082 339 443 335 info@mobillombok.com

Wisata Lombok hemat adalah salah satu alternatif gaya berwisata yang memiliki tantangan tersendiri. Disamping itu wisata Lombok hemat memang jarang terdengar sebab, daerah ini adalah daerah yang banyak dikunjungi wisatawan asing mancangera.

Jika Anda pernah mendengar koper dan ransel, nah, julukan ini untuk membedakan gaya berwisata. Biasanya yang menggunakan koper lebih mewah dibandingkan ransel yang terdengar ekonomis.

Tetapi koper dan ransel tidak selalu menggambarkan bagaimana tips wisata Lombok hemat. Untuk berwisata di Lombok agar murah, ada beberapa rekomendasi yang harus dicoba. Salah satunya tips wisata Lombok murah berikut ini.

Tips Wisata Lombok Hemat

Ilustrasi Wisata Hemat di Lombok, sumber ig langitlombok
Ilustrasi Wisata Hemat di Lombok, sumber ig @langitlombok

Ada berbagai alternatif wisata di Lombok yang murah. Namun tidak semua mampu memahami bagaimana cara memanfaatkannya. Hal ini biasanya disebabkan oleh kurangnya informasi.

Untuk Anda yang ingin mencoba menekan pembiayaan untuk mengunjungi salah satu surga berbagai lokasi wisata bahari Indonesia, Pulau Lombok, berikut tips wisata Lombok murah yang bisa Anda coba.

1. Membuat Rencana

Efisien dalam pembiayaan untuk suatu aktivitas tertentu biasanya juga dibarengi dengan efisiensi penggunaan waktu. Bayangkan jika Anda tidak membuat rencana pada saat tiba di Lombok, Anda akan bingung harus kemana, apa yang bisa dinikmati.

Jika hal itu terjadi, banyak hal yang tidak terduga, salah satunya pengeluaran yang tidak disangka-sangka. Namun, hal ini bisa dihindari. Caranya adalah dengan membuat rencana perjalanan wisata Anda di Lombok.

Dengan membuat rencana, Anda bisa memastikan, apa yang akan dituju. Untuk tujuan tersebut apa yang harus dipersiapkan. Dengan begitu, pengeluaran yang tidak perlu akan bisa ditekan dan disalurkan pada target yang tepat.

Rencana ini bukan sekedar saat tiba, tetapi mulai dari kapan akan berliburan, memilih transportasi untuk pergi dan kembali dari Lombok, jadwal perjalanan, pilihan tempat wisata, menginap dan makan serta aktivitas lainnya yang bisa direncanakan sejak awal.

Ilustrasi Promo Tiket Murah, sumber ig tiketmurah_airasia
Ilustrasi Promo Tiket Murah, sumber ig @tiketmurah_airasia

Maka, kunci untuk membuat rencana berlibura di Lombok adalah dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya. Bisa melalui internet, jasa rental mobil Lombok dan kenalan baik teman maupun keluarga yang berada di Lombok atau yang pernah ke Lombok.

2. Memilih Waktu Yang Tepat

Memilih waktu sangat berkaitan dengan rencana. Kapan waktu yang akan menjadi target perjalanan ke Lombok. Bagaimana agar memilih waktu bisa berdampak pada pengeluaran biaya. Tentu saja pengeluaran biaya untuk penghematan.

Maka, tentukan waktu yang tepat setelah berdasarkan rencana Anda telah menghitung-hitung kebutuhan perjalanan untuk mengunjungi lokasi-lokasi yang menjadi target Anda. Waktu perjalanan juga bisa ditentukan berdasarkan kapan tiket promo menuju Lombok bisa didapatkan.

3. Membeli Tiket Promo

Saat ini banyak pihak-pihak jasa transportasi menawarkan harga-harga promo untuk jalur-jalur menuju daerah wisata. Termasuk jalur menuju Lombok dari lokasi-lokasi tertentu dan jalur dari lombok menuju lokasi tertentu.

Penginapan di Lombok, sumber ig best_traveling.destinations
Penginapan di Lombok, sumber ig @best_traveling.destinations

Misalnya tiket perjalanan wisata menggunakan pesawat. Selalu ada tiket promo yang harganya lebih miring dibandingkan dengan harga normal. Namun tiket promo ini pasti hanya bisa didapatkan pada waktu dan melalui jalur tertentu.

Anda bisa memulai pencarian tiket murah ini berdasarkan jalur yang padat. Misalnya dari Jakarta menuju ke Lombok. Begitu juga sebaliknya. Selanjutnya pastikan tiket promo tersebut tersedia saat tanggal berapa.

Jika perlu menggunakan pesawat terbang, memang bisa dikatakan sebagian besar biaya akan habis pada tiket pesawat. Jadi, mencari tiket promo yang murah memang harus dilakukan disamping menekan biaya lainnya seperti mencari tempat inap yang murah.

4. Memilih Penginapan Murah (Gratis)

Bisakah mendapatkan penginapan gratis? Bisa. Bagaimana caranya? Menginaplah di tempat kerabat atau keluarga Anda. Ini salah satu keuntungan tersendiri. Termasuk apabila memiliki teman yang menawarkan tempat tinggal untuk singgah saat berwisata di sini.

Namun memang tidak semua bisa seberuntung itu. Maka, alternatif lainnya tentu saja memilih penginapan murah. Menginap di penginapan murah memang akan berdampak pada minimnya fasilitas.

Kendaraan Cidomo di Lombok, sumber ig sanomarina
Transportasi Tradisional Lombok, sumber ig @sanomarina

Namun ini tidak menjadi masalah apabila Anda bisa mengunjungi obyek wisata yang mempesona di Lombok. Lebih tidak masalah lagi apabila bisa mengunjungi obyek-obyek wisata yang mempesona dan hemat biaya.

5. Mencari Alternatif Obyek Wisata Hemat

Ada banyak obyek wisata yang mempesona di Lombok. Pantai-pantai indah, pulau kecil yang disebut gili, bahkan terdapat air terjun dan gunung. Sebagian besarnya menarik biaya tiket masuk untuk pengunjung.

Tiket masuk yang harus dibayarkan tidak semuanya mahal. Ada harga tiket yang terjangkau bahkan beberapa tempat masih tidak memerlukan biaya tiket masuk untuk kunjungan. Carilah informasi berbagai spot wisata hemat di Lombok.

Namun bukan berarti kualitas dan pesona spot wisata yang kita pilih tidak seberapa. Masih terdapat banyak alternatif disamping lokasi wisata yang mewah. Biasanya, lokasi wisata yang mewah dengan tiket masuk mahal oleh karena dikelola oleh swasta.

Untuk mencari lokasi wisata yang terjangkau dan mempesona Anda bisa bertanya dengan teman-teman Anda yang berasal dari Lombok. Karena biasanya banyak orang Lombok yang merantau ke berbagai daerah yang bisa menjadi sumber informasi.

6. Berteman Dengan Penduduk Asli

Spot Wisata Hemat di Lombok, sumber ig lelucky_tour
Spot Wisata Hemat di Lombok, sumber ig @lelucky_tour

Tidak ada salahnya untuk Anda berteman dengan penduduk asli Lombok. Penduduk asli tidak harus pada saat yang sama tinggal di Lombok. Bisa penduduk asli Lombok yang sedang merantau ke daerah Anda.

Jika sulit, Anda juga bisa berteman melalui komunitas-komunitas di media sosial. Setelah berkenalan dan berkomunikasi di media sosial, Anda bisa bertanya berbagai hal terutama mengenai lokasi wisata termasuk lokasi wisata lainnya. Namun harus tetap waspada ya!

7. Perlukah Membeli Oleh-oleh?

Bagi sebagian orang, tidak lengkap rasanya jika berliburan tanpa membawa pulang oleh-oleh. Tetapi sebagian yang lain juga tidak ingin merasa kerepotan karena membawa pulang banyak oleh-oleh. Solusinya bagaimana?

Bagi yang tidak ingin repot membawa pulang oleh-oleh karena barang bawaan yang semakin banyak, jangan khawatir. Nikmati perjalanan wisata Anda semaksimal mungkin. Karena itu yang menjadi target utama.

Bagi yang ingin membawa pulang oleh-oleh sebagai kenangan setelah berwisata di Lombok, dapat memilih alternatif. Karena terdapat lokasi untuk mendapatkan harga terjangkau dan cinderamata yang ekonomis namun berkualitas. Jadi, Anda termasuk yang mana?

8. Memiliki Persediaan Bekal

Untuk berbagai kebutuhan selama berwisata mulai dari barang pakai atau yang habis sekali konsumsi seperti alat mandi dan makanan, Anda dapat menyediakannya saat berangkat. Tentu saja persediaan yang jumlahnya tidak membebani biaya perjalanan.

Ilustrasi Perlengkapan Wisata Lombok

Jika memiliki persediaan bekal, biaya yang ada bisa seefisien mungkin dialokasikan untuk wisata termasuk membeli oleh-oleh. Jadi tidak perlu lagi mengeluarkan biaya terhadap kebutuhan yang seharusnya bisa tersedia saat keberangkatan.

9. Berjalan kaki

Saat berwisata, terkadang banyak yang memanfaatkan jasa tranportasi lokal. Meskipun masih terdapat yang terjangkau seperti transportasi tradisional, namun berjalan kaki pada saat sebagian besar perjalanan dapat menghemat biaya.

Memang tidak mungkin sepenuhnya tanpa alat tranportasi, tetapi jika spot-spot yang berdekatan dikunjungi dengan berjalan kaki, ada sensasi tersendiri. Karena bisa secara langsung merasakan suasana alam Pulau Lombok.

10. Rajin Bertanya

Jika ingin berjalan kaki mengunjungi berbagai lokasi wisata yang berdekatan, Anda harus memahami lokasinya terlebih dahulu. Maka, rajin-rajinlah bertanya kepada penduduk lokal. Kebanyakan penduduk lokal begitu ramah untuk memberi informasi.

Selain itu, dengan rajin bertanya, waktu untuk menuju lokasi bisa lebih efisien dibandingkan menelusuri sendiri dengan petunjuk map. Karena lokasi persisnya hanya bisa diketahui secara langsung melalui informasi dari penduduk lokal.

Itu dia berbagai tips wisata Lombok murah yang dapat Anda coba. Selebihnya tetap saja bergantung pada situasi dan kondisi yang dihadapi masing-masing. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Nantikan berbagai ulasan menarik lainnya di mobillombok.com terkait obyek wisata, rental mobil, tips liburan dan informasi lainnya. Berikan saran dan kritik Anda di kolom komentar ya!