082 339 443 335 info@mobillombok.com

Pulau Lombok adalah salah satu destinasi wisata bahari yang terkenal di Indonesia. Banyak pantai Lombok yang terlihat mempesona yang tidak kalah dengan daerah lainnya. Pantai Lombok ini begitu banyak dan tersebar di seluruh sisi-sisi Pulau Lombok.

Luas pulau Lombok sebesar 4.725 km2 atau sebesar 23,44% dari luas propinsi Nusa Tenggara Barat atau tiga kali lipat lebih kecil dibandingkan luas pulau Sumbawa yang masih satu propinsi dengan pulau Lombok. Walaupun pulau Lombok lebih kecil dibandingkan dengan pulau Sumbawa tetapi wisata bahari di pulau Lombok tidak kalah banyaknya dengan pulau Sumbawa.

Wisata bahari yang banyak diminati oleh wisatawan saat berkunjung ke pulau Lombok salah satunya wisata pantai. Karena di pulau Lombok cukup banyak pantai yang indah. Berikut ini rekomendasi pantai Lombok kepada wisatawan untuk di kunjungi jika berwisata ke pulau Lombok.

1. Pantai Sekotong

Pantai sekotong tepatnya berada di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Keindahan pantai ini yaitu pasirnya putih, lautnya biru jernih, dan dikelilingi oleh kawasan perbukitan yang melingkar maka saat naik ke atas bukit di pantai ini dapat melihat keindahan pemandangan gugusan pulau di sekitarnya sehingga menambah keelokan pantai Sekotong.

Pantai Sekotong - 3 Pantai di Lombok Sangat Indah & Sayang Dilewatkan

Pantai Sekotong (Sumber : yutinnflowerparadise.com)

2. Pantai Tanjung Bloam

Pantai Tanjung Bloam terletak di Dusun Tangsi, Desa Temeak, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Keindahan pantai ini yaitu air lautnya biru, pasirnya putih, dan ditambah tebing karang sebagai tempat tinggal penyu.

Sehingga pantai ini lebih dikenal oleh masyarakat umum sebagai tempat konservasi penyu. Jadi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, selain dapat menikmati keindahan pasir dan air lautnya juga dapat menikmati keindahan observasi penyu di sekitar tebing karang.

Pantai Tanjung Bloam, sumber ig rudy_rudedz

Pantai Tanjung Bloam, sumber ig @rudy_rudedz

3. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak terletak di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Pantai ini memiliki hamparan air laut yang berwarna bening biru kehijauan dan hamparan pasir putihnya yang sangat lembut terbentang luas di sepanjang pesisir pantai.

Salah satu keindahan pantai ini yang tidak kalah dengan pantai lain di pulau Lombok yaitu di pantai ini wisatawan dapat menikmati terbenamnya matahari yang cukup indah.

Pantai Selong Belanak - 3 Pantai di Lombok Sangat Indah & Sayang Dilewatkan

Pantai Selong Belanak (Sumber : oknusantara.com)

4. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta biasanya populer berada di Bali. Pantai Kuta ini berbeda dengan Pantai Kuta Bali. Pantai Kuta ini berada di Mandalika, Pulau Lombok.

Pantai Kuta Lombok, sumber ig prayacity

Pantai Kuta Lombok, sumber ig @prayacity

Pantai ini terkenal dengan tradisi Bau Nyale, yaitu tradisi yang diadakan oleh suku sasak sebagai rasa syukur mereka setiap tahun. Menariknya, Mandalika adalah nama seorang putri Kerajaan Sasak pada masa lampau.

Pantai Kuta Lombok juga dikenal sebagai Pantai Merica karena butiran pasir yang khas. Butiran pasir ini berbentuk seperti biji merica yang relatif bulat dan lebih besar dari bubuk pasir.

5. Pantai Gili Trawangan

Pantai Gili Trawangan, sumber ig liburankelombok

Pantai Gili Trawangan, sumber ig @liburankelombok

Lombok juga dikenal keindahannya dengan keberadaan gili. Gili adalah gugusan pulau yang bentuknya lebih kecil dibandingkan pulau pada umumnya.

Sehingga gili bukan merupakan pulau, jika dilihat dari luas. Namun Gili Trawangan cukup luas untuk menjadi pemukiman dan obyek wisata dengan berbagai fasilitas seperti hotel, restoran, jasa penyewaan paket diving, jasa paket snorkeling lombok, dan jasa lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan.

Saat berada di Gili Trawangan, rasanya seperti berada ditengah-tengah pantai. Sehingga gugusan ini dikelilingi pantai yang bisa terlihat dari pandangan mata dengan jelas.

6. Pantai Pink Lombok

Pantai Pink Lombok, sumber ig sedzaferizqi_

Pantai Pink Lombok, sumber ig @sedzaferizqi_

Pantai Pink Lombok adalah salah satu pantai yang berada di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna kemerahan yang sungguh unik dan jarang ditemukan.

Pantai Pink sebenarnya bernama Pantai Tangsi. Namun oleh karena memiliki pasir berwarna pink dan lebih populer dengan pasir pink ini, maka Pantai Tangsi juga disebut Pantai Pink.

Pantai Pink terdapat beberapa di Indonesia misalnya di Lombok dan Labuan Bajo. Pasir pink ini merupakan fenomena alamiah yang membuat pasir pantai ini berwarna kemerahan.

7. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi, sumber ig iwan_ione

Pantai Senggigi, sumber ig @iwan_ione

Pantai Senggigi dikenal dengan pesona ombaknya yang menantang. Pantai ini menjadi salah satu lokasi favorit para peselancar di Lombok. Karena ombaknya cukup tinggi dengan air yang jernih serta pemandangan yang luar biasa.

Selain berselancar, aktivitas lainnya yang dapat dinikmati di sini adalah melihat sunset, bersnorkeling dan berfoto. Pantai yang berada di Kecamatan Batu Layar ini mudah diakses menggunakan berbagai moda transportasi yang ada di Lombok.

8. Pantai Gili Meno

Pantai Gili Meno, sumber ig amalieluther

Pantai Gili Meno, sumber ig @amalieluther

Pantai Gili Meno adalah salah satu spot snorkeling yang terkenal di Lombok. Pantai ini memiliki air jernih yang membuat para pengunjung bahkan bisa melihat biota laut dari atas permukaan air.

Pantai Gili Meno seolah pulau pribadi yang tidak begitu ramai pengunjung, berbeda dengan Pantai Gili Trawangan. Gili Trawangan cukup ramai dengan pengunjung para wisatawan dan penduduk setempat.

Di bagian barat Pantai ini terdapat Meno Wall dan Turtle Point yang menjadi spot diving dan snorkeling. Dengan fasilitas berupa gazebo-gazebo yang terdapat di sini, para wisatawan bisa menikmati pantai ini sambil bersantai.

9. Pantai Bangko Bangko

Pantai Bangko Bangko, sumber ig surfergabrielsodre

Pantai Bangko Bangko, sumber ig @surfergabrielsodre

Pantai Bangko Bangko juga merupakan salah satu spot peselancar di Lombok. Bahkan pantai ini dianggap populer dibandingkan beberapa spot selancar Indonesia seperti Bali dan Banyuwangi.

Pantai Bangko Bangko berada di Desa Batu Putih, Sekotong, Lombok Barat. Salah satu yang unik bagi peselancar adalah keberadaan ombak lefthand yang dianggap langka. Ombak ini datang dari arah kiri sehingga disebut sebagai ombak lefthand.

10. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan, sumber ig lombokexperience

Pantai Tanjung Aan, sumber ig @lombokexperience

Pantai Tanjung Aan adalah pantai dengan garis pantai yang relatif lebih pendek jika dibandingkan dengan Pantai Senggigi dan Pantai Kuta. Pantai ini berada di garis pesisir Samudera Hindia sebelah selatan Indonesia.

Berbagai keunikan terdapat di pantai ini salah satunya adalah keberadaan pasir yang berbeda bentuknya. Sebagian merupakan pasir putih yang normal sedangkan di sisi sebelahnya yang dibatasi oleh batuan karang adalah pasir berbentuk seperti biji merica.

Di sini para wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berselancar, bersantai, naik perahu dan aktivitas pantai lainnya.

Itu dia 10 pantai di Lombok yang mempesona untuk dikunjungi. Jika berkesempatan untuk berliburan di Pulau Lombok, rasanya sayang apabila tidak mengunjungi paling tidak beberapa pantai mempesona ini.

Simak berbagai ulasan menarik wisata Lombok lainnya di halaman rental mobil Lombok ini. Nantikan informasi terbaru dari kami dan semoga ulasan ini memberikan manfaat untuk Anda.