Beranda » Wisata Lombok » Wisata Alam Air Terjun Benang Stokel

Air terjun di pulau Lombok cukup banyak, hampir setiap daerah memiliki objek wisata air terjun masing-masing, diantaranya objek wisata air terjun di Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Utara, dan salah satunya di Lombok Tengah yakni air terjun Benang Stokel. Air terjun Benang Stokel dengan ketinggian sekitar 30 meter memiliki 2 terjunan air, dimana air terjun sebelah kiri memiliki debit yang lebih besar dibandingkan air terjun sebelah kanan. Dibawah air terjun terdapat kolam yang digunakan untuk mandi, berenang, atau bermain air. Nama Benang Stokel berarti segumpal benang, nama ini diberikan karena bentuk air terjun yang menyerupai benang yang diikat menyatu dan sumber mata air terjun ini berasal dari danau Segara Anak Gunung Rinjani.

Air Terjun Benang Stokel, Sumber @Sasambotour.com

Lokasi Air Terjun Benang Stokel

Air terjun Benang Stokel merupakan kawasan wisata Taman Nasional Gunung Rinjani. Air terjun ini berada di ketinggian sekitar 552 mdpl (meter dari permukaan laut) dan secara administratif terletak di dusun Pemotoh, desa Aik Berik, kecamatan Batu Keliang Utara, kabupaten Lombok Tengah , propinsi Nusa Tenggara Barat.

Akses Menuju Lokasi

Air terjun Benang Stokel berjarak sekitar 30 km kearah timur dari kota Mataram (Ibu Kota Propinsi Nusa Tenggara Barat) atau dengan waktu tempuh sekitar 45 menit menggunakan kendaraan roda empat. Dapat juga ditempuh kearah utara dari kecamatan Praya (Ibu Kota Kabupaten Lombok Tengah) dengan waktu tempuh sekitar 30 menit menggunakan kendaraan roda empat. Untuk menuju ke air terjun ini belum tersedia angkutan umum sehingga harus menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan.

Jalur Menuju Lokasi Air Terjun, Sumber @tripadvisor.co.id

Sesampai di pintu masuk utama air terjun Benang Stokel maka dilanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuruni jalan setapak berbentuk tangga yang sudah berpaving blok. Waktu tempuh sekitar 20 menit atau jarak sekitar 500 m dengan perjalanan melewati hutan.

Harga Tiket dan Parkir

Harga tiket dan parkir ke air terjun Benang Stokel cukup terjangkau yakni harga tiket masuk sebesar Rp 10.000 perorang, parkir sepeda motor sebesar Rp 2.000 per kendaraan, dan mobil sebesar Rp. 5.000 per kendaraan.

Fasilitas yang Tersedia

Pemerintah bekerjasama dengan masyarakat setempat untuk membangun berbagai fasilitas penunjang bagi wisatawan seperti pendopo sebagai tempat bersantai atau istirahat, toilet dan tempat berganti pakaian, area parkir kendaraan, tersedia pemandu wisata yang akan mengatar wisatawan sampai ke lokasi air terjun, warung, dan fasilitas umum lainnya.

Informasi Air Terjun Benang Stokel, Sumber @Rodadanroti.wordpress.com

Bagi anda yang penasaran dengan keindahan air terjun yang satu ini dapat mengunjunginya langsung. Jika anda tidak memiliki kendaran pribadi dan tidak mengetahui lokasi menuju ke air terjun ini maka dapat melakukan penyewaan mobil dan sopir melalui mobillombok.com tentunya pelayanan terbaik yang akan disediakan untuk anda selama perjalanan wisata sehingga wisata anda menjadi nyaman.

Review

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Komentar belum ada

Jika Anda Berkenan Tuliskan Komentar

Email anda tidak akan disebar luaskan. Kolom berbintang (*) wajib anda isi.

Komentar yang ingin anda berikan*Nama Anda*Isikan email Anda*Website anda saat ini

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.