Beranda » Wisata Lombok » 5 Wisata Alam di Pulau Lombok yang Mempesona

Bagi anda yang akan berwisata ke pulau Lombok maka sempatkan diri untuk mengunjungi tempat wisata alam berikut ini.

1. Keindahan Sawah dari Atas Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan merupakan salah satu spot favorit di lombok, yang terletidak di desa Sembalun, kecamatan Sembalun, kabupaten Lombok Timur. Bukit yang mampu memberikan kesan kagum ini memiiliki banyak sekali keunikan. Bukit yang menjulang tinggi ini bersebelahan dengan Gunung Rinjani, yang mana memiliki ketinggian hingga mencapai 1670 mdpl.

Pemandangan Sawah dari Atas Bukit Pergasingan Sembalun

Dengan ketinggian tersebut anda disuguhkan pemandangan keindahan sawah yang mempesona jika dilihat dari bukit ini, petidak-petidak sawah beserta rute pematang sawahnya terlihat seperti mozaik yang tersusun rapi apalagi jika musim panen tiba, petidak-petidak tersebut menguning warnanya sehingga menyuguhkan kesan estetika yang luar biasa. Tidak hanya itu saja, Bukit Pergasingan juga menyajikan pemandangan sunset dipagi hari, sehingga mampu membuat anda betah berlama-lama untuk menunggunya. Tentunya pesona keindahan alam yang ada di Bukit Pergasingan membuat liburan kamu terasa lebih berkesan.

2. Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Keindahan tempat wisata di Lombok tidak dapat dipungkiri, dari pantai, danau, air terjun hingga pegunungan tidak ada habisnya untuk dinikmati. Salah satu objek wisata yang sangat cocok bagi anda yang memiliki hobby pendakian yakni mendaki Gunung Tunak. Memang nama tempat wisata ini belum terlalu populer, namun panorama yang dapat dinikmati dari gunung ini tidak kalah indah dengan tempat wisata lainnya. Gunung Tunak ini terletidak di desa Mertidak, kecamatan Pujut, kabupaten Lombok Tengah. Dengan luas 1.200 hektar taman wisata alam ini terbentuk atas deretan bukit-bukit.

Pantai Selatan Lombok dari Atas Gunung Tunak

Di Gunung Tunak ini anda akan dimanjakan dengan panorama pantai selatan Lombok yang berpasir putih, tebing-tebing berdinding kapur, hamparan rumput hijau yang luas. Lebih menarik lagi, anda dapat menikmati jungle tracking, swimming, soft tracking, camping, fishing, dan pengamatan satwa-satwa. Bagaimana anda tertarik untuk berkunjung? Jika tertarik, Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen liburan andake taman wisata alam ini.

Baca Juga │ Wisata Gunung di Lombok

3. Taman Wisata Pusuk Sembalun

Pusuk Sembalung merupakan taman wisata dengan view yang disuguhkan membuat terpesona bagi siapapun yang mengunjunginya, pusuk sembalung kini menjadi spot berfoto yang lagi hits bagi wisatawan. Di taman wisata Pusuk Sembalun mempersembahkan sebuah panorama alam yang begitu memukau salah satunya gugusan tebing-tebing curam nampak indah yang dapat anda lihat secara langsung dari puncak pusuk sembalun.

Pusuk Sembalun, Sumber @ngadem.com

Pusuk Sembalung memiliki ketinggian 1.250 mdpl sehingga menjadikan tempat ini sejuk dan dingin dan dari sini juga anda dapat melihat pemandangan Gunung Rinjani. Lokasi Pusuk Sembalun sendiri ada di kawasan lereng Gunung Rinjani, tepatnya di jalan wisata Gunung Rinjani, desa Sembalun Bumbung, kecamatan Sembalun, kabupaten Lombok Timur.

4. Panorama Gua Bangkang

Gua Bangkang atau juga biasa di kenal dengan gua gale-gale berlokasi di desa Prabu, kecamatan Pujut, kabupaten Lombok Tengah. Gua ini terdapat dua bagian yakni bagian atas dan bagian bawah. Pada salah satu bagian atasnya ada yang memiliki lubang sehingga menjadi celah jalan masuknya sinar matahari ke dasar gua, sedangkan pada bagian bawahnya dasar gua yang begitu besar.

Gua Bangkang, Sumber @radiodms.com

Jika Anda ingin mengunjungi gua ini, pastikan untuk membawa masker agar mengurangi aroma tidak sedap yang disebabkan oleh kotoran kelelawar di dalam gua karena gua ini juga menjadi sarang kelelawar.

5. Air Panas Aik Kalak

Ketika berkunjung ke Gunung Rinjani jangan lupa mampir ke sumber air panas Aik Kalak yang lokasinya berada disekitar lereng Gunung Rinjani. Kolam air yang terdapat pada sumber mata air panas Aik Kalak ini ada dua buah dengan bentuk yang kurang beraturan. Untuk mencapai lokasi ini anda harus menempuhnya dengan berjalan kaki menelusuri kawasan Hutan Nasional, jalurnya agak berliku dan naik turun sehingga anda perlu menyiapkan kondisi badan yang fit.

Air Panas Aik Kalak

Perjalanan yang diperlukan untuk bisa mencapai sumber Air panas Aik Kalak ini sekitar 7 hingga 8 jam dari perkampungan terdekat. Anda juga dapat berkemah disekitar sumber air panas Aik Kalak ini, namun anda harus selalu berhati-hati dikarenakan sering ada gerombolan monyet yang biasanya akan mengambil perbekalan anda.

Demikian informasi yang kami berikan untuk anda tentang wisata alam yang patut anda kunjungi ketika berwisata ke pulau Lombok. Semoga dengan informasi diatas meningkatkan keinganan anda untuk mengunjungi pulau Lombok.

Review

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Komentar belum ada

Jika Anda Berkenan Tuliskan Komentar

Email anda tidak akan disebar luaskan. Kolom berbintang (*) wajib anda isi.

Komentar yang ingin anda berikan*Nama Anda*Isikan email Anda*Website anda saat ini

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.