082 339 443 335 info@mobillombok.com

Lombok memiliki beberapa pantai wisata yang menarik untuk dikunjungi. Namun Pantai Telawas belum begitu menjadi perhatian. Spot wisata Lombok yang sering menjadi favorit biasanya seputar Gili Trawangan dan beberapa spot wisata yang berada di Taman Nasional Gunung Rinjani.

Pantai Telawas tidak terlalu terkenal karena lokasinya yang cukup dari Pusat Kota Mataram Ibukota Nusa Tenggara Barat. Akses menuju ke lokasi wisata yang tidak semulus objek wisata bahari lainnya, kurangnya fasilitas penunjang pantai bagi Wisatawan, ditambah eksplorasi objek wisata ini yang masih kurang dilakukan. Tetapi walaupun demikian, saat Wisatawan berkunjung ke pantai ini akan merasakan suasana yang berbeda dengan pantai lainnya di Pulau Lombok.

Lokasi Pantai Telawas

Tidak seperti Pantai Selong Belanak yang berada di Desa yang sama dengan Pantai ini, tetapi nama Pantai Selong Belanak sudah kesohor lebih dulu dibandingkan dengan spot wisata pantai ini. Jangan heran jika pantai yang satu ini tidak terlalu terkenal, sebab lokasinya memang sangat terpencil, tepatnya berada di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Keindahan Pantai Telawas

Pantai Telawas, sumber ig cendrawa_official
Pantai Telawas, sumber ig @cendrawa_official

Jangan bayangkan pantai ini dihiasi dengan pasir putih yang bisa dijadikan tempat untuk merebahkan diri menikmati siraman sinar mentari dan deburan ombak. Pantai ini menawarkan sensasi yang berbeda bagi wisatawan. Dataran Pantai Telawas didominasi oleh batu-batu karang. Walau masih ada bagian yang berpasir putih, tapi tidak terlalu luas. Tidak khayal jika pantai ini sangat cocok bagi mereka yang memacu adrenalin.

Spot wisata pantai ini memiliki pemandangan yang tidak kalah indahnya dari pantai-pantai yang ada di Lombok. Bahkan tidak jarang banyak Wisatawan saat pertama kali ke pantai telawas merasa jatuh cinta dengan pesona pantai batu karang dan bukit yang mengapitnya. Ditambah lautnya yang berwarna biru dan hempasan ombak yang begitu besar. Maka bisa dibayangkan oleh Wisatawan seperti apa keindahan Pantai yang satu ini.

Mirip Planet Krypton

Beberapa Wisatawan bahkan banyak yang menyebut bahwa Pantai ini mirip seperti Planet Krypton atau rumah figur pahlawan Superman. Memang jika dilihat lebih teliti pantai ini terlihat mirip dengan seperti Planet Krypton atau rumah figur pahlawan Superman. Apalagi jika melihat tebing karang dari jarak yang agak jauh dengan background pemandangan air laut yang biru, hempasan ombak, dan bukit hijau sekitarnya maka akan terlihat secara jelas keindahan bentuk tebingnya yang mirip dengan sebutan Wisatawan tadi.

Bagi Wisatawan yang lemah jantung atau tidak suka dengan tantangan adrenalin, lebih baik jangan mengunjungi Pantai ini. Karena tidak akan cukup melihat keindahan Pantai yang satu ini jika tidak berdiri dari atas tebing. Para Wisatawan yang berkunjung biasanya menjajal nyali mereka dengan berdiri di atas batu karang untuk menikmati cipratan dari ombak yang menyambar. Suara deburan ombak yang menghempas batu karang juga menjadi obat bagi mereka yang galau hati.

Walau punya adrenalin yang tinggi tetapi juga harus berhati-hati karena pantai ini belum memiliki penjaga pantai profesional. Jika air laut sedang pasang, hendaknya tidak perlu berdiri terlalu dekat di bibir pantai. Sekitar tahun 2018 lalu, pantai ini sudah memakan korban yakni korban yang hendak berswafoto hanyut dihajar kerasnya ombak Pantai Telawas.

Pantai Telawas, sumber ig tripzilla.id
Pantai Telawas, sumber ig @tripzilla.id

Spot Foto yang Menarik

Bagi penggemar fotografi, Pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi. Sebab, tebing-tebing karang yang berpadu dengan hempasan ombak dari Samudera Hindia. Ditambah bukit hijau di sekitarnya sehingga menambah keindahan tersendiri bagi Pantai yang satu ini. Jadi tidak jarang banyak fotografi bela-belain ke pantai ini untuk mendapatkan view yang berbeda dengan beragam jenis foto yang mereka ambil.

Wisatawan juga banyak yang mengabadikan momen mereka saat berwisata ke pantai ini dengan berswafoto atau hanya sekedar mengambil gambar tebing karang. Pantai ini tidak terlalu ramai dikunjungi oleh Wisatawan sehingga Wisatawan tidak perlu mengantri dalam mengambil gambar di atas tebing karang yang menjadi spot foto yang menarik.

Three in One Tour

Three in one tour lebih tepatnya disebutkan bagi Wisatawan yang akan berkunjung ke Pantai Telawas. Karena saat berkunjung ke Pantai ini rasanya tidak cukup jika tidak mengunjungi 2 pantai lainnya yang berada di sekitar pantai ini. Biasanya, para Wisatawan banyak yang mengunjungi juga Pantai Semeti dan Pantai Munah setelah atau sebelum mengunjungi pantai ini. Biar bisa merasakan sensasi berwisata ke tiga objek wisata yang berbeda tetapi dengan nuansanya yang sama yakni pantai dengan tebing karang yang indah.

Akomodasi ke Pantai Telawas

Tebing di Pantai Telawas, sumber ig nmarawa
Tebing di Pantai Telawas, sumber ig @nmarawa

Akses menuju ke spot wisata pantai ini dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Jarak tempuh bisa dimulai dari Kota Mataram menuju ke Kecamatan Praya Ibukota Kabupaten Lombok Tengah melalui Jalan Bypass Bandara International Lombok dengan jarak 34,3 km atau waktu tempuh 40 menit menggunakan kendaraan roda empat. Dari Kecamatan Praya menuju ke Pantai ini melalui Jalan Selong Belanak dengan jarak 36,6 km atau waktu tempuh 1 jam menggunakan kendaraan roda empat.

Itu dia beberapa informasi seputar Pantai Telawas yang mungkin bisa Anda jadikan referensi untuk menemukan lokasi yang masih jarang dikunjungi ini. Jangan ragu untuk bertanya pada penduduk setempat untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat.

Simak terus ulasan seputar tempat wisata di Lombok bersama mobillombok.com dan nantikan update terbarunya. Jika terdapat pertanyaan, saran, kritik dan pemesanan rental mobil, silahkan berikan komentar atau hubungi nomor kontak yang terdapat di website kami.