Bagi anda yang suka traveling, apalagi menyukai wisata bahari mampirlah ke pulau Sumbawa. Sumbawa, sebuah potensi wisata di Nusa Tengga Barat selain Lombok yang sayang untuk tidak anda kunjungi ketika berada di pulau Lombok apalagi jarak pulau Lombok dengan pulau Sumbawa tidak terlalu jauh, kurang dari 2 jam penyebrangan dengan menggunakan kapal feri dari pulau Lombok ke pulau Sumbawa.

Keindahan wisata bahari di pulau Sumbawa khususnya di kabupaten Sumbawa tidak kalah bagusnya juga dengan wisata bahari daerah lain di Indonesia. Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu kabupaten di pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat dan memiliki luas wilayah paling besar dibandingkan 9 daerah lainnya di Nusa Tenggara Barat. Dengan luas wilayah 8.493 km persegi atau sekitar 54,9% dari luas keseluruhan pulau Sumbawa yang luasnya sekitar 15.448 km persegi atau luasnya sekitar 43,09% dari luas keseluruhan propinsi Nusa Tenggara Barat yang luasanya sekitar 19.709 km persegi.

Berikut ini kami akan memberikan informasi untuk anda seputar wisata bahari yang ada di pulau Sumbawa khususnya di kabupaten Sumbawa.

1. Pulau Moyo

Wisata bahari pulau Moyo merupakan salah satu wisata bahari yang terkenal di kabupaten Sumbawa. Walaupun pulau Moyo terpisah dari kabupaten Sumbawa sekitar 2,5 km bagian utara dan akses menuju ke pulau ini harus menggunakan jalur laut. Tetapi wisatawan tidak akan sia-sia menuju ke pulau ini karena wisata bahari di pulau yang satu ini cukup banyak sehingga wisatawan bebas memilih wisata bahari sesuai keinginan saat mengunjungi pulau Moyo. Secara administratif pulau Moyo masuk dalam wilayah kecamatan Labuahan Bada, kabupaten Sumbawa.

Bawah Laut Pantai Ai Manis Pulau Moyo, Sumber IG @usmans4nusi

Banyak wisata bahari yang bisa anda jumpai di pulau ini, salah satu wisata bahari yang banyak di kunjungi oleh wisatawan saat berada di pulai Moyo yaitu pantai Ai Manis. Sesuai dengan namanya “Manis” pantai ini memang manis alias indah karena anda akan disuguhkan dengan keindahan pantai, air lautnya yang biru jernih, dan panorama bawah lautnya yang menawan.

2. Gili Keramat dan Gili Bedil

Pantai Gili Keramat, Sumber IG @ririnj_puspitasari

Mungkin anda sudah familiar dengan Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan di pulau Lombok. Lantas bagaimana dengan nama Gili Keramat dan Gili Bedil, memang tidak bisa dipungkiri bahwa nama kedua gili ini tidak terlalu terkenal ditelinga wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Gili Keramat dan Gili Bedil secara administratif masuk wilayah desa Labuhan Padi, kecamatan Utan, kabupaten Sumbawa. Jarak antara kedua gili ini tidak terlalu jauh sehingga saat anda berpindah dari dan mengunjungi salah satu gili ini hanya mengahabiskan waktu kurang dari 30 menit.

Bawah Laut Gili Bedil, Sumber IG @sufyanandri

Selain keindahan pasir putihnya, air lautnya yang biru jernih, ditambah dengan keindahan bawah laut dari kedua gili ini yang sangat indah yaitu indahnya terumbung karang dan warna-warninya ikan di dua gili ini sehingga anda tidak sia-sia berwisata ke dua gili ini.

3. Teluk Saleh

Nama Teluk Saleh mungkin tidak asing lagi di telinga wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Memang diakui bahwa ketenaran Teluk Saleh tidak kalah dengan nama tempat-tempat wisata di pulau Lombok yang masih satu propinsi. Keindahan wisata bahari Teluk Saleh memang menjadi incaran wisatawan karena saat anda berkunjung ke teluk ini, anda tidak hanya mengunjungi satu tempat wisata saja melainkan banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi diantaranya gili Sentingi, gili Meriam, pantai Panjang, dan wisata bahari lainnya.

Gili Meriam Teluk Saleh, Sumber IG @sumbawaexplorer

Tidak hanya pantai dan air lautnya saja yang bisa anda dapatkan di teluk yang satu ini, melainkan anda juga akan disuguhkan dengan keindahan bawah lautnya yang menarik serta panorama alamnya yang indah.

Itulah beberapa informasi tentang wisata bahari yang bisa anda kunjungi saat berada di kabupaten Sumbawa. Semoga dengan informasi diatas dapat menigkatkan keinginan anda untuk mengujungi kabupaten Sumbawa dan menjadikan kabupaten Sumbawa sebagai tujuan wisata anda.