Search
Close this search box.

Tips Tetap Sehat Saat Nikmati Wisata Kuliner Lombok

Wisata kuliner Lombok begitu sayang untuk ditinggalkan. Jika anda berkunjung kesana, wajib bagi anda untuk menikmati ragam kuliner yang ada. Karena selain memiliki citarasa yang khas, sensasi makan saat wisata tentu berbeda. Namun kesehatan tetap harus dijaga lho saat menikmati berbagai menu yang lezat.

Lombok merupakan wilayah timur Indonesia yang menyimpan pesona alam eksotis luar biasa. Dari pantai, perbukitan hingga gunung menyajikan panorama yang memanjakan mata. Lebih dari itu, ternyata Lombok juga memiliki wisata lain yaitu wisata kuliner.

Dengan diresmikannya sirkuit Mandalika tentu keberadaan kuliner disana semakin terangkat keberadaannya. Bahkan tidak hanyak turis dalam negeri, turis mancanegara pun tentunya akan menikmati ragam kuliner Lombok yang menggugah selera.

Namun yang tetap harus diperhatikan adalah kesehatan saat santap kuliner. Meskipun efek kuliner jarang dirasakan secara langsung, nampak dampak tetap akan terasa. Beberapa dampak yang akan dirasa diantaranya mual, pusing hingga sakit gigi. Tetapi anda tidak perlu khawatir, sebagaimana di Jogja ada dokter gigi Jogja, di Lombok juga ada dokter gigi yang siap mengatasi keluhan anda.

Wisata kuliner Lombok bisa dinikmati siapapun, sumber : unsplash.com
Suatu daerah pasti memiliki kuliner khas, sumber : unsplash.com

Menu Wisata Kuliner Lombok

Dan bagi anda yang sedang atau akan berkunjung ke Lombok, sepertinya referensi kuliner berikut wajib anda tahu :

1. Sate Bulayak

Tentunya istilah sate sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Sate Bulayak sebenarnya mirip dengans sate Madura yang populer dimana saja. Yang membuat beda adalah sate terletak pada lontongnya. Lontong pada sate Bulayak dibungkus dengan menggunakan daun aren. Bentuknya pun dibuat spiral, sehingga saat makan anda harus membukanya mengikuti alur dari daun aren tersebut.

Sate ini menggunakan bahan dasar daging sapi. Yang lmungkin membuat perbedaan mencolok dengan satu Madura adalah bumbu sate ini menggunakan bumbu khas suku Sasak. Terbayang bukan kenikmatannya?

2. Plecing Kangkung

Pastinya anda sering makan kangkong bukan? Sayur yang mudah hidup ini sering ditanam di berbagai tempat. Bisa ditanam di sawah bahkan polibag. Dengan demikian tanaman ini cocok dijadikan tanaman selingan di tanaman agrowisata. Wisatawan senang, dapur pun tercukupi.

Yang menjadi ciri khas dari plecing kangkung adalah penggunaan cabai rawit pada bumbunya. Dengan demikian siapapun yang mencicipi, sudah pasti akan merasakan sensasi pedas yang luar biasa. Tapi tetap nikmat saat anda makan bersama nasi putih hangat.

Wisata kuliner Lombok menyajikan plecing kangkung, sumber : food.detik.com
Plecing kangkung kuliner nikmat khas Lombok, sumber : food.detik.com

3. Sate Rembiga

Sate ini berasal dari daerah Rembiga. Saat mengalami popularitas maka sate memiliki nama sate Rembiga. Perpaduan bumbu khas dari warga Rembiga yang dipadukan dengan daging sapi ini membuat siapapun terpikat dengan rasanya. Jadi kapan anda akan mencicipinya?

Selain ketiga menu di atas, tentunya wisata kuliner Lombok masih memiliki berbagai masakan lainnya. Ada ayam taliwang, sate balap puyung, ares dan lain sebagainya. Tentunya sensasi akan lebih anda dapatkan ketika menyantapnya sambil menikmati pesona Pantai Surga di Lombok.

Nah jika anda sudah punya referensi kuliner khas sana, anda juga perlu memperhatikan hal lain agar persiapan semakin matang. Hal yang paling penting untuk melakukan aktivitas adalah kesehatan. Tanpa adanya kesehatan tentu manusia tidak akan bisa melakukan aktivitas apapun termasuk berwisata.

Tips Sehat Saat Wisata Kuliner

Ketika jika menyinggung tentang kesehatan, kuliner tentu berpotensi menganggu kesehatan anda. Dan jika anda ingin sehat dan tetap bisa nikmati kuliner, berikut adalah tipsnya :

1. Cari Info Pantangan Makanan

Ada beberapa makanan yang tidak bisa dikonsumsi oleh semua orang. Jika anda adalah orang yang mengidap suatu penyakit, diabetes atau kolesterol contohnya. Maka anda perlu mencari informasi makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh seseorang yang menderita penyakit tersebut.

2. Cari Tempat Makan Rekomended

Biasanya dalam suatu daerah akan ditemukan berderet tempat makan yang menawarkan jenis kuliner yang sama. Terlebih jika penjual sama-sama warga lokal, tentu menu khas akan disajikan di warung mereka. Untuk mendapatkan kepuasan saat anda berkunjung ke sebuah tempat makan anda perlu mencari informasi tempat makan rekomended.

Bisa anda dapatkan dari review wisatawan yang pernah berkunjung. Atau bisa juga melakukan car yang lain. Karena makanan tidak sekedar enak untuk disantap, namun juga efek bagi kesehatan setelah menyantap kuliner tersebut.

Wisata kuliner Lombok bisa anda lihat di sosial media, sumber : unsplash.com
Tempat makan recomended bisa anda cari di sosial media, sumber : unsplash.com

3. Kebersihan Tempat Dan Makanan

Hal yang tidak kalah penting saat anda akan membeli menu makanan. Sebaiknya anda memperhatikan tempat makan terlebih dahulu. Selain itu juga bisa dilihat dari penyajian makanan. Terkadang banyak ditemukan tempat makan yang memiliki citarasa makanan mantap namun kebersihan tempat tidak diperhatikan.

Bukan untuk berprasangka buruk atau ingin menuduh. Namun langkah ini adalah bentuk kehati-hatian untuk mendapatkan makanan yang nikmat dan juga sehat.

4. Perhatikan Jam Makan

Yang tidak akalh pentingnya agar tetap sehat namun bisa menikmati kuliner khas suatu daerah adalah tetap menjaga jam makan. Jangan memaksakan menikmati sebuah kuliner jika sudah pada jam malam. Karena saat ini metabolisme tubuh untuk mencerna makanan sudah tidak semaksimal saat siang hari.

5. Makan Secukupnya

Yang terakhir adalah sebaiknya anda mengukur diri anda dalam kemampuan menampung makanan. Meskipun makanan lezat namun ada baiknya anda berhenti makan saat perut sudah merasa berat menampung makanan. Hal ini akan berpengaruh pada kesehatan anda. Serta dengan makan secukupnya tubuh anda akan lebih ringan digunakan melakukan berbagai aktivitas saat liburan.

Itulah tips agar tetap sehat saat anda berwisata kuliner. Baik di daerah Lombok ataupun tempat lainnya anda tetap menjaga kesehatan diri anda. Jadi akan kemanakah anda melangkah? Lombok begitu banyak destinasi wisatanya. Ada Pantai Nipah, Gunung Rinjani dan lain-lain. Pastikan saat anda berwisata bisa menikmatinya bukan sekedar untuk mengisi waktu luang belaka.

Tinggalkan komentar