Search
Close this search box.

Ikuti Tips Memilih Hotel di Lombok saat Pandemi Ini yuk!

Pada saat pandemi covid-19 seperti sekarang ini, anda diwajibkan untuk berhati-hati dalam melakukan sesuatu. Mulai dari menerapkan protokol kesehatan dimana saja hingga membatasi bertemu orang lain. Begitu juga dalam memilih hotel atau penginapan saat pergi liburan ke Lombok, diperlukan beberapa tips agar meminimalisir anda tertular virus covid-19.

Anda akan tetap aman dan nyaman selama berlibur ketika mengikuti peraturan yang telah ditetapkan pemerintah. Pastikan anda telah melakukan vaksinasi tahap pertama, karena hal tersebut merupakan persyaratan wajib yang telah ditentukan sebagai syarat perjalanan. Selain itu juga diperlukan melakukan swab PCR terlebih dahulu, apabila menunjukkan hasil negatif maka anda bisa meneruskan perjalanan.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menekan laju penularan covid-19. Nah apabila anda telah memenuhi persyaratan tersebut, maka anda bisa berlibur dengan aman dan nyaman di pulau Lombok yang cantik ini. Namun perlu diingat bahwa anda tetap harus menjaga protokol kesehatan dimanapun itu, penggunaan masker dan jaga jarak merupakan hal yang wajib.

Saat berlibur di Lombok anda bisa menggunakan jasa sewa mobil lombok lepas kunci, supaya lebih nyaman selama menghabiskan waktu di Lombok. Jika sudah menemukan jasa rental mobil yang sesuai, waktunya memilih penginapan yang aman untuk di sewa anda beserta keluarga saat pandemi seperti ini. Tujuannya agar anda bisa lebih berhati-hati dalam memilih hotel agar tidak tertular covid-19.

Katamaran Hotel dan Resort di Lombok, Sumber : agoda.com
Katamaran Hotel dan Resort di Lombok, Sumber : agoda.com

Tips Memilih Hotel Ketika Pandemi

Mengingat situasi seperti ini, maka memilih hotel yang aman dan tepat saat pandemi merupakan sebuah keharusan. Tujuan anda liburan adalah ingin menghilangkan stres dan penat, bukannya mencari penyakit. Oleh sebab itu perlu melakukan beberapa persiapan untuk liburan sesuai prokes, salah satunya memilih hotel.

1. Hindari Lokasi Hotel di Area Zona Merah

Tips memilih hotel yang pertama ialah sebisa mungkin mencari hotel yang tidak berlokasi di zona merah covid-19. Wilayah yang terkonfirmasi ke dalam zona merah berarti memiliki tingkat penularan yang tinggi. Perlu diperhatikan lagi ketika anda memilih hotel, pastikan bahwa hotel yang akan anda tempati tersebut berada di zona aman covid-19.

Namun jika anda terpaksa menginap di hotel yang berada di zona merah penyebaran covid-19, maka pilihlah hotel yang benar-benar menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu anda juga diwajibkan untuk memperketat prokes itu sendiri.

Ilustrasi zona bebas covid-19, Sumber : jatim.suara.com
Ilustrasi zona bebas covid-19, Sumber : jatim.suara.com

2. Pastikan Kondisi Tubuh Sehat dan Membawa Peralatan Pribadi Lengkap

Saat menginap di hotel, pastikan juga bahwa kondisi tubuh anda sehat dan fit. Tidak ketinggalan juga, bawa perlengkapan pribadi yang memadai. Mulai dari peralatan ibadah, obat-obatan pribadi (seperti vitamin dan yang lainnya), hand sinitizer, masker, serta peralatan pribadi yang anda butuhkan selama liburan. Semua perlengkapan tersebut diperlukan untuk memastikan anda nyaman saat bepergian.

Perlengkapan pribadi ini juga berguna pada saat anda mendatangi lokasi wisata di Lombok seperti Gili Trawangan atau yang lainnya. Misalnya saja membawa peralatan makan sendiri akan lebih aman saat anda mengunjungi rumah makan.

Kotak p3k, Sumber : doktersehat.com
Kotak p3k, Sumber : doktersehat.com

3. Tidak Menggunakan Fasilitas Umum

Di setiap hotel tentu saja terdapat fasilitas-fasilitas yang telah disiapkan untuk pengunjung. Ada yang bersifat fasilitas pribadi dan fasilitas umum. Agar mengurangi penularan virus corona, maka anda harus menhindari fasilitas umum yang biasa digunakan bersama dengan pengunjung hotel lainnya. Misalnya saja kolam renang umum, tempat olahraga, dan fasilitas umum lainnya.

Namun jika terdapat fasilitas hotel pribadi seperti kolam renang yang ada di kamar, maka anda bisa menggunakannya dengan nyaman. Karena yang akan menggunakan kolam tersebut hanya anda dan keluarga yang satu kamar dengan anda.

Ilustrasi kolam renang umum di hotel, Sumber : pegipegi.com
Ilustrasi kolam renang umum di hotel, Sumber : pegipegi.com

4. Pastikan Hotel Memiliki Protokol Kesehatan Ketat

Setiap hotel wajib menerapkan protokol kesehatan demi menjaga kenyaman dan keamanan seluruh pengunjung maupun staf hotel. Protokol kesehatan bisa dilakukan di setiap sudut hotel misalnya saja dengan rutin membersihkan setiap kamar sebelum digunakan tamu serta membersihkan tempat-tempat yang sering tersentuh tangan, contohnya tombol lift.

Selain itu juga diberlakukan wajib menggunakan masker untuk tamu dan karyawan yang ada. Dilakukan pula pengecekan suhu dan cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer ketika akan memasuki hotel. Tidak lupa untuk memberlakukan jaga jarak untuk pelayanan umum seperti ruang tunggu dan resepsionis. Memilih hotel yang aman juga merupakan tips aman liburan saat pandemi.

Ilustrasi penerapan prokes di hotel, Sumber : ngopibareng.id
Ilustrasi penerapan prokes di hotel, Sumber : ngopibareng.id

5. Pilihlah Kamar yang Memiliki Cukup Ventilasi

Penggunaan ventilasi yang baik maka akan mempengaruhi pula sirkulasi udara yang dihasilkan. Jika di kamar anda tidak memiliki ventilasi yang cukup, maka sirkulasi udara di ruangan tersebut akan buruk. Anda bisa memilih kamar hotel dengan jendela yang besar dan bisa dibuka, supaya dapat terjadi pertukaran udara di dalam ruangan dan luar ruangan.

Banyak hotel yang membuat kanopi kecil balkon teras. Anda bisa duduk di kursi yang ada di balkon untuk mencari udara segar saat menginap di hotel. Lumayan bisa menjadi penghilang rasa jenuh seharian di kamar.

Jendela hotel sebagai ventilasi udara, Sumber : masonpinehotel.com
Jendela hotel sebagai ventilasi udara, Sumber : masonpinehotel.com

6. Pastikan Hotel Memiliki Layanan Antar Makanan ke Kamar

Biasanya beberapa hotel menerapkan sistem buffet untuk makan di hotel. Karena sedang pandemi seperti saat ini, tidak mungkin untuk makan dengan sistem seperti itu. Oleh sebab itu, pastikan bahwa hotel yang anda tempati melayani pesan dan antar makanan ke kamar. Sehingga anda bisa menikmati makanan dengan nyaman dan aman di dalam kamar, tanpa harus bertemu dengan pengunjung lainnya.

Terdapat layanan antar makanan ke kamar, Sumber : travel.okezone.com
Terdapat layanan antar makanan ke kamar, Sumber : travel.okezone.com

7. Membawa Koper Sendiri

Saat pertama kali tiba di hotel, lebih baik anda membawa barang-barang bawaan sendiri ke dalam kamar. Hal ini bertujuan untuk mengurangi intensitas barang bawaan anda terkontaminasi dengan orang lain. Apabila anda membawanya sendiri anda bisa lebih terjaga. Kemudian setelah sampai ke dalam kamar, anda bisa menyemprotkan bagian luar tas atau koper dengan cairan disinfektan.

Ilustrasi membawa koper, Sumber : wowkeren.com
Ilustrasi membawa koper, Sumber : wowkeren.com

Untuk anda yang berencana liburan ke Lombok maka persiapkanlah dari sekarang, anda bisa mempersiapkan paket liburan hingga sewa mobil saat berada di pulau cantik ini. Anda bisa menghubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait cara pemesanan paket liburan maupun sewa mobil. Silahkan hubungi kami melalui kontak yang tertera di laman website Mobil Lombok ini.

Tinggalkan komentar