082 339 443 335 info@mobillombok.com

Mendaki gunung bukanlah perkara yang sederhana atau mudah. Harus ada persiapan yang perlu dipersiapkan dengan matang, salah satunya adalah packing tas carrier. Dalam packing (pengepakan) tas carrier diperlukan cara packing yang baik dan benar agar ketika menenteng tas dipunggung, punggung terasa nyaman dan tidak cepat terasa pegal. Berikut tips cara packing yang dapat kami bagikan untuk anda :

Memilah Barang Bawaan

Pilihlah barang-barang yang mendukung pendakian anda, bila perlu buat list atau daftar kebutuhan anda selama mendaki. Perlu anda ingat pilihlah barang sesuai kebutuhan anda dan medan mendaki, utamakan yang paling sering dibutuhan bukan yang diinginkan.

Menimbang Barang Bawaan

Timbang beban barang bawaan anda sesuai kapasitas tubuh anda, maksimal beban barang bawaan ¾ dari berat badan anda. Misal berat badan anda 60 kg sehingga beban barang bawaan ¾ x 60 kg = 45 kg maka maksimal beban barang bawaan anda sebesar 45 kg. Jangan terlalu over dari beban barang bawaan maksimal kalau belum terbiasa karena akan terasa menyiksa pundak anda dan akan menyulitkan anda selama proses pendakian. Kalau bisa usahakan pilih barang yang ringan (ultralight) agar beban barang bawaan anda tidak over.

Mengemas Barang Bawaan

Kemas barang sesuai jenis atau dikelompokan dalam kantong plastik masing-masing. Misal baju dipisah sendiri, makanan sendiri, jaket sendiri, dan seterusnya. Barang jangan dicampur karena akan menyusahkan anda untuk mencarinya ketika akan menggunakan barang tesebut. Usahakan dikemas semua kedalam plastik dan didouble plastik untuk mencegah kebocoran saat keadaan basah.


Menata Barang Bawaan

Ada dua jenis penataan barang saat dimasukan ke dalam carrier, yakni :

  • Dilapisi gulungan matras, cara ini akan mengurangi volume matras jika barang kita sedikit tidak masalah. Karena matras akan membantu menahan air masuk kedalam carrier ketika kondisi basah atau sedang hujan.
  • Matras diluar, ini akan memaksimalkan ruangan yang ada didalam carrier biasanya untuk ekspedisi panjang karena barang yang akan dimasukan bisa muat banyak ata maksimal. Namun wajib anda lapisi dengan kantong plastik yang rapat untuk menghindari air masuk agar tidak membasahi barang anda.

Seimbangkan Tas Carrier

Tas carrier Anda harus dalam posisi seimbang. Cara memastikanya dengan mendirikannya di tempat yang datar, jika miring ke salah satu arah maka segera atur kembali barang yang ada di dalam tas carrier anda sampai tas carrier tidak jatuh ke salah satu arah. Tas carrier yang seimbang akan memudahkan anda dalam bergerak selama pendakian.

Sisipkan Benda atau Barang

Tas carrier biasanya memiliki saku-saku kecil di sekitaranya. Di saku kecil inilah anda dapat menggunakannya sebagai tempat untuk botol minum, alat pemotong atau pisau, matras, atau benda lainnya yang sering anda butuhkan selama proses pendakian. Sedangkan barang kecil lainnya seperti korek, kompas, dan senter dapat disisipkan di saku baju atau celana.

 Baca Juga Tips Sholat Saat Berwisata

Membawa Tas Kecil

Tas kecil sangat berguna untuk membawa benda kecil dan berharga, seperti dompet, ponsel, plester, kamera saku, dan sebagainya. Tas kecil ini ditujukan untuk kemudahan dalam mengambil dan menyimpan benda-benda berharga yang sering anda gunakan.

Peletakkan Matras

Baik di dalam maupun di luar tas carrier, pastikan matras anda dalam posisi vertikal. Jangan meletakkan matras dalam posisi horisontal karena lebarnya akan lebih lebar dari badan anda. Hal ini menyebabkan gerakan anda bisa terganggung ketika matras tersebut menabrak atau tersangkut sesuatu. Penempatan matras di dalam tas carrier memiliki kekurangan dan kelebihan sebagai berikut :

Kelebihan

  • Carrier akan terlihat kokoh dan mudah mengatur packing karena dinding carrier menjadi lebih keras.
  • Bagian samping terlindung dari rembesan air ketika hujan atau kondisi basah.
  • Melindungi gesekan lapisan dalam tas carrier dengan benda-benda yang di bawa.

Kekurangan

  • Ruangan dalam tas carrier akan berkurang.
  • Tidak bisa melepas matras saat istirahat karena sudah terjepit.
  • Mengeluarkan matras baru bisa dilakukan dengan mudah setelah sebagian besar barang telah dikeluarkan dari dalam carrier.
  • Untuk tas berbentuk melengkung, matras gulungan tidak bisa dimasukkan ke dalam tas carrier, solusinya dengan membawa matras aluminium.