082 339 443 335 info@mobillombok.com

Ada banyak sekali tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan jalur laut, mulai dengan berwisata ke tempat yang membuat anda lebih merasa santai, tenang, dan udaranya yang segar yaitu daerah pulau, puncak atau pegunungan. Juga berwisata ke pantai yang memberikan keindahan pasir pantai dengan warna laut yang memanjakan mata ketika kala senja.

Dengan melakukan wisata ke tempat tempat yang enak untuk dikunjungi merupakan salah satu bentuk kepedulian kita pada diri kita sendiri agar terhindar dari stres akibat rutinitas kerja yang kita jalani setiap harinya. Nah dalam penulisan kali ini penulis membahas tentang tips berwisata. Tips berwisata yang dibahas kali ini yaitu wisata via jalur laut agar perjalanan wisata anda lebih menyenangkan dan memuaskan.

Wisata Melalui Jalur Laut, Sumber: Unsplash
Tips Wisata Melalui Jalur Laut, Sumber: Unsplash

Tips Wisata Jalur Laut

Adapun beberapa tips yang dapat anda lakukan ketika ingin berwisata jalur laut, sebagai berikut:

1. Mengatur Jadwal Sesuai Keberangkatan Kapal

Dalam menjaga kelancaran kegiatan ketika wisata diperlukan strategi dalam mengatur jadwal. Pengaturan jadwal dari awal keberangkatan sampai kembali ke rumah sangatlah penting dilakukan untuk menjaga agar lebih efisien dari segi waktu dan budget.

Menentukan jadwal anda bisa memaksimalkan kelengkapan segala kebutuhan ketika melakukan wisata, apalagi bagi anda yang ingin ke Lombok melalui pelabuhan laut Lombok tentu sangat penting untuk mengatur jadwal, agar anda tidak ketinggalan kapal.

2. Menyediakan Tas Anti Air

Menggunakan tas anti air sangat penting selain bahannya yang kuat tidak mudah robek dan tahan lama sehingga nyaman untuk digunakan ketika berpergian tas anti air ini juga sangat berfungsi sekali untuk melindungi barang-barang elektronik yang anda bawa saat liburan apalagi yang berhubungan dengan wisata pantai atau air laut.

3. Memastikan Kapal Laut Dalam Kondisi Baik

Memastikan kapal dalam kondisi baik sehingga memberikan rasa aman dan kenyamanan ketika melakukan wisata, hal ini merupakan faktor terpenting sebelum melakukan aktivitas agar berwisata anda berjalan dengan lancar dan sesuai rencana.

4. Beriwisata Jalur Laut Harus Membawa Barang Secukupnya

Pemilihan barang yang akan dibawah diusahakan yang penting dan tidak terlalu membuat anda repot ketika melakukan perjalanan. Anda diusahakan membawa kebutuhan pokok saja.

perlengkapan tas carrier. sumber : unsplash.com
Membawa Perlengkapan Secukupnya, Sumber : Unsplash

5. Membawa Peralatan Renang dan Menyelam

Perlengkapan renang penting untuk dibawa ketika wisata anda berhubungan langsung dengan laut atau pantai. Karena wisata ke pantai atau laut salah satunya hanya karena ingin beranang. Berenang dan menyelam kemudian melihat keindahan bawah laut merupakan kenikmatan tersendiri yang akan anda rasakan.

Dengan diperlihatkan pemandangan berbagai macam jenis spesies ikan dan pemandangan terumbu karang hal inilah yang bisa memberikan kebahagian ketika anda berwisata ke pantai atau laut.

6. Membawa Sunblock dan Sunglass

Menggunakan sunblock dan sunglass ini berfungsi untuk melindungi kulit dan mata dari paparan sinar matahari yang membuat kulit anda lebih terlindungi serta membuat lebih terasa nyaman dan terlindungi dari sinar ultraviolet.

7. Membawa Perlengkapan Mandi

Peralatan mandi penting untuk anda bawa, karena bisa saja anda berhari-hari diatas laut. Bayangkan saja jika di kapal tersebut tidak dijual peralatan mandi, sehingga akan menyulitkan anda untuk membersihkan tubuh, menggosok gigi, atau mencuci tangan.

Saat ini ada banyak peralatan mandi yang beredar dan bisa jadi pilihan Anda. Ada yang dari bahan plastik, alumunium hingga stainless steel. Saran kami, pilih yang ringkas dan ringan agar efisien dan tidak berat saat membawanya.

8. Membawa Tempat Baju Kotor dan Sampah

Ketika kita berkunjung di tempat – tempat wisata selalu mengusahakan untuk tidak mengotori tempat wisata dengan sampah yang kita bawa. Dengan menyiapkan tempat sampah berupa kantong plastik sehingga dengan begitu anda tidak perlu lagi membuang sampah sembarangan.

Menyiapkan kantong plastik untuk pakaian basah sangat penting agar tidak tercampur dengan pakaian ganti anda yang masih kering.

9. Membawa Underwater Case

Alat ini sangat berguna ketika anda berwisata melalui jalur laut. Benda ini bisa melindungi smartphone anda ketika anda ingin mengambil gambar atau mengabadikan momen untuk menambah galeri media sosialmu.

Kelebihan Wisata Jalur Laut

Berikut ini beberapa Kelebihan wisata jalur laut:

  1. Bisa memberikan jangkauan lebih mudah terhadap daerah pedalaman sehingga menjadi lebih bisa diakses khususnya daerah kepulauan yang sulit dijangkau tetapi memiliki potensi wisata yang bagus untuk dikunjungi.
  2. Dengan wisata menggunakan jalur laut anda Tidak perlu menggunakan biaya besar dan cenderung lebih mudah dan hemat baik dari segi administrasi dan transaksi. Seperti jalur laut yang menggunakan pelabuhan Lembar Lombok yang dilengkapi berbagai fasilitas untuk kebutuhan pendatang.
  3. Ketika anda wisata menggunakanan jalur laut penumpangnya lebih rame karena mampu mengangkut volume besar.
  4. Cocok bagi anda yang melakukan touring bersama keluarga yang menggunakan motor atau mobil, karena dengan menggunakan jalur laut, anda bisa membawa motor dan mobil untuk menyeberang bersama anda menggunakan kapal laut.
Kelebihan Wisata Melalui Jalur Laut, Sumber: Unsplash/@gohrhyyan
Kelebihan Wisata Melalui Laut, Sumber: Unsplash/@gohrhyyan

Mencegah Agar Tidak Mabuk Jalur Laut

Ketika kita menggunakan jalur laut untuk bepergian entah itu berwisata ataupun mudik ada banyak tantangannya. Lain hal dengan mudik naik motor biasanya tidak ada keluhan mabuk diatas motor.

Berbeda dengan jalur laut yang tidak jarang orang yang mabuk laut ketika menggunakan jalur laut ketika berpergian. Nah Berikut ini cara agar terhindar dari mabuk laut yang perlu anda ketahui:

  1. Mengkonsumsi dan membawa bekal buah-buahan, atau membuat minuman berupa jus buah dengan begitu memberikan rasa nyaman pada tubuh anda.
  2. Anda juga bisa membawa minuman teh jahe karena minuman yang satu ini dipercaya dapat mencegah dan mengobati mabuk laut.
  3. Mengusahakan untuk tidak minum minuman yang memacu jantung lebih cepat, seperti alkohol; soft drink; atau kopi.
  4. Menempelkan beberapa koyo di bagian leher, belakang telinga. Hal ini untuk menghindarkan Anda dari mabuk laut, karena terganggunya mekanisme keseimbangan di telinga bagian dalam oleh gerakan selama di laut.

Itulah tips dan informasi seputar wisata menggunakan jalur laut yang kami berikan. Semoga memberikan banyak manfaat buat anda dengan begitu anda bisa mempersiapkan banyak hal sebelum anda berwisata atau berpergian menggunakan jalur laut.