Beranda » Wisata Lombok » Wisata Kuliner Di Lombok Yang Tak Boleh Terlewatkan

Jalan-jalan tanpa makan-makan seperti bumbu tanpa Garam. Apalagi jika Anda jalan-jalan ke pulau Lombok, belum lengkap jika tidak mencicipi berbagai macam kuliner Lombok yang siap memanjakan lidah Anda. Selain terkenal dengan wisata pantainya, Pulau Lombok juga terkenal dengan wisata kulinernya lho! Berbagai macam wisata kuliner di Lombok merupakan makanan yang harus Anda cicipi selama liburan disana! Dan tak boleh terlewatkan ya?

Makanan khas Pulau Lombok terkenal dengan ciri khas rasa pedas, karena kebanyakan Masyarakat di lombok menjadikan cabe Rawit sebagai bahan dasar setiap sajian masakan mereka. Jadi jangan hanya mampir ke obyek wisata terkenal Lombok seperti pantai Senggigi saja ya? Berpetualanglah mencari makanan “mak nyuss” di Lombok lainnya.

Wisata Kuliner Di Lombok Yang Tak Boleh Terlewatkan

List atau daftar makanan khas Lombok yang kami sebutkan disini hanyalah beberapa saja. Masih ada banyak ragam jenis makanan yang mampu menggoda selera lidah anda. Silahkan scroll kebawah untuk detail lebih lanjut seputar 7 jenis makannan khas dari pulau Lombok.

1. Sate Bulayak

Sate bulayak adalah makanan khas Pulau Lombok yang terdiri dari sate dan bulayak. Bulayak memiliki tekstur seperti ketupat, tetapi dengan bentuk bulat memanjang. Keunikannya adalah bungkus bulayak bukan dari daun pisang atau daun kelapa melainkan dari daun aren. Sate biasanya menggunakan bumbu kacang, tetapi sate bulayak menggunakan bumbu khusus yang dimasak dengan campuran santan kental dan kemiri, inilah yang menjadi khasnya sate bulayak. Sate bulayak dapat anda temukan di sepanjang jalan Udayana kota Mataram, di Taman Hutan Suranadi Lombok Barat, di Pantai Senggigi Lombok Barat.

Sate Bulayak Lombok, sumber ig @abd.d.n

Sate Bulayak Lombok, sumber ig @abd.d.n

2. Plecing Kangkung

Pelecing adalah makanan khas masyarakat Lombok yang terbuat dari kangkung khas Lombok. Berbeda dengan kangkung Jawa, Kangkung Lombok memiliki tekstur yang agak besar. Cara pembuatan pelecing sendiri dengan merebus kangkung hingga matang dan di suir-suir memanjang. Setelah itu dicampur dengan sambal tomat yang pedas. Bumbu sambal tersebut adalah cabe rawit merah, tomat, garam, penyedap, terasi Lombok, dan perasan jeruk purut. Rasa terasi Lombok yang membuat rasa sambal pelecing sangat nikmat disantap bersama nasi putih. Hampir sebagian besar rumah makan di Pulau Lombok menyediakan menu ini. Tapi untuk wilayah kota Mataram anda bisa mencoba pelecing di Jalan Majapahit.

Plecing Kangkung dari Lombok, sumber ig @myhalal_itinerary

Plecing Kangkung dari Lombok, sumber ig @myhalal_itinerary

3. Nasi Puyung

Nasi puyung yang terletak di desa Puyung kabupaten Lombok Tengah ini merupakan nasi campur dengan kekhasan rasa pedas level tinggi. Satu porsi nasi puyung terdiri dari nasi putih, sambal daging, biji kedelai goreng, kentang goreng kremes, dan sambal. Keunikan rasanya terletak pada sambal pedas dengan bumbu khas suku sasak. Tenang, walaupun nasi puyung ini hanya berada di lombok tengah dan Anda tidak sempat ke sana, anda tetap bisa menikmatinya di warung nasi puyung yang ada di depan Bandara Internasional Lombok!

4. Kelaq Batih

Kuliner khas Lombok satu ini sudah jarang ditemukan di restoran atau rumah makan di Pulau Lombok. Bahan utama kelaq batih adalah biji buncis yang sudah tua dicampur dengan daun singkong muda. Kekhasan rasa dari kelaq batih terletak pada bumbu rempah-rempah yang digunakan atau kalau dalam bahasa sasak disebut ragi beleq yang terdiri dari merica, ketumbar, jahe,lengkuas, sedikit kencur, cengkeh, cabe merah, bawang merah, bawang putih, terasi, garam, dan penyedap (opsional).

Cara memasak kelaq batih cukup gampang yaitu dengan merebus biji buncis yang sudah tua sampai empuk. Masukkan bumbu yang terlebih dahulu sudah ditumis. Menumis bumbu sebaiknya menggunakan minyak kelapa agar aroma dan rasanya lebih sedap. Selanjutnya masukkan daun singkong. Tunggu hingga daun singkong matang, lalu hidangkan bersama nasi hangat.

5. Ayam Taliwang

Ayam taliwang adalah ayam utuh yang dilumuri bumbu khas kemudian dibakar atau digoreng. Makanan ini juga salah satu kuliner lombok yang sudah sangat terkenal lho! Ada banyak restoran ayam taliwang yang bisa anda temukan terutama di sepanjang jalan wilayah sayang-sayang kota Mataram. Bisa dibilang, banyaknya pilihan kuliner Lombok yang enak menjadi salah satu faktor pendorong majunya wisata Lombok menurut hemat kami.

Ayam Taliwang Pak Udin Mataram Lombok, sumber ig @ayumustika19

Ayam Taliwang Pak Udin Mataram Lombok, sumber ig @ayumustika19

6. Nasi Sukaraja

Nasi sukaraja adalah nasi campur yang hanya bisa ditemukan di desa Sukaraja, Ampenan, kota Mataram. Satu porsi nasi sukaraja ini terdiri dari berbagai macam lauk yang bisa anda pilih. Menu khas suku sasak yang membedakan adalah campuran olah-olah. Olah-olah merupakan sayuran yang dimasak dengan bumbu khusus dan dikasih santan kental.

Nasi sukaraja adalah makanan yang sangat disukai oleh warga Lombok karena masih mempertahankan cara memasak tradisional, yaitu dengan menggunakan tungku tanah dan kayu bakar. Cara masak tersebut sangat mempengaruhi rasa dan aroma masakan.

7. Sate Tanjung

Sate tanjung merupakan sate ikan dengan rasa yang sangat nikmat. Bumbu yang digunakan adalah bumbu khas dengan rasa pedas manis. Sate ini disajikan bersama lontong, urap sayur atau pelecing kangkung. Uniknya adalah letak penyajiannya, yaitu diatas opak yang terbuat dari singkong. Sate ini bisa Anda temukan di daerah tanjung, Lombok Utara.

Sate Tanjung Lombok, sumber ig @yoggaprawiranta

Sate Tanjung Lombok, sumber ig @yoggaprawiranta

Nah, semoga bisa bermanfaat ya untuk segenap pembaca semua. Jika anda memerlukan jasa rental mobil + sopir untuk menuju ke tempat yang menjual salah satu dari jenis masakan khas Lombok tersebut. Silahkan hubungi customer service kami untuk detail lebih lanjut. Kami akan membantu memberikan solusi terbaik kebutuhan transportasi anda dan rombongan. Apakah lebih ekonomis memakai Toyota Hiace atau cukup dengan Avanza. Atau bahkan lebih murah jika dengan medium bus? Terimakasih dan selamat menikmati liburan di pulau Lombok.

Review

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

2 komentar

Jika Anda Berkenan Tuliskan Komentar

Email anda tidak akan disebar luaskan. Kolom berbintang (*) wajib anda isi.

Komentar yang ingin anda berikan*Nama Anda*Isikan email Anda*Website anda saat ini

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.