082 339 443 335 info@mobillombok.com

Gunung Rinjani merupakan salah satu situs taman nasional yang terdapat di Indonesia. Di sini, bukan hanya tersaji panorama keindahan khas pegunungan, namun seluruh satwa dan spot-spot wisata lainnya yang terdapat di Taman Nasional Gunung Rinjani. Ketika anda mendaki Gunung Rinjani secara langsung anda telah memasuki kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yang sarat akan semak belukar dan hutan yang luasnya mencapai 76.000 hektar.

Keindahan Gunung Rinjani berhasil menarik orang untuk datang berkunjung. Tidak cuma pendaki gunung saja yang terhipnotis keindahan Rinjani, mereka yang awam dalam pendakian pun ikut terpesona mengagumi keindahannya. Lebih membanggakan lagi, magnet Gunung Rinjani sanggup menarik banyak turis asing. Mengapa? Simak beberapa faktanya berikut ini.

1. Termasuk dalam Seven Summits

Dengan ketinggian 3.726 mdpl di atas permukaan laut, spot wisata alam ini dinobatkan sebagai gunung tertinggi ketiga di Indonesia. Gunung ini menjadi gunung tertinggi nomor ketiga setelah Gunung Kerinci dan Gunung Cartenz.

Jika berhasil menaklukan puncak Rinjani, anda akan mampu melihat kaki langit yang menjulang tinggi ke atas tanpa batas. Selain itu juga dari puncak Rinjani anda akan mampu melihat pemandangan Gunung Tambora, Gunung Agung, Gunung Batur, dan Lautan lepas .

2. Indahnya danau dalam Gunung Rinjani

Segara anak - salah satu tempat wisata indah di rinjani, sumber ig @cw.ye
Segara Anak, Gunung Rinjani, sumber ig @cw.ye

Siapa sih yang nggak tahu dengan Ranu Kumbolo di Semeru? Danau yang keindahannya mendunia itu menjadi rebutan jutaan mata dan lensa kamera para wisatawan yang melewatinya. Tak jarang juga banyak pengunjung yang rela menempuh perjalanan jauh hanya untuk singgah dan bermalam di tengah kesunyiannya. Nah, kalau kalian udah pada ngiler dengan Ranu Kumbolo Gunung Semeru, kalian harus nyobain singgah di Segara Anak.

Menurut warga setempat, Segara Anak bermakna anak laut. Hal itu karena air danau Segara Anak terlihat kebiru-biruan seperti air laut. Warna airnya yang jernih ditambah dengan pemandangan sekeliling danau yang asyik membuat siapapun tak jemu memandangnya. Segara Anak akan mampu menghipnotis siapapun yang mengunjunginya.

3. Gunung Rinjani memiliki Anak

Gunung Batu Jari atau juga sering disebut sebagai Gunung Anak Rinjani adalah gunung baru yang terletak di kaldera sebelah timur kawasan wisata. Gunung ini terbentuk pada tahun 1944 dengan lebar kawah sekitar 170 meter dan panjang 200 meter, sedangkan ketinggiannya mencapai 2.296-2.376 mdpl.

4. Padang Savana Sembalun Lawang yang Eksotis

Desa Sembalun Lawang merupakan titik permulaan pendakian menuju puncak Rinjani. Jika melewati jalur ini, kamu akan melihat padang rumput yang terbentang luas. Sembalun Lawang menyuguhkan pemandangan khas savana yang menakjubkan dengan panjang sekitar 6 kilometer perjalanan bagi pendaki. Sejauh mata memandang savana ini didominasi dengan rerumputan yang tumbuh menjulang dengan ketinggian mencapai 1 hingga 1,5 meter.

Gunung Rinjani, sumber ig didik3999
Gunung Rinjani, sumber ig @didik3999

5. Pemandian Air Panas Selandir

Pemandian Air Panas Selandir menjadi primadona bagi para pendaki saat memuncak ke puncak Rinjani. Nama pemandian ini berasal dari salah satu tokoh pewayangan, dimana salah satunya adalah tokoh yang bernama Selandir yang konon memiliki ilmu sakti mandraguna.

Pemandian Air Panas Selandir terbilang ramai oleh pendaki dikarenakan akses menuju lokasi tersebut mudah untuk dilalui. Sumber air dari pemandian ini adalah dari sela-sela tebing yang kemudian dipancarkan menggunakan bambu.

Pemandian Air Panas Selandir memiliki empat titik mata air yang mana setiap titik memiliki suhu panas yang berbeda. Di bagian atas terdapat telaga yang memiliki suhu air sangat panas yang berkisar 52 – 65 derajat celcius , sedangkan di bagian tengah pemandian memiliki air dengan suhu berkisar 40 – 50 derajat celcius dan bagian bawahnya memiliki air dengan suhu berkisar 25 – 30 derajat celcius.

6. Pendakian di Goa Payung

Goa ini berbentuk seperti payung, mulai dari situlah Goa ini diberi nama Goa Payung. Goa Payung memiliki tinggi 10 meter dan luas 3 meter. Di bagian dalam Goa, terdapat sumber mata air panas yang mengandung sulfur dan belerang.

Goa Payung ini terletak 750 meter di sebelah utara kaldera Segara Anak. Akses menuju tempat ini terbilang sulit dan meletihkan. Tetapi, selama perjalanan terdapat bunga abadi atau Edelweiss yang indah dan tumbuh subur di sekitar jalan menuju lokasi. Karena kontur jalan menuju lokasi didominasi bebatuan licin, jadi anda ingin ke lokasi harap berhati-hati dan batalkan perjalanan jika musim hujan.

7. Berendam di Goa Susu

Mengapa Goa ini diberi nama Goa Susu? itu karena air yang terdapat dalam goa berwarna putih kekuning-kuningan. Letak goa ini berada tidak jauh menuju arah selatan dari Goa Payung. Meski ukuran Goa ini tidak begitu besar dibandingkan dengan Goa Lainnya. Namun, keindahannya begitu mempesona. Selain itu, suhu air yang ada dalam gua tidak terlalu panas, inilah menjadi alasan bisa berendam berlama-lama.

Air panas di goa susu gunung rinjani - sumber ig @tengakarta
Air panas di komplek Gua Susu, sumber ig @tengakarta

8. Sunset di Plawangan Sembalun

Palawangan Sembalun merupakan sebuah lokasi yang cukup luas dan biasanya digunakan sebagai tempat bermalam bagi para pendaki gunung di lokasi wisata alam ini. Selain lokasinya yang cukup landai dan rata, tempat ini dipilih sebagai lokasi untuk mendirikan tenda karena ia menghadap langsung ke Segara Anak.

Pada saat sore tiba jangan sampai melewatkan pemandangan sunset dari daerah sekitar Palawangan Sembalun. Karena dari sini kita bisa melihat keindahan Pulau Lombok yang dihiasi dengan kemilau warna senja jika beruntung. Juga berapa puncak gunung, seperti gunung agung yang diselimuti oleh awan.

9. Mendapat Penghargaan Internasional

Spot wisata ini berhasil meraih beberapa penghargaan kategori tempat wisata berbasis ekologi dan masyarakat. Penghargaan dunia yang telah diterima yakni World Legacy Award untuk kategori Destination Stewardship dari Conservation International and National Geographic Traveler pada tahun 2004.

Pada tahun 2005 TNGR masuk menjadi 3 besar Tourism for Tomorrow Award kategori Destination Award dari World Travel & Tourism Council. Sedangkan pada tahun 2007 menjadi finalis Tourism for Tomorrow Award. Selain serentetan penghargaan itu, wisata alam ini menjadi gunung dengan tata kelola terbaik di Asia Tenggara.

Itu dia berbagai fakta tentang Gunung Rinjani yang dapat dikunjungi saat berliburan di Lombok. Simak terus berbagai informasi wisata Lombok di situs rental mobil lombok.

WhatsApp chat