Bagi wisatawan yang suka mendaki gunung, saat mendengar gunung Rinjani tentu bukan hal yang baru lagi, bukan ?. Gunung Rinjani merupakan salah satu dari tiga gunung terbesar di propinsi Nusa Tenggara Barat, dua diantaranya berada di pulau Sumbawa yaitu gunung Tambora tepatnya di perbatasan antara kabupaten Bima dengan kabupaten Dompu, dan gunung Sangeang tepatnya di kecamatan Wera – kabupaten Bima atau ujung timur propinsi Nusa Tenggara Barat.

Rute menuju gunung rinjani dan keindahannya sumber ig @_tiangurning

Gunung Rinjani, sumber ig @_tiangurning

Gunung Rinjani adalah gunung terbesar di pulau Lombok, ketinggian gunung Rinjani setinggi 3.726 meter dari permukaan laut atau 12.224 kaki dan status gunung Rinjani masih aktif sehingga gunung Rinjani sering ditutup oleh pihak pemandu wisata gunung Rinjani untuk sementara waktu jika terjadi cuaca buruk. Walaupun wisatawan yang melakukan pendakian ke gunung Rinjani pada akhir November tahun 2017 sebanyak 79.163 orang atau menurun dibandingkan tahun 2016 sebanyak 93.018 orang menurut Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) tetapi gunung Rinjani masih menjadi primadona bagi para wisatawan yang menyukai pendakian.
Jika wisatawan ingin melakukan pendakian ke gunung Rinjani, bagaimana rute menuju ke gunung Rinjani ? dan apa saja pesona keindahan yang ada di gunung Rinjani ? sehingga wisatawan banyak yang ingin melakukan pendakian ke gunung tertinggi di pulau Lombok ini. Kami akan memberikan informasi kepada anda berikut ini.

Bagaimana rute menuju ke gunung Rinjani ?

Ketika akan melakukan pendakian ke gunung Rinjani khususnya bagi wisatawan yang berasal dari luar pulau Lombok ada dua jalur yang umum dilewati oleh wisatawan yaitu jalur darat dan jalur udara.

1. Terminal Mandalika Mataram – Gunung Rinjani

Bagi wisatawan yang melewati jalur darat diupayakan untuk tujuan akhir ke terminal Mandalika Mataram. Dari terminal Mandalika naik mobil engkel (sejenis elf) menuju pasar Aikmel waktu perjalanan 1 jam. Dari pasar Aikmel menuju Sembalun (lokasi gunung Rinjani) naik mobil pickup dengan waktu perjalanan 2 jam. (Sumber : yudilestari31.com).

2. Bandara Udara International Lombok – Gunung Rinjani

Bagi wisatawan yang melewati jalur udara biasanya tujuan akhir ke bandar udara International Lombok. Dari bandar udara International Lombok menggunakan bus Damri tujuan ke terminal Damri Mataram dengan waktu perjalanan 1 jam. Dari terminal Damri Mataram ke Terminal Mandalika Mataram bisa jalan kaki atau menggunakan taxi dengan waktu perjalanan kurang dari 15 menit. Dari terminal Mandalika Mataram naik mobil engkel (sejenis elf) menuju pasar Aikmel waktu perjalanan 1 jam. Dari pasar Aikmel menuju Sembalun (lokasi gunung Rinjani) naik mobil pickup dengan waktu perjalanan 2 jam. (Sumber : yudilestari31.com).

Apa saja pesona keindahan di gunung Rinjani ?

Wisatawan yang melakukan pendakian ke gunung Rinjani selain ingin menaklukan gunung Rinjani agar mencapai puncak, tujuan lain juga yaitu menikmati keindahan pesona gunung Rinjani yang menyimpan pemandangan alam yang belum tentu dimiliki oleh gunung berapi lainnya di Indonesia, adapun pesona keindahan gunung Rinjani, berikut ini.

1. Danau Segara Anak

Segara anak - salah satu tempat wisata indah di rinjani, sumber ig @cw.ye

Segara Anak, Gunung Rinjani, sumber ig @cw.ye

Gunung Rinjani memiliki Segara Anak dibagian puncak, nama Segara Anak diberikan oleh masyarakat sekitar karena danau Segara Anak terlihat kebiru-biruan seperti air laut. Saat pendaki mencapai puncak gunung Rinjani maka rasa lelah dan letih akan terbuang setelah melihat keindahan danau Segara Anak yang begitu indah.

Baca juga : 3 pantai eksotis di Lombok

2. Pemandian Air Panas

Pemandian air panas di gunung rinjani

Pemandian air panas di Gunung Rinjani, sumber ig @septian.bajaj

Gunung Rinjani juga memiliki pemandian air panas yang begitu indah. Letak pemandian air panas tidak jauh dari danau Segara Anak. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk merendam tubuh bagi pendaki setelah melakukan pendakian ke puncak gunung Rinjani sambil melihat pesona keindahan alam gunung Rinjani.

3. Goa Susu dan Goa Payung Mas

Air panas di goa susu gunung rinjani - sumber ig @tengakarta

Air panas di komplek Gua Susu, sumber ig @tengakarta

Selain memiliki Segara Anak dan pemandian air panas, gunung Rinjani juga memiliki goa susu dan goa payung mas yang tentu akan membuat mata pendakian terhibur dan pendakian akan terasa lebih lengkap karena dapat menikmati tiga keindahan alam sekaligus dalam satu gunung.

Tiga pesona keindahan alam yang dimiliki oleh gunung Rinjani belum tentu dimiliki oleh semua gunung berapi di seluruh Indonesia sehingga wajar jika banyak wisatawan yang melakukan pendakian ke gunung Rinjani Karena selain dapat menaklukan puncak gunung Rinjani, wisatawan dapat menikmati juga pesona keindahan gunung Rinjani.

Bagi wisatawan yang akan melakukan pendakian ke gunung Rinjani terutama bagi wisatawan dengan jumlah banyak dan tidak memiliki kendaraan pribadi serta membawa perlengapan dalam jumlah banyak, alangkah baiknya melakukan sewa kendaran melalui jasa rental selama di Lombok karena akan lebih mudah bagi wisatawan untuk menuju ke lokasi gunung Rinjani dengan dipandu langsung oleh sopir.