Beranda » Wisata Lombok » Wisata Alam, Hutan Lindung Sesaot Lombok

Berwisata ke pulau Lombok memang menjadi incaran bagi wisatawan, tidak terkecuali termasuk anda yang membaca artikel ini. Wisata di pulau Lombok memang cukup banyak, dari wisata alam, wisata sejarah, wisata bahari, hingga wisata gunung. Tetapi kebayang gak sih ? Kalau anda mencoba hal lain dari wisata Lombok yakni berwisata alam ke Hutan Lindung Sesaot, tentu saat anda berwisata ke tempat yang satu ini akan merasakan hal yang berbeda.

Hutan Lindung Sesaot merupakan kawasan hutan yang masih asri dan alami dengan luas hutan sekitar 5.999,2 hektar. Hutan Lindung Sesaot dibagi dalam dua bagian yaitu 2.579.65 hektar atau 43% dari luas wilayah hutan merupakan hutan buatan, sedangkan 3.419,54 hektar atau 57% merupakan hutan alami.

Hutan Lindung Sesaot

Lokasi Wisata

Secara administratif Hutan Lindung Sesaot termasuk dalam kawasan Dusun Aik Nyet, Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Keindahan Alam

Sungai Aiq Nyet

Salah satu keindahan yang dimiliki oleh wisata yang satu ini yakni di tengah-tengah hutan terdapat Sungai Aiq Nyet dengan batu kali besar. Mata air sungai berasal dari Gunung Rinjani sehingga membuat air sungai di hutan ini menjadi lebih jernih, dingin, dan segar. Bagi anda yang suka bermain air, sungai ini menjadi salah satu tempat yang tepat untuk mencoba keinginan tersebut. Anda dapat bermain air di sungai ini sambil menikmati suasana keindahan hutan yang masih alami. Selain itu anda dapat menjelajahi kawasan hutan lindung dan mengabadikan foto atau video dengan view hutan yang cukup bagus sehingga menambah kesan wisata menjadi lebih menyenangkan.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang Tersedia

Bagi anda yang tertarik berwisata ke tempat ini, ada beberapa fasilitas yang dapat anda manfaatkan seperti mendirikan tenda untuk kemping atau kemah, rumah pohon dan gazebo untuk bersantai, fasilitas outbond, jasa penyewaan pelampung, jajanan kuliner khas Lombok, dan fasilitas penunjang lainnya.

Akomodasi

Bagi anda yang penasaran dengan keindahan Hutan Lindung Sesaot dapat memanfaatkan jasa transportasi sebagai berikut :

Jalur Udara – Jalur Darat

Ketika anda datang ke pulau Lombok melalui jalur udara maka tujuan akhir ke Bandar Udara International Lombok. Saat di bandar udara anda dapat memanfaatkan jasa transportasi umum yakni bus Damri yang telah tersedia di Bandar Udara menuju ke Terminal Damri Bertais Kota Mataram dengan jarak tempuh 32 km. Dari Terminal Damri menggunakan taksi menuju ke wisata Hutan Lindung Sesaot dengan jarak tempuh 22,4 km.

Jalur Laut – Jalur Darat

Jika anda melalui jalur laut ada dua pilihan yang bisa anda tempuh yakni :

  1. Melalui pelabuhan Lembar, pelabuhan ini merupakan penghubung antara pulau Lombok dengan Bali. Dibutuhkan sekitar 5 jam dari pelabuhan Padang Bae Bali menuju pelabuhan Lembar Lombok Barat. Dari pelabuhan Lembar anda bisa menggunkan jasa taxi, sewa mobil, atau menggunakan jasa angkutan umum ke Terminal Mandalika Bertais Kota Mataram dengan jarak tempuh 22,5 km. Dari terminal ini naik bus atau taxi menuju ke wisata Hutan Lindung Sesaot dengan jarak tempuh 22,4 km.
  2. Melalui pelabuhan Kayangan, pelabuhan ini merupakan penghubung antara pulau Lombok dengan pulau Sumbawa. Dibutuhkan sekitar 2 jam dari pelabuhan Poto Tano Alas Sumbawa menuju pelabuhan Kayangan Lombok Timur. Dari pelabuhan Kayangan anda bisa menggunkan jasa taxi, sewa mobil, atau menggunakan jasa angkutan umum ke Terminal Mandalika Bertais Kota Mataram dengan jarak tempuh 72,1 km. Dari terminal ini naik bus atau taxi menuju ke wisata Hutan Lindung Sesaot dengan jarak tempuh 22,4 km.

Jalan Setapak di Hutan Lindung Sesaot

Bagi anda yang tidak mau repot karena harus gonta-ganti kendaraan maka dapat memanfaatkan jasa penjemputan travel agent yang ada di pulau Lombok salah satunya mobillombok.com. Melalui jasa mobillombok.com anda tidak hanya berwisata ke Hutan Lindung Sesoat tetapi juga wisata lain yang ada di pulau Lombok sesuai keinginan anda.

Review

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Komentar belum ada

Jika Anda Berkenan Tuliskan Komentar

Email anda tidak akan disebar luaskan. Kolom berbintang (*) wajib anda isi.

Komentar yang ingin anda berikan*Nama Anda*Isikan email Anda*Website anda saat ini

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.