Beranda » Wisata Lombok » Wisata Religi, Masjid Islamic Center Mataram – Nusa Tenggara Barat

Berwisata bahari di pulau Lombok, mungkin sudah menjadi keinginan besar bagi setiap wisatawan untuk mengunjunginya terutama bagi wisatawan yang berasal dari luar pulau Lombok. Lantas bagaimana dengan wisata lain selain wisata bahari ?. Pulau Lombok tidak hanya menyuguhkan wisata bahari saja melainkan menyuguhkan juga wisata lain, salah satunya wisata religi.

Pulau Lombok tidak hanya kaya akan kekayaan alam wisata bahari saja tetapi kaya akan wisata religi, sehingga memang pantas pulau Lombok dikenal dengan sebutan pulau “Seribu Masjid” karena di pulau Lombok memang sangat banyak Masjid, dan salah satu Masjid yang menjadi incaran wisatawan baik dalam maupun luar pulau Lombok yaitu Masjid Islamic Center Mataram.

Bagian Luar Masjid Islamic Center Mataram, sumber ig @sumardiwati

Masjid Islamic Center Mataram bernama “Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center” yang terletak di kelurahan Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, yang merupakan Masjid termegah dan terbesar di Propinsi Nusa Tenggara Barat. Lokasinya cukup strategis berada di pusat Ibu Kota propinsi Nusa Tenggara Barat sehingga memberi kemudahkan bagi wisatawan untuk berkujung ke Masjid ini.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Masjid Islamic Center Mataram, kami akan memberikan informasi seputar fasilitas yang ada di Masjid ini.

1. Tempat Ibadah Umat Islam

Masjid Islamic Center Mataram dapat menampung Jamaah hingga 15.000 orang dan merupakan tempat ibadah umat Islam dalam melaksanan Sholat 5 waktu dan Sholat Sunah, Sholat Jum’at, Sholat Iedul Fitri, Sholat Iedul Adha, membaca Al-Qur’an, Perayaan Hari Besar Islam (PHBI), serta dimanfaatkan untuk acara besar Islam lainnya.

Bagian Dalam Masjid Islamic Center Mataram, sumber ig @firaayuanoty

2. Luas Lahan

Luas lahan Masjid Islamic Center Mataram mencampai 7,6 hektar, bangunan utama Masjid menempati area 3,6 hektar, sisanya untuk fasilitas penunjang Masjid, serta untuk lahan parkir dalam menampung 200 kendaraan roda 4 termasuk juga bus pariwisata dan 2.000 kendaraan roda 2.

3. Sekretariat Islamic Center

Masjid Islamic Center Mataram memiliki sektretariatan sebagai pusat infomasi seputar Masjid yang meliputi sejarah pembangunan Masjid, luas lahan Masjid, fasilitas penunjang Masjid, kegiatan yang diadakan di Masjid, peminjangan fasilitas Masjid untuk kegiatan, dan informasi lainnya seputar Masjid.

4. Kubah dan Menara 99

Bagian Kubah Masjid Islamic Center Mataram, sumber ig @dzuel_faiz_indigo

Corak kubah Masjid Islamic Center Mataram khas batik suku Nusa Tenggara Barat yaitu suku SaSaMbo (Sasak, Samawa, dan Mbojo) yang merupakan 3 suku terbesar di propinsi tersebut. Selain itu juga, Masjid ini memiliki menara  dengan tinggi 99 meter, kenapa menera tersebut hanya setinggi 99 meter bukan 100 meter ? Jawabanya, karena 99 meter itu memiliki makna yaitu 99 Asma’ul Husna, Asma’ul Husna mengacu pada nama-nama, sebutan, gelar, hinga sifat-sifat Allah SWT, yang mana nama-nama tersebut juga sangat indah dan baik.

5. Kuliner dan Cendramata khas NTB

Bagi wisatawan yang ingin mencari kuliner saat mengunjungi Masjid Islamic Center Mataram dapat menikmati wisata kuliner yang berlokasi sekitar Masjid dengan harga bervariasi. Tersedia juga cendramata khas NTB yang berada sekitar Masjid dan yang tidak ketinggalan yaitu oleh-oleh makanan dan minuman khas Nusa Tenggara Barat di Lombok untuk dibawa pulang buat keluarga di rumah.

6. Fasilitas Lain

Fasilitas lain sebagai penunjang kegiatan di Masjid Islamic Center Mataram yaitu tersedianya Ballroom, area pendidikan, area pengkajian, area komersial, area hotel syariah, dan lift untuk menuju ke puncak menara 99 Masjid.

Fasilitas yang ada di Masjid Islamic Center Mataram ada beberapa yang terbuka untuk umum dan ada beberapa yang dikhusus untuk umat Islam, salah satu bagian yang khusus untuk umat Islam yaitu bagian dalam Masjid yang digunakan untuk melaksanakan Sholat, membaca Al-Qur’an, dan kegiatan Islam lainnya.

Demikianlah beberapa penjelasan tentang informasi seputar fasilitas yang ada di Masjid Islamic Center Mataram semoga dengan berkunjung ke Masjid ini maka wisatawan mendapatkan Manfaat Wisata Religi, yang tententunya dapat menjadi ilmu yang bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Bagi wisatawan yang datang dengan keluarga atau rombongan dan ingin berkunjung ke Masjid Islamic Center Mataram tetapi belum ada kendaraan maka dapat mengunjungi laman kami mobillombok.com untuk melakukan pemesanan kendaraan. Tentunya mobillombok.com akan memberikan pelayanan yang baik dan informasi yang jelas seputar harga penyewaan, fasilitas yang disediakan, dan kapasitas mobil yang akan disewa.

Review

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Komentar belum ada

Jika Anda Berkenan Tuliskan Komentar

Email anda tidak akan disebar luaskan. Kolom berbintang (*) wajib anda isi.

Komentar yang ingin anda berikan*Nama Anda*Isikan email Anda*Website anda saat ini

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.