082 339 443 335 info@mobillombok.com

Spot wisata Gili menjadi salah satu yang favorit di Lombok. Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air ada yang paling populer. Meskipun begitu, masih terdapat Gili lainnya yang bisa dikunjungi di Lombok. Apa sih sebenarnya Gili?

Jika tidak mengenal pulau sebagai tempat bermukim, Gili adalah sebutan untuk pulau-pulau kecil. Luas dan jumlah penduduknya tidak sebagaimana pulau yang memiliki perkotaan. Namun, Gili di Lombok ini menjadi tempat yang dikunjungi di saat para wisatawan ingin melihat pesona laut dari dekat dan ingin merasakan suasana yang lebih tenang.

Lombok adalah Kota yang berada di Nusa Tenggara Barat. Pulau ini memiliki banyak pulau-pulau kecil di sekitarnya yang dimanfaatkan untuk pariwisata. Sebagai daerah tujuan wisata yang populer dengan jenis wisata bahari, keberadaan Gili menjadi daya tarik yang bahkan bisa mendatangkan para wisatawan mancanegara ke Pulau Lombok.

Gili Air

Diantara banyak pulau kecil, Gili Trawangan, Gili Meno termasuk Gili Air adalah yang paling besar. Nah, Gili Air juga lebih padat dibandingkan dengan Gili Trawangan dan Gili Meno. Jumlah penduduknya lebih ramai dibandingkan dengan Gili lainnya. Namun, meskipun lebih ramai secara jumlah, suasana di Gili Air tetap tenang.

Pantai di Gili Air, sumber ig esteer_martin
Pantai di Gili Air, sumber ig @esteer_martin

Kehidupan di Gili memang terbilang khas. Seperti di Trawangan misalnya, tidak ada kendaraan bermotor. Memang penduduk sekitar menyepakati untuk tidak menggunakannya. Sehingga saat berwisata, para pengunjung bisa berjalan atau memanfaatkan kendaraan tradisional yang bertenaga kuda.

Kembali kepada topik Gili Air, spot ini disebut juga “Tengah Aik” yang bermakna tengah laut. Keberadaannya di bagian paling timur yang paling dekat dengan Pulau Lombok. Diantara spot serupa lainnya, yang paling padat wisatawan biasanya Gili Trawangan. Sehingga spot ini masih lebih baik bagi pengunjung yang ingin suasana tenang dan tidak ramai.

Penduduk asli pulau kecil ini terdiri dari Suku Bugis dan Suku Sasak. Secara keseluruhan, Lombok didominasi oleh Suku Sasak. Namun khusus di tempat ini, penduduk aslinya juga terdiri dari Suku Bugis. Tentunya hal ini akan sedikit memberikan perbedaan dari segi adat istiadat dan juga corak bahasanya.

Para wisatawan bukan sekedar dapat menikmati keindahan pantai dan area pemukimannya, tetapi juga alam bawah lautnya. Ya, obyek wisata ini terkenal dengan spot wisata bawah lautnya. Para wisatawan melalui bawah laut dipandu untuk melihat pemandangan spot Kuda Laut, beraneka macam ikan, spot Penyu dan spot lainnya.

Jadi obyek wisata ini bisa menjadi pilihan bagi siapapun yang gemar bersnorkeling di Lombok, atau melakukan diving (menyelam). Terdapat juga tempat bersantai yaitu area tumbuhan mangrove. Jika ingin merasakan sensasi lebih dari ini, para wisatawan juga bisa menyewa sepeda untuk berkeliling Gili yang biasanya cukup ditempuh menggunakan sepeda sudah dapat melihat setiap sudutnya.

Lokasi Obyek Wisata

Spot Penyu di Gili Air, sumber ig dewishintaps
Spot Penyu di Gili Air, sumber ig @dewishintaps

Spot wisata ini berada di Berada di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Untuk bisa sampai ke tempat wisata Gili Air ini maka harus menyeberang melalui pelabuhan Bangsal menggunakan kapal motor (boat) sekitar 25 menit. Karena berada paling dekat dengan Lombok, maka akses menuju obyek ini bisa melalui Pelabuhan Bangsal.

Terdapat boat yang dapat mengantarkan para pengunjung ke lokasi namun harus diperhatikan waktu keberangkatannya. Apabila ketinggalan, tidak perlu khawatir. Pengunjung masih bisa menyewa boat yang tersedia dengan tarif yang lumayan terjangkau.

Untuk sampai ke Pelabuhan Bangsal sebelum menyebrang ke pulau kecil yang mempesona ini, dari pusat Kota bisa ditempuh dengan jarak sekitar 225 km, atau dalam waktu kurang lebih 1 jam menggunakan kendaraan roda empat. Bergantung dengan keramaian lalu lintas.

Saat perjalanan dari Kota menuju ke Pelabuhan Bangsal, tersedia pilihan dua jalur. Jalur pertama adalah jalur yang melewati pegunungan Taman Nasional Gunung Rinjani. Sedangkan jalur kedua langsung berada di pantai melewati sisi garis pantai hingga berada di pelabuhan.

Selain Pelabuhan Bangsal, terdapat juga rute dari Lombok menuju Teluk Nara sebelum menyeberang ke spot wisata tujuan. Dari Teluk Nara dengan kapal cepat, untuk grup bisa menggunakan kapal dengan waktu tempuh hanya sekitar 5 menit. Namun tarif biaya yang perlu dibayarkan cukup tinggi.

Fasilitas Wisata

Pulau kecil ini sebagaimana yang lainnya, relatif memiliki fasilitas yang cukup bagus. Karena pulau kecil ini sering menjadi tujuan destinasi wisata bagi para pengunjung mancanegara. Karenanya, sudah terdapat berbagai kafe, restoran, penginapan, hotel dan tempat ibadah. Termasuk fasilitas untuk menunjuk lokasi melalui transportasi umum atau menggunakan jasa rental mobil di Lombok.

Gili Air, sumber : Blog Kulo
Gili Air, sumber : Blog Kulo

Harga Tiket Masuk

Gili Air memiliki pengelolaan tersendiri. Sehingga para pengunjung perlu membayarkan biaya sebesar Rp. 50.000 untuk masuk ke lokasi. Meskipun begitu, spot ini tetap buka selama 24 jam, sehingga dapat dikunjungi kapan saja.

Informasi Tambahan

Bagi para wisatawan yang mengunjungi Bali, ternyata bisa sekalian mengunjungi pulau kecil ini. Ada beberapa pilihan, bisa dari Benoa, Padangbai, bahkan juga Nusa Lembongan. Waktu tempuh hanya 1,5 hingga 2 jam, tidak sebagaimana lamanya perjalanan transportasi antar provinsi.

Bagi pengunjung yang ingin bersnorkeling dan diving, terdapat pemandu khusus. Tanpa pemandu, para pengunjung tidak bisa menikmati spot bawah laut karena sulit untuk menemukannya. Selain itu, pemandu juga memahami keadaan dan menjaga para pengunjung yang sedang menyelam.

Itu dia ulasan terkait salah satu Gili di Lombok untuk Anda. Semoga dapat memberikan informasi terkait wisata di Lombok.