082 339 443 335 info@mobillombok.com

Pesona Lombok memang tiada habisnya, mulai dari Gili Trawangan, Pantai Senggigi, hingga Gunung Rinjani. Selain ketiga objek wisata tersebut, Lombok ternyata masih memiliki Pantai Ekas, destinasi wisata yang selama ini tersembunyi.

Ekas merupakan kawasan pantai yang kondisinya berupa teluk. Pantai ini memiliki pasir putih yang terhampar luas dan lautan yang cukup tenang. Pantai Ekas selain menyuguhkan panorama istimewa, juga memiliki keanekaragaman ekosistem pantai.

Topografi pantai ini cukup landai, sehingga memberi kesan lebih lebar dan pemandangan yang indah untuk menikmati sunrise maupun sunset. Pada sore hari biasanya ombak terlihat landai meski angin bertiup kencang.

Permukaan teluk Ekas berwarna orange oleh pantulan matahari terbenam (sunset). Pasir berwarna putih menjadi ciri khas pantai di Lombok bagian Selatan. Deretan bukit seolah menjadi penyangga indahnya pantai di Selatan Kabupaten Lombok Timur ini.

Sekilas Tentang Pantai Ekas 

Pantai Ekas Lombok, sumber ig bank_jeff92
Pantai Ekas Lombok, sumber ig @bank_jeff92

Pantai Ekas adalah objek wisata yang sejalur dengan Pantai Surga, Pantai Cemara, dan Pantai Kaliantan. Teluk terbesar di Lombok ini tidak hanya memiliki pemandangan luar yang eksotis, namun keindahan bawah lautnya juga tak kalah menarik.

Banyak pengunjung yang penasaran dengan panorama bawah laut pantai ini dan akhirnya melakukan snorkeling dan diving di sini. Perlengkapan snorkeling bisa disewa di penyedia paket snorkeling Lombok. Namun, sayangnya perairan pantai indah ini jadi keruh kalau musim hujan tiba. Hal ini dikarenakan banyak sungai yang bermuara di pantai tersebut.

Pantai ini merupakan deretan dari Pantai Kuta di Lombok Tengah. Pasirnya putih dengan air yang jernih serta terumbu karang tumbuh dengan berbagai varian warna. Kejernihan air Pantai ini, membuat para wisatawan tak rela jika tidak berendam. Menikmati sensasi kehangatan dengan view matahari terbenam. Sayangnya, pantai ini belum dikelola dengan baik oleh pemerintah.

Ombak Pantai Ekas

Pantai Ekas Lombok disukai para surfer karena kualitas ombaknya sangat baik. Ombak regional classic perlu dicoba karena cocok untuk semua level surfer. Lalu ada tipe ombak reef-rocky dengan arah kiri maupun kanan. Bentuk ombak tersebut ada 3, yaitu pipe, wall dan heavy. Bagi para surfer, Pantai Ekas memiliki dua spot terbaik, yakni: Inside Ekas dan Outside Ekas.

Pantai Ekas di Lombok, sumber ig indozonetravel
Pantai Ekas di Lombok, sumber ig @indozonetravel

Inside Ekas adalah ombak yang ada di dalam teluk, berbentuk dinding (wall) dengan puncak yang sangat mengagumkan. Di waktu-waktu tertentu, ombak tersebut bisa berupa ombak panjang dan barrels-nya di sebelah kanan. Ombak rendah ada di sebelah kanan, ombak tinggi di kiri dan dapat dicapai hingga ketinggian dua belas kaki.

Sedangkan, Outside Ekas merupakan ombak kidal yang memiliki ketinggian 5-10 kaki. Ombaknya jatuh dengan cukup keras, bertenaga serta mempunyai luas permukaan yang cukup lebar.

Aktivitas Nelayan

Teluk Ekas berada di daerah perkampungan nelayan, sehingga pengunjung akan menemukan banyak perahu serta keramba ikan di bibir pantai. Dermaga di teluk Ekas yang sudah lama tak berfungsi dimanfaatkan para nelayan untuk membudidayakan lobster, udang dan rumput laut. Hal itu pula yang membuat obyek wisata ini sangat cocok digunakan untuk lokasi memancing.

Terdapat kira-kira 50 pondok apung yang dibuat para nelayan untuk menangkarkan udang dan ikan kerapu. Di darat, para nelayan ini membuat perahu dan sampan dengan piranti yang sederhana. Pengunjung juga bisa melihat pemotongan ikan di berugak atau semacam gazebo. Ikan-ikan yang dipotong tersebut dijadikan pakan ikan kerapu. Sementara ikan kerapunya dijual ke sekitar Lombok.

Akses Menuju Pantai Ekas

Pantai Ekas terletak di Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Pantai ini dapat dicapai dari Kota Mataram dalam perjalanan sejauh 75 km menuju tenggara. Jika Anda ingin berkunjung ke pantai ini, Anda disarankan untuk menempuh perjalanan menggunakan kendaraan pribadi (terutama sepeda motor) karena transportasi umum yang menuju pantai ini masih sangat jarang.

Pantai Ekas, sumber ig travelbloggerid
Pantai Ekas, sumber ig @travelbloggerid

Dari Kota Mataram, Anda bisa menempuh jalur Mataram, lalu ke Cakranegara, dilanjutkan ke Kediri, kemudian ke Praya, lalu ke Mujur, Ganti, Keruak, Jerowaru, dan terakhir tiba di Ekas. Dari Mataram, pengunjung akan menempuh 1-2 jam perjalanan dan dari Praya, waktu yang diperlukan kurang dari satu jam. Sedangkan, dari pusat kota kecamatan, pantai ini bisa diakses selama 15 menit.

Yang dibutuhkan pengunjung untuk sampai ke Pantai atau Teluk Ekas adalah petunjuk jalan. Rata-rata masyarakat sekitar lebih mengenal pantai Surga, sebab di sana ada resort yang sering dikunjungi. 

Jadi, jika Anda telah sampai di jalur menuju Pantai Surga, pengunjung akan menemukan persimpangan. Persimpangan tersebut belok kiri atau lurus, kalau ingin ke Pantai Surga belok kiri sedangkan untuk ke Teluk Ekas lurus saja. Jalannya sudah cukup baik dibandingkan ke Pantai Surga yang berlumpur.

Bila pengunjung sampai di lokasi, akan ada rumah-rumah warga yang di depannya terdapat perangkat melaut. Beberapa langkah dari situ, tempat yang dituju sudah kelihatan. Pengunjung akan langsung disambut indahnya pantai yang masih terjaga kebersihannya.

Fasilitas Spot Wisata

Aktivitas yang umum dilakukan di pantai ini adalah bermain pasir atau duduk-duduk sambil menikmati pemandangan. Namun, selain dua hal tersebut pengunjung spot wisata ini bisa menumpang di kapal nelayan untuk ikut mengarungi laut. Meskipun kedengarannya biasa saja, tapi banyak pengunjung yang merasa senang setelah melakukannya.

Kekurangan objek wisata pantai ini adalah tidak adanya warung-warung makan dan penginapan. Jadi, pengunjung diharuskan membawa bekal sendiri dari rumah dan menikmatinya di gazebo yang terletak di pinggir pantai. Gazebo tersebut dibuat oleh warga sekitar.

Demikianlah ulasan mengenai Pantai Ekas. Dengan potensi wisata menakjubkan, Pantai Ekas tumbuh sebagai destinasi wisata yang diincar para pelancong. Ini bisa jadi rekomendasi wisatawan lokal untuk berlibur. Semoga informasi ini bermanfaat.