang, serta melihat aktifitas nelayan yang mencari ikan. Selain aktivitas tersebut, anda juga dapat melakukan aktifitas lain seperti berikut ini berenang, snorkeling, bermain kano, kayaking, surfing, atau memancing. Terkait peralatan penunjang untuk melakukan beberapa kegiatan tersebut, anda tidak perlu khawatir karena banyak jasa penyewaan yang tersedia di sepanjang pantai ini.

Akses Menuju Pantai Senggigi

Dermaga Pantai Senggigi

Ada dua jalur yang dapat anda manfaatkan untuk menuju ke pantai Senggi yakni dengan jalur laut lanjut jalur darat dan jalur udara lanjut jalur darat.

Jalur Udara – Jalur Darat

Jika anda datang ke pulau Lombok melalui jalur udara maka tujuan akhir ke Bandar Udara International Lombok. Saat di bandar udara anda dapat memanfaatkan jasa transportasi umum yakni bus Damri yang telah tersedia di bandar udara dengan tujuan Senggigi, harga sewa bus sekitar 25.000 – 30.000 perorang. Anda juga dapat memanfaatkan jasa penjemputan travel agent yang ada di pulau Lombok salah satunya mobillombok.com, tetapi sebelum anda menuju ke pulau Lombok, alangkah baiknya anda terlebih dahulu harus melakukan pemesanan awal agar pihak mobillombok.com bisa standbye menjemput anda di bandar udara. Lebih enaknya lagi melalui jasa mobillombok.com anda tidak hanya berwisata ke pantai Senggingi tetapi juga wisata lain yang ada di pulau Lombok sesuai keinginan anda.

Jalur Laut – Jalur Darat

Jika anda melalui jalur laut ada dua pilihan yang bisa anda tempuh yakni :

  1. Melalui pelabuhan Lembar, pelabuhan ini merupakan penghubung antara pulau Lombok dengan Bali, di butuhkan sekitar 4 sampai 5 jam dari pelabuhan Padang Bae Bali menuju pelabuhan Lembar Lombok Barat. Dari pelabuhan Lembar anda bisa menggunkan jasa taxi, sewa mobil, atau menggunakan jasa angkutan umum ke terminal Bertais kota Mataram, dari terminal ini naik angkutan umum menuju pasar Kebon Roeq Ampenan kota Mataram, dan dari sini naik angkutan umum menuju pantai Senggigi.
  2. Melalui pelabuhan Kayangan, pelabuhan ini merupakan penghubung antara pulau Lombok dengan pulau Sumbawa, di butuhkan sekitar 2 jam dari pelabuhan Poto Tano Alas Sumbawa menuju pelabuhan Kayangan Lombok Timur. Dari pelabuhan Kayangan anda bisa menggunakan jasa taxi, sewa mobil, atau menggunakan jasa angkutan umum ke terminal Bertais kota Mataram, dari terminal ini naik angkutan umum menuju pasar Kebon Roeq Ampenan kota Mataram, dan dari sini naik angkutan umum menuju pantai Senggigi.

Pantai Senggingi berada di antara kabupaten Lombok Barat, kota Mataram dan kabupaten Lombok Utara. Sehingga memudahkan anda untuk berwisata ke wisata lain yang jaraknya tidak terlalu jauh dari pantai Senggigi seperti Masjid Islamic Center, Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno, Gunung Rinjani, Bukit Malimbu, Air Terjun Sendang Gile dan beberapa lokasi wisata lainnya.

Review

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Komentar belum ada

Jika Anda Berkenan Tuliskan Komentar

Email anda tidak akan disebar luaskan. Kolom berbintang (*) wajib anda isi.

Komentar yang ingin anda berikan*Nama Anda*Isikan email Anda*Website anda saat ini

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.