082 339 443 335 info@mobillombok.com

Berwisata di Lombok tidak lepas dari daya tarik utamanya yaitu keindahan bahari. Banyak pantai yang dapat dinikmati termasuk gili. Gili adalah pulau kecil yang berada ditengah laut. Pulau kecil ini bisa dikunjungi layaknya “private island”. Yang paling terkenal adalah Gili Trawangan. Besarnya hampir seperti stadion yang bisa dikelilingi sembari berlari kecil. Namun kali ini kita akan membahas Gili Pasir.

Gili adalah salah satu spot wisata yang banyak diincar saat berkunjung ke Lombok. Karena pulau kecil ini memilki banyak keindahan terutama pesona wisata pantainya. Gili Trawangan adalah salah satu yang favorit dengan keunikan pemukimannya. Terdapat pemukiman penduduk dengan cara hidup yang unik, yaitu tidak menggunakan kendaraan bermotor sama sekali. Sehingga bagi para wisatawan jika ingin berkeliling bisa berjalan kaki, menggunakan sepeda atau menggunakan kendaraan yang ditarik oleh kuda.

Berbeda dengan Gili Trawangan, Gili Pasir belum begitu banyak diketahui. Meskipun begitu, spot wisata ini juga telah dikunjungi banyak orang dan beberapa gambarnya menghiasi media sosial. Apa saja keunikan dan pesona yang dapat ditemukan di Gili Pasir? Simak ulasannya berikut ini.

Pesona Gili Pasir

Jika Gili Trawangan begitu ramai dengan para wisatawan, terutama pada musim liburan. Bahkan wisatawan mancanegara ramai mengunjungi pulau kecil ini untuk menikmati keindahan pantai dan terik matahari yang jarang didapatkan oleh mereka di negara asalnya karena bercuaca dingin. Cobalah Gili Pasir. Di sini terdapat suasana yang berbeda dan pasti keindahannya juga berbeda.

Gili Pasir, sumber ig explore_bareng_official
Gili Pasir, sumber ig @explore_bareng_official

Tidak sebagaimana Gili Trawangan yang dapat ditinggali, Gili Pasir adalah gundukan pasir putih. Gundukan pasir putih ini hanya bisa dikunjungi menggunakan kapal saat air sedang surut. Karena saat volume air laut rendah, Gili Pasir akan muncul. Ukurannya hanya seperti beberapa petak sawah saja. Tetapi spot wisata ini jarang bisa ditemukan ditempat lainnya.

Yang juga paling sering dilakukan oleh para wisatawan saat mengunjungi Gili, misalnya Gili Trawangan adalah snorkeling. Karena keindahan biota laut yang ada begitu mempesona di spot snorkeling Lombok ini. Sebenarnya di Gili Pasir, aktivitas ini juga asyik untuk dinikmati. Tetapi hewan bulu babi begitu banyak sehingga sangat berbahaya untuk melakukannya. Sehingga tidak dibolehkan untuk bersnorkeling di lokasi ini.

Saat air telah surut dan pulau pasir ini tampak, maka akan bertaburan bintang laut diatasnya. Kapan lagi bisa menemukan keunikan ini. Sehingga siapapun yang berkunjung ke sini pasti memanfaatkan momen dengan berfoto memegang bintang laut. Pemandangan dari sudut pulau pasir ini juga mempesona untuk dijadikan latar foto.

Meskipun permukaan pulau pasir yang timbul saat air pantai surut hanya sebesar beberapa petak sawah saja, namun masih terdapat juga gundukan berair dangkal disekitarnya yang agak tenggelam. Sehingga para wisatawan yang berjalan pada gundukan pasir yang airnya dangkal ini terlihat seperti sedang berjalan diatas air.

Bintang Laut di Gili Pasir, sumber ig laurainges08
Bintang Laut di Gili Pasir, sumber ig @laurainges08

Lokasi ini tidak bisa dijadikan spot piknik. Para wisatawan hanya singgah menggunakan perahu dari pulau besar yang ada disekitarnya dan menikmati pantai dan beraktivitas sebatas yang bisa dilakukan ditempat ini yaitu bermain pasir, bermain air dan berswafoto. Spot ini juga terkadang dijadikan lokasi foto prewedding.

Lokasi Gili Pasir

Spot wisata ini berada di Desa Tanjung Luar, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sebenarnya bukan hanya Gili Pasir, terdapat beberapa lainnya yang serupa dan tidak berpenghuni seperti Gili Kere, Gili Kambing, Gili Sunut, dan Gili Petelu. Hanya ada satu Gili yang berpenghuni yaitu Gili Maringkik.

Untuk menuju ke lokasi biasanya wisatawan berangkat dari pelabuhan yang terdapat di Desa Tanjung Luar. Di sini hanya ada transportasi berupa perahu karena memang bukan pulau yang besar. Dengan menggunakan perahu, perjalanan menuju spot wisata ini ditempuh dalam waktu hanya sekitar 15 menit. Saat berjalan menggunakan perahu, karena jernihnya air laut, tampak berbagai biota laut yang mempesona.

Tips Berwisata di Gili Pasir

Gili Pasir, sumber ig kytermc
Gili Pasir, sumber ig @kytermc

Lokasi ini hanya berupa tempat singgah, tidak sebagaimana area wisata yang besar dengan fasilitas seperti tempat duduk apalagi toilet dan tempat makan. Hanya ada area pasir putih yang dikelilingi genangan air laut yang jernih. Maka, agar nyaman dan menikmati sensasi berwisata dengan maksimal berikut beberapa tips berwisata di sini:

1. Tidak membawa banyak barang

Lokasi ini hanya berupa tempat singgah selayaknya kita mengunjungi kolam berenang. Tidak bisa begitu ramai dikunjungi karena areanya yang tidak luas. Begitu juga tidak ada tempat untuk meletakkan barang karena khawatir akan terendam air dan terbawa arus laut.

2. Menjaga barang elektronik seperti kamera atau handphone

Karena menjadi spot foto, tentu saja barang elektronik yang rentan rusak apabila terkena air tetap berusaha dibawa seperti kamera dan handphone. Maka barang ini harus dijaga seperti menggunakan penutup atau pembungkus yang tahan air. Karena mengunjungi tempat ini tanpa berfoto memang sayang sekali.

Gili Pasir, sumber ig barli8js
Gili Pasir, sumber ig @barli8js

3. Berhati-hati terhadap hewan laut yang berbahaya

Di lokasi ini, meskipun airnya jernih dan biota laut yang tampak dari atas begitu mengagumkan, namun dilarang untuk bersnorkeling. Karena terdapat hewan bulu babi yang berbahaya. Nah, meskipun hanya berjalan diatas pasirnya, tetap harus waspada terhadap hewan-hewan laut serupa yang juga mungkin berbahaya. Jangan langsung menyentuh benda atau hewan yang belum pernah diketahui sebelumnya.

4. Datang saat musim panas

Lokasi ini hanya bisa dinikmati saat cuaca cerah dan terik. Sehingga mengunjunginya saat hujan sangat tidak tepat. Mengenai air laut yang pasang surut sebenarnya tidak terlalu berhubungan dengan musim. Meskipun hanya saat musim panas dan air sedang surut saja pulau ini dapat dinikmati.

Itu dia ulasan seputar Gili Pasir yang berhasil dirangkum tim mobillombok.com. Semoga ulasan ini bisa menjadi referensi kecil Anda saat berwisata ke spot wisata ini. Simak juga berbagai ulasan wisata Lombok yang menarik lainnya di halaman ini.