Beranda » Wisata Lombok » Menjelajahi Wisata Air Terjun Lombok Timur

Saat anda mengunjungi pulau Lombok, mungkin anda sudah tidak heran lagi dengan keindahan bahari pulau yang satu ini dan hampir dipastikan, anda yang pernah mengunjungi pulau Lombok pasti tidak menyianyiayakan kesempatan untuk mengunjungi wisata baharinya. Baik hanya sekedar untuk melihat keindahan pantai, bermain air laut, bahkan melakukan snorkeling atau berselancar.

Tetapi, apakah anda tahu bahwa pulau Lombok tidak hanya menarik wisatawan melalui kekayaan wisata baharinya saja loh, melainkan juga wisata alamnya. Salah satu wisata alam yang harus anda jelajahi saat mengunjungi pulau lombok yaitu wisata air terjun yang ada di kabupaten Lombok Timur.

Berikut ini kami merekomendasikan untuk anda seputar wisata air terjun yang berada di kabupaten Lombok Timur

1. Air Terjun Otak Kokoq

AIr Terjun Otak Kokoq, Sumber IG @sakaratsuko

Air terjun Otak Kokoq berlokasi di kawasan wisata pemandian Otak Kokoq Jobean, desa Montong Betok, kecamatan Montong Gading, kabupaten Lombok Timur. Ketinggian air terjun ini sekitar 5 meter yang keluar dari akar pohon Banjur yang berumur ratusan tahun. Nama Otak Kokoq Joben sendiri berasal dari bahasa Sasak yang berarti hulu sungai atau sumber mata air yang berada di Joben.

Harga tiket masuk ke lokasi ini sebesar Rp. 5.000 perorang untuk dewasa dan sebesar Rp. 3.000 perorang untuk anak-anak. Fasilitas yang tersedia di wisata ini cukup lengkap seperti kolam renang untuk dewasa dan anak-anak, Musholla, ruang berganti pakaian, WC, lahan parkir, gazebo untuk istirahat atau bersantai, warung makanan minuman, dan beberapa fasilitas penunjang lainnya.

2. Air Terjun Ulem-ulem

Air Terjun Ulem – Ulem

Air terjun Ulem-ulem berlokasi di desa Tete Batu, kecamatan Keruak, kabupaten Lombok Timur. Saat anda mengunjungi air terjun ini maka anda akan disuguhkan dengan pesona keindahan hamparan kaki Gunung Rinjani yang terdapat di desa Tete Batu. Ditambah perpaduan antara panorama pegunungan dengan hamparan persawahan yang amat indah sehingga menambah nilai tersendiri bagi tempat wisata ini.

Di air terjun Ulem-ulem terdapat kolam yang berada di bawahnya. Kolam dengan ukuran cukup luas sehingga dapat dijadikan sebagai tempat berenang, mandi, atau bersantai. Di sekeliling air terjun, terdapat berugak (sejenis gazebo) sebagai tempat untuk beristirahat. Selain itu juga, di tempat ini banyak terdapat perkebunan tanaman holtikultural berupa pohon pala yang merupakan salah satu tanaman andalan petani perkebunan desa Tete Batu. Sehingga manisan buah pala dijadikan salah satu produk olahan yang siap dikonsumsi atau dijadikan buah tangan khas tempat wisata ini.

3. Air Terjun Jeruk Manis

Air Terjun Jeruk Manis, Sumber IG @didukmiru

Air Terjun Jeruk Manis berlokasi di di desa Kembang Kuning, kecamatan Sikur, kabupaten Lombok Timur. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 40 meter dengan curah debit air yang sangat besar dan jernih. Air terjun ini berada di sebelah selatan kaki Gunung Rinjani dan masuk dalam kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Rinjani.

Harga tiket masuk ke lokasi ini sebesar Rp 5.000 perorang. Di sekitar lokasi menuju air terjun ini terdapat fasilitas bagi pengunjung seperti Home Stay, Musholla, Restoran, WC, dan fasilitas penunjang lainnya. Selain itu, sepanjang jalan setapak menuju air terjun ini akan ditemui tiga buah berugak (sejenis gazebo) yang dapat digunakan sebagai tempat beristirahat sementara.

4. Air Terjun Mayung Putek

Air Terjun Mayung Putek, Sumber IG @adhy_nata

Air Terjun Mayung Putek berlokasi di desa Bilok Petung, kecamatan Sembalun, kabupaten Lombok Timur. Berbeda dengan air terjun lainnya, air terjun dengan ketinggian sekitar 60 meter ini, memiliki kandungan belerang sehingga airnya berwarna putih yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit saat bermandi di air terjun ini. Aliran terjunan airnya berasal dari luapan Danau Segara anak yang berada di puncak Gunung Rinjani.

Sayangnya saat ini debit kucuran air terjun ini berkurang. Hal ini dikarenakan aliran air di atas air terjun ini diarahkan ke sebuah pipa besar untuk dialirkan menuju pembangkit listrik. Sehingga menyebabkan pamor air terjun ini tidak terlalu terkenal dibandingkan air terjun lainnya di Lombok Timur. pamor air terjun ini hampir tidak terdengar lagi bahkan terlupakan sebagai salah satu tempat wisata.

5. Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti, Sumber @dinpar.lomboktimurkab.go.id

Air Terjun Mangku Sakti berlokasi di desa Sajang, kecamatan Sembalun, kabupaten Lombok Timur. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan tebing batu di dindingnya. Di bawah kucuran airnya terdapat kolam penampungan seluas 15 m^2 dan berkedalaman antara 2 – 4 meter dengan warna air tidaklah bening melainkan agak putih kehijauan karena memiliki kandungan belerang sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit saat berendam dikolam air terjun ini.

Aliran air terjun ini berasal dari aliran Kokoq Puteq (Sungai Putih) yang bersumber langsung dari danau Segara Anak yang berada di puncak Gunung Rinjani. Walaupun jalan menuju akses kesini tidak terlalu bagus tetapi saat anda berkunjung kesini tidak sia-sia karena dapat melihat pesona keindahan air terjun ini. Harga tiket masuk ke tempat ini sebesar Rp 5.000 perorang untuk dewasa dan sebesar Rp. 3.000 perorang untuk anak, sedangkan biaya parkir sebesar Rp. 5.000 untuk kendaraan roda dua sedangkan untuk roda empat sebesar Rp 10.000 perkendaraan.

Selain 5 air terjun diatas, kami juga merekomendasikan pada anda untuk mengunjungi wisata air terjun di Lombok yang lain. Tentunya wisata air terjun yang kami rekomendasi tambah, tidak kalah bagusnya juga. Semoga rekomendasi tempat wisata air terjun diatas meningkatkan keinginan anda untuk mengunjungi pulau Lombok sebagai tujuan wisata anda.

Review

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Komentar belum ada

Jika Anda Berkenan Tuliskan Komentar

Email anda tidak akan disebar luaskan. Kolom berbintang (*) wajib anda isi.

Komentar yang ingin anda berikan*Nama Anda*Isikan email Anda*Website anda saat ini

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.