082 339 443 335 info@mobillombok.com

Saat anda berlibur ke Pulau Lombok, destinasi wisata yang tidak boleh anda lewatkan adalah Bukit Merese. Mengapa demikian ? karena di tempat ini anda bisa mengabadikan foto-foto yang menarik dengan view yang bagus, ditambah suasana pantai yang sepi, yang disuguhi pemandangan alam memukau dan suara deburan ombak yang menghantam karang sehingga menambah keindahan tersendiri bagi Bukit Merese. Seperti apa keindahan Bukit Merese ? berikut kami berikan informasinya untuk anda.

Lokasi Wisata

Bukit Merese berlokasi di pinggir pantai wilayah Mandalika tepatnya di Jalan Kuta, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Propinsi Nusa Nusa Tenggara Barat. Jarak dari Kecamatan Praya, Ibu Kota Kabupaten Lombok Tengah sekitar 38,6 km atau waktu tempuh hampir 1 jam jika menggunakan kendaraan roda empat.

Keindahan Bukit Marese

Bukit Merese memiliki area yang terbilang cukup luas, sangat disayangkan bila anda hanya menjelajahi satu sisi bukit saja, kalau ada waktu luang anda maka disarankan mendatangi setiap sisi bukit untuk menikmati panorama alam yang begitu menakjubkan. Di bukit ini terdapat salah satu sisi yang menghadirkan pemandangan indah berupa lekukan pantai yang menawan.

Ada juga sisi bukit dengan bentuk mendatar yang ditumbuhi pohon di bagian ujung. Wisatawan menjuluki pohon tersebut dengan nama “Pohon Galau” karena ia tumbuh sendiri di pinggir bukit. Pohon Galau kerap kali dijadikan objek berfoto oleh wisatawan di Bukit Merese. Tidak hanya di Pura Batu Bolong anda menikmati keindahan Sunrise dan Sunset tetapi di bukit ini juga terdapat satu spot terbaik untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit dan terbenam (sunrise and sunset), melihat sunrise dan sunset dari atas bukit ini tentu akan menjadi kado termanis bagi anda ketika berlibur ke Pulau Lombok.

Waktu Berkunjung Wisatawan

Bagi anda yang penasaran dengan Bukit Merese, dapat mengunjunginya kapanpun setiap tahun. Tidak ada batasan waktu khusus bagi wisatawan yang ingin melakukan pendakian di bukit ini. Proses pendakian akan berjalan lancar apabila anda mendatangi bukit ini pada musim kemarau, hal tersebut dipengaruhi oleh intensitas hujan yang terbilang rendah di bukit ini saat musim kemarau karena pada musim kemarau juga anda akan disuguhkan dengan pemandangan cantik berupa rumput-rumput yang warnanya menguning.

Bekal yang Perlu Disiapkan

Bekal yang tidak boleh anda lupakan ketika mendaki Bukit Merese adalah membawa air minum. Meski proses pendakian tidak terbilang sulit tetapi stamina dan tenaga anda akan berkurang saat mendaki bukit ini. Oleh karena itu, bawalah persediaan air yang cukup untuk menghindari dehidrasi di tengah perjalanan apalagi pada saat cuaca sedang terik. Kalau anda tidak kerepotan diusahan membawa makanan ringan atau makanan berat kali saja anda lapar saat sampai di puncak bukit, tetapi jangan buang sampah sembarangan ya…! dibungkus kembali dan bawa pulang atau buang pada tempatnya agar keindahan bukit tetap terjaga.

Jalur Pendakian Bukit

Bukit Merese mempunyai jalur pendakian yang terbilang ramah terhadap wisatawan, pendaki dapat melintasi jalur pendakian tersebut dengan cukup mudah. Waktu yang dihabiskan pendaki untuk sampai ke puncak Bukit Merese sekitar 20 menit. Meski begitu, anda harus memperhatikan alas kaki yang dipakai saat mendaki. Para pendaki dianjurkan memakai sepatu yang tidak licin atau anti slip untuk alasan keamanan. Mengenakan sepatu model ini tentu akan memperkecil risiko anda terjatuh atau terpeleset di tengah perjalanan.