082 339 443 335 info@mobillombok.com

Gili Tangkong adalah salah satu diantara pulau kecil yang jarang terdengar di Lombok. Lombok terkenal dengan destinasi wisata baharinya sebagaimana Bali dan Labuan Bajo. Di sini terdapat banyak pantai Lombok yang mempesona. Bukan hanya itu, terdapat pula Taman Nasional Gunung Rinjani dengan berbagai spot menarik lainnya seperti air terjun. Desa wisata pun turut menjadi target para wisatawan di Lombok.

Gili adalah salah satu spot wisata yang memberikan pengalaman yang berbeda. Karena merupakan sebuah pulau kecil dengan keindahan pantai serta dikelilingi lautan. Pulau kecil ini bahkan menarik bagi para wisatawan mancanegara yang ingin menikmati suasana pantai yang alami. Karena luasnya tidak sebesar pulau pada umumnya, pulau kecil ini memberikan sensasi seperti berada di private island.

Terdapat tiga Gili yang paling terkenal di Lombok yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Namun sebenarnya masih terdapat lagi yang lainnya. Salah satunya adalah Gili Tangkong. Jika di Trawangan, Meno dan Air sudah populer dengan berbagai pesonanya, Gili Tangkong belum sering terdengar. Nah, seperti apa keindahannya? Simak informasi berikut ini.

Pesona Gili Tangkong

Gili Tangkong, sumber ig clarashinta
Gili Tangkong, sumber ig @clarashinta

Gili Tangkong berada di Kecamatan Sekotong, Lombok bagian Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Wilayahnya hanya 28 hektar dibandingkan luas Pulau, sehingga menjadi tempat di tengah lautan yang eksotis dan mempesona. Pantai Gili Tangkong menjadi tempat atraktif dikunjungi.

Tempat ini cocok bagi siapa saja yang ingin rehat sejenak dari keramaian dan padatnya aktivitas. Karena pulau kecil yang satu ini masih sangat jarang dikunjungi terutama oleh wisatawan asing. Tidak sebagaimana Gili Trawangan yang ramai dan memiliki berbagai kesibukan di siang dan malam harinya dengan aktivitas hiburan bagi para wisatawan.

Suasana di spot wisata ini masih alami. Tempat-tempat yang ada di pulau kecil ini masih bersih seperti pantainya yang terlihat masih alami. Tidak banyak aktivitas wisata yang membuat pemandangan menjadi ramai. Karena itu, Gili Tangkong disebut sebagai salah satu pulau yang masih perawan.

Di sini, terdapat beberapa aktivitas yang bisa dinikmati. Salah satunya adalah snorkeling. Snorkeling menjadi salah satu aktivitas pilihan karena alam bawah laut di pantainya yang masih bagus. Terumbu karang yang terdapat disekitar lautnya masih subur dan tidak rusak. Terdapat juga berbagai ikan laut seperti clown fish dan tiger fish yang berwarna warni mencolok menghiasi pemandangan bawah lautnya.

Selain snorkeling, Anda bisa menikmati pesona pulau kecil ini dengan menyusurinya, menikmati pantainya dan camping. Gili di Lombok ini cocok bagi wisatawan yang ingin mencari ketenangan dengan suasana pantai yang eksotis.

Lokasi

Tangkong berada diantara beberapa tempat yang juga biasa dijadikan obyek wisata seperti Gili Kedis, Gili Sudak, Gua Landak dan Makam Keramat dan Gili Nanggu. Obyek wisata ini dilewati saat menyebrang menuju ke Tangkong. Namun akses menuju lokasi memang masih jarang karena lokasi ini tidak banyak diakses orang.

Gili Tangkong, sumber ig fabiankiby
Gili Tangkong, sumber ig @fabiankiby

Dari Mataram, untuk menunju lokasi bisa menggunakan angkutan umum menuju pelabuhan Lembar. Namun angkutan umum ini juga masih jarang, sehingga bisa menggunakan rental mobil Lombok atau memesan layanan paket wisata Lombok untuk memudahkan perjalanan wisata Anda. Rute yang ditempuh adalah Mataram – Dasan Cermen – Rumak – Gerung – Lembar, dengan jarak sekitar 25 km. Jika menggunakan layanan paket wisata, tentu Anda tidak perlu repot menghafal lokasi rutenya.

Setelah berada di Pelabuhan Lembar, Anda akan berlayar melalui pelabuhan barang 500 meter ke arah timur menunju Tangkong. Untuk penyeberangan, terdapat layanan sewa perahu dengan kapasitas 6 orang. Biaya untuk pulang pergi menuju pulau kecil ini sekitar Rp. 400.000.

Saat berada di perjalanan, Anda bisa meminta awak kapal untuk singgah di beberapa tempat seperti salah satunya adalah Gili Sudak. Saat singgah, Anda bisa sejenak menikmati pemandangannnya dan berfoto di tempat singgah ini. Aktivitas ini bisa menjadi alternatif untuk menikmati perjalanan Anda.

Pilihan jalur menuju ke obyek wisata ini yang lainnya adalah melewati pelabuhan Mawun. Pelabuhan Mawun lokasinya lebih jauh dibandingkan dengan Pelabuhan Lembar. Sehingga untuk menyeberang melalui pelabuhan ini Anda juga perlu menyewa perahu motor dengan harga dan kapasitas yang relatif sama.

Spot Menarik di Sekitar Tangkong

Pantai di Gili Tangkong, sumber ig lombokfriendly
Pantai di Gili Tangkong, sumber ig @lombokfriendly

Beberapa layanan paket wisata sebenarnya memang menawarkan bukan hanya sekedar untuk mengujungi Tangkong, tetapi juga tiga tempat eksotis lainnya. Tiga tempat ini antara lain Gili Kedis, Gili Sudak dan Gili Nanggu. Ketiga tempat ini memang berada di sekitar lokasi dan sayang sekali untuk tidak disinggahi.

Diantara keempat spot wisata Gili di Lombok ini, hanya Gili Nanggu dan Gili Sudak saja yang memiliki fasilitas penginapan. Karena memang keempatnya masih jarang untuk dikunjungi, tidak seperti Meno, Trawangan dan Air yang sudah ramai dan dilengkapi berbagai tempat menginap serta tempat hiburan.

Jadi, mengunjungi Tangkong, Kedis, Sudak dan Nanggu sering dilakukan bagi wisatawan yang ingin sejenak beristirahat dari keramaian tetapi tetap bisa menikmati keindahan wisata Lombok yang luar biasa. Spot ini juga menarik untuk aktivitas snorkeling dan diving. Agar lebih aman, lakukan snorkeling dan diving bersama dengan instruktur melalui layanan paket snorkeling dan diving. Seperti halnya di gili Trawangan anda bisa membeli paket snorkeling Gili Trawangan, di Gili Tangkong pun anda bisa membeli paket snorkeling.

Itu dia berbagai informasi menarik seputar Gili Tangkong untuk Anda. Carilah informasi lebih banyak lagi seputar wisata Lombok di halaman mobillombok.com. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi wisata Anda. Jika terdapat pertanyaan, saran dan kritik, berikanlah di kolom komentar yang tersedia.

WhatsApp chat