Beranda » Tips Berwisata » Tips Mengatur Barang Bawaan Saat Berwisata

Saat anda melakukan perjalanan keluar kota, entah berlibur ke rumah keluarga, berlibur ke rumah kerabat, pergi untuk berbisnis, atau berwisata ke tempat wisata. Pasti salah satu kendala yang membuat anda pusing yaitu mengatur barang bawaan agar tidak terlalu merepotkan anda selama perjalanan, meskipun anda menggunakan jasa agen wisata saat berwisata. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa barang merupakan kebutuhan yang penting juga bagi anda selama perjalanan karena gak mungkin setiap barang yang anda butuhkan harus anda beli selama perjalanan !, barang yang dibutuhkan tersebut berupa pakaian, makanan, minuman, dsb.

Dengan banyaknya barang yang dibawa oleh anda, maka hal penting yang harus anda pikirkan bagaimana caranya mengatur barang bawaan agar tidak terlalu merepotkan atau bahkan tidak mengganggu anda selama perjalanan ?. Baiklah, berikut ini kami akan memberikan tips untuk anda agar lebih muda mengatur barang bawaan selama berwisata.

Mengatur Barang Saat Berpergian, Sumber Foto @Thinkstock

1. Memilih Barang yang Penting Digunakan

Langkah pertama yang anda lakukan yaitu memilih barang yang penting untuk digunakan. Semua barang pasti anda butuhkan saking banyaknya barang yang anda butuhkan kadang kala anda membawa semua barang tersebut, padahal kenyataanya selama perjalanan tidak semua barang yang anda bawa akan digunakan.

Oleh karena itu, anda harus memilih barang yang penting untuk digunakan selama perjalanan, diusahakan memilih barang yang berhubungan dengan pribadi anda atau orang lain yang pergi dengan anda saat itu. Langkah ini dilakukan bertujuan untuk mengurangi barang bawaan selama perjalanan.

2. Menata Barang yang Dipilih

Langkah kedua yang anda lakukan yaitu menata barang yang dipilih. Menata barang dalam hal ini yaitu melipat pakaian, menyimpan makanan, minuman, atau barang lainnya menggunakan alat khusus. Diusahakan saat melipat pakaian dengan cara melipat pakain dari masing-masing sisi kemudian menggulungnya, cara ini bertujuan agar pakaian tidak terlalu mengambil tempat saat disimpan dalam ransel atau koper.

Sedangkan untuk makanan, minuman, atau barang lainnya disimpan menggunakan alat tertentu, misal makanan disimpan dalam toples / kotak makanan, minumam disimpan dalam botol, dan barang lainnya disimpan dalam alat khusus yang memudahkan anda untuk menggambilnya saat dibutuhkan.

3. Memisahkan Barang Berdasarkan Fungsinya

Langkah ketiga yang anda lakukan yaitu memisahkan barang beradasarkan fungsinya dari pakaian, makanan, minuman, dan barang lainnya. Langkah ini bertujuan memudahkan anda saat menata barang tersebut dalam ransel atau koper.

4. Memilih Ransel / Koper yang Minimalis

Langkah keempat yang anda lakukan yaitu memilih ransel atau koper yang minimalis, diusahakan dalam memilih ransel atau koper pilihlah yang memungkinkan semua barang yang dibawa bisa ditampung dan ukuran ransel atau koper yang dipilih usahakan minimalis.

 

5. Menata Barang kedalam Ransel / Koper

Langkah kelima yang anda lakukan yaitu menata barang kedalam ransel atau koper. Saat menata barang kedalam ransel atau koper diusahakan menata barang dengan rapi dan menyimpan pada posisi yang memudahkan anda untuk mengambil saat dibutuhkan. Misal untuk pakaian yang setiap saat anda ganti atau gunakan disimpan lebih atas dibandingkan pakaian yang jarang anda gunakan, sedangkan untuk makanan, minuman, dan barang lainnya simpanlah berbeda tempat dengan pakaian atau ditempat tersendiri sehingga saat anda mengambilnya lebih mudah.

Tidak kalah pentingnya untuk menyisahkan ruang didalam ransel atau koper, agar saat membutuhkan barang sewaktu-sewaktu yang letaknya paling bawah atau paling pojok lebih mudah diambil karena ada ruang tersesisa untuk memindahkan barang yang menghalanginya.

6. Menyediakan Tas Kecil

Langkah keenam yang anda lakukan yaitu menyediakan tas kecil. Menyedikan tas kecil memang penting karena disimpan untuk barang-barang yang sering digunakan sepeerti handphone, dompet, sapu tangan, sapu muka, tisu, dll. Dengan adanya tas kecil maka memudahkan anda menyimpan barang yang sering anda gunakan sehingga saat barang-barang tersebut digunakan anda tidak perlu lagi membuka dan mencarinya dalam ransel atau koper.

Itulah beberapa tips mengatur barang bawaan selama berwisata yang dapat kami berikan untuk anda, semoga tips diatas bermanfaat untuk anda ketika ingin berwisata ataupun berpergian. Selain itu, kami memberikan informasi tambahan untuk anda tentang tips yang dilakukan sebelum berwisata sebagai pelengkap persiapan liburan anda.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Komentar belum ada

Jika Anda Berkenan Tuliskan Komentar

Email anda tidak akan disebar luaskan. Kolom berbintang (*) wajib anda isi.

Komentar yang ingin anda berikan*Nama Anda*Isikan email Anda*Website anda saat ini

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.