082 339 443 335 info@mobillombok.com

Objek wisata bahari di Pulau Lombok cukup banyak, saking banyaknya Anda terkadang bingung ingin memilih objek wisata mana yang akan Anda kunjungi. Dari keindahan pantai, ombak, hingga kekayaan bawah lautnya membuat Anda ingin berlama-lama di Pulau Lombok. Sehingga tidak heran banyak wisatawan lokal maupun mancanegara memilih Pulau Lombok menjadi destinasi wisata.

Dari sekian banyaknya wisata bahari di Pulau Lombok, mungkin objek Wisata Bahari Gili Nanggu mungkin tidak terlalu asing bagi Anda tetapi bagaimana dengan nama Gili Petelu ? tentu cukup asing terdengar ditelinga anda bukan ? padahal keindahan Gili Petelu tidak kalah bagusnya dengan beberapa gili lainnya di Pulau Lombok.

Lokasi Gili Petelu

Secara administrasi Gili Petelu termasuk dalam wilayah di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Pink (Pink Beach).

Asal Nama Gili Petelu

Dinamakan Gili Petelu karena di pulau ini terdapat tiga gugusan bukit kecil, telu berarti tiga dalam bahasa sasak. Nah, mungkin gara-gara di sini terdapat tiga gugusan bukit kecil sehingga dinamakan Gili Petelu.

Keindahan Gili Petelu

Gili ini tidak nampak sesuatu yang spesial, terlihat biasa saja, walau sebenarnya gili ini letaknya sangat berdekatan dengan sebuah bukit kecil disampingnya. Dimana saat air laut surut, maka antara Gili Petelu dan bukit kecil ini akan muncul jalur jalan berpasir yang memisahkan kedua lokasi ini. Sebenarnya Gili Petelu ini menyatu dengan bukit kecil disampingnya, hanya saja akan tampak terpisah jika air laut sedang pasang, karena jalan berpasirnya bisa tenggelam ditelan air laut.

Tetapi yang membuat wisatawan berkunjung ke Gili Petelu karena berbentuk pulau karang dengan kontur berbukit yang luasnya tidak terlalu besar namun memiliki view yang sangat indah dan mempesona jika dilihat dari atas bukit. Ditambah pantai dengan pasir seperti merica yang berwarna putih bersih dan air laut yang bening berwarna biru yang ombaknya cukup tenang.

Selain itu, pemandangan bawah laut dengan biota-biota laut yang sangat cantik dan menakjubkan, segerombolan terumbu karang berwarna hijau terang, bintang laut besar berwarna biru, dan bagi Anda yang beruntung bisa menjumpai ikan nemo di sini.

Spot Snorkeling

Gili Peletu cocok bagi Anda yang menyukai kegiatan Snorkeling. Saat Anda mendekati Gili ini, Anda akan tergiur untuk segera menyelam karena airnya berwarna hijau tosca nan bening, menyuguhkan dengan jelas pemandangan bawah lautnya dan terumbu karangnya yang warna warni, ada warna hijau, merah, biru, ungu, bahkan kuning juga ada. Terumbu karang yang menghadirkan indahnya pemandangan taman laut dengan para ikan-ikan penghuninya yang juga berwarna warni sehingga membuat Anda takjub dengan keindahan bawah laut Gili Peletu.

Akses Menuju Gili Petelu

Untuk menuju ke Gili Petelu Anda terlebih dahulu harus menuju Pink Beach, jarak tempuh Pink Beach dari Selong, Ibu Kota Kabupaten Lombok Timur sekitar 1 jam 30 menit menggunakan kendaraan roda empat atau dapat menyewa mobillombok.com. Dari pantai Pink Beach anda dapat menyewa perahu nelayan yang akan mengantar wisatawan keliling Pink Beach, yang salah satunya menuju Gili Petelu.