082 339 443 335 info@mobillombok.com

Lombok saat ini menjadi salah satu tempat tujuan wisata favorit bagi banyak orang. Ada banyak objek wisata baru yang bermunculan di Lombok. Lombok juga menjadi salah satu alternatif wisata internasional setelah Bali. Banyak juga turis internasional yang datang dari banyak negara.

Objek wisata di Lombok memang sangat lengkap, mulai dari wisata budaya, wisata adat, wisata perkotaan, hingga wisata alam. Selain itu, Lombok juga terkenal dengan wisata pegunungan yang indah, yaitu Gunung Rinjani, yang banyak dimanfaatkan para wisatawan untuk melakukan pendakian. Gunung Rinjani juga disebut-sebut sebagai gunung tercantik di Indonesia.

Lombok juga terkenal dengan wisata laut dan pantainya yang sangat indah. Ada juga beberapa pulau kecil yang disebut Gili yang bisa disebrangi. Selain Gili Trawangan, ada Gili lainnya yang tak kalah indah. Berwisata ke Lombok tentu akan sangat menyenangkan dengan banyak pilihan wisatanya.

Tujuan Wisata Lombok, sumber ig thebaliexpert
Tujuan Wisata Lombok, sumber ig @thebaliexpert

Tips Wisata Lombok

Tips wisata adalah salah satu yang memiliki manfaat saat kita akan merencanakan berliburan. Bagi Anda yang hendak berwisata ke Lombok, berikut uraian mengenai tips berwisata ke Lombok yang perlu Anda ketahui.

1. Menentukan Tujuan Wisata

Lombok punya banyak sekali pilihan objek wisata, mulai wisata budaya, wisata adat, wisata desa, hingga wisata alam yang mempesona. Oleh karena itu, sebelum berkunjung ke Lombok, pastikan objek apa saja yang akan dituju.

Buat list daftarnya sebagai acuan wisata Anda. Sesuaikan dengan selera dan kebutuhan wisata Anda. Jika berwisata dengan teman atau keluarga, pastikan semuanya setuju dengan daftar objek wisata tersebut.

2. Mengatur Jadwal Keberangkatan

Keberangkatan adalah hal utama bagi Anda yang hendak berwisata. Anda harus bisa mengatur sedemikian rupa jadwal Anda. Anda bisa mengaturnya dengan menyesuaikan dana Anda maupun kondisi lainnya. Jangan sampai wisata Anda mengganggu aktivitas Anda yang lain, seperti pekerjaan Anda maupun kuliah Anda.

3. Menyiapkan Kendaraan Yang Sesuai

Lombok bisa diakses dengan banyak moda transportasi, mulai transportasi darat, laut, maupun udara. Tentukan jenis kendaraan yang sesuai untuk menuju Lombok. Jika kamu berdomisili di Bali, maka perjalanan darat dan laut akan lebih murah. Namun jika kamu berdomisili di daerah yang jauh dari Lombok, tentu saja moda transportasi udara lebih efektif.

Kapal di Lombok

4. Menyiapkan Kondisi Fisik

Kebanyakan wisatawan yang menuju Lombok adalah wisatawan yang datang dari banyak daerah. Jika kamu berasal dari daerah yang cukup jauh, maka kondisi fisik yang prima pasti dibutuhkan.

Apalagi saat berwisata biasanya akan digunakan pula transportasi laut untuk menyeberang ke gili. Jangan sampai mabuk mengganggu perjalanan hanya karena kurang mempersiapkan kesehatan fisik. Jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan yang diperlukan seperti P3K dan juga obat pribadi.

5. Merencanakan Perjalanan

Rencana atau planning merupakan hal yang penting agar Anda dapat menikmati wisata tanpa suatu permasalahan. Ketika Anda merencanakan perjalanan Anda, maka Anda harus memperhatikan beberapa kondisi yang ada.

Seperti keadaan dari suatu tempat wisata yang ada di Lombok yang akan Anda kunjungi. Jadi, dengan perencanaan akan jelas arah dan tujuan. Semisal dari gili trawangan kemudian akan mengunjungi air terjun di Lombok Timur atau tempat wisata yang lainnya.

Penginapan Di Lombok, sumber ig rajavillalombok
Penginapan Di Lombok, sumber ig @rajavillalombok

6. Menentukan Tempat Penginapan Yang Sesuai

Backpacker pasti akan sangat terbantu dengan adanya penginapan gratis di Lombok. Di Lombok saat ini ada sebuah rumah singgah yang bisa dijadikan tempat menginap secara gratis. Hal ini pasti akan sangat membantu menghemat biaya perjalanan. Carilah informasi penginapan gratis atau rumah singgah tersebut jika memang tertarik.

Jika tidak ingin menginap secara gratis, masih ada banyak penginapan atau hotel yang bisa disewa. Usahakan menginap di hotel yang sesuai dengan budget dan tujuan wisata Anda agar perjalanan menjadi lebih efektif dan efisien. Jangan lupa juga untuk memesan penginapan atau hotel dari jauh-jauh hari. Apalagi jika kamu berwisata saat musim liburan tiba. 

7. Menentukan Budget Wisata

Sebelum berangkat, cari referensi sebanyak-banyaknya mengenai budget atau biaya selama wisata. Tentukan budget yang sesuai dengan targetmu. Jangan sampai budget liburan melebihi target. Jangan jadikan wisatamu menjadi kegiatan yang terlalu menghambur-hamburkan uang.

8. Berwisata Sesuai Rute

Berwisata sesuai rute akan menjadikan wisata Anda lebih efektif dan efisien. Jika ingin berwisata di daerah Sembalun, maka carilah objek wisata yang sesuai dengan rute, misalnya perbukitan atau air terjun. Begitu pula jika ingin berwisata ke kawasan Gili. Cari objek wisata yang searah dengan rute perjalanan.

9. Berwisata Pada Saat Musim Kemarau

Keindahan Lombok akan bisa didapatkan secara maksimal jika berwisata saat musim kemarau. Saat musim hujan, wisata bisa jadi terganggu. Apalagi wisata di pulau kecil atau pantai. Selain itu, objek wisata alam akan terlihat lebih menawan pemandangannya jika didatangi di hari yang cerah.

Kendaraan Cidomo di Lombok, sumber ig sanomarina
Transportasi Tradisional Lombok, sumber ig @sanomarina

10. Membeli Oleh-oleh Seperlunya

Lombok menjanjikan wisata belanja yang pasti menarik hati. Namun jangan terlalu boros dalam berbelanja. Beli oleh-oleh seperlunya saja. Sebisa mungkin, beli oleh-oleh yang tidak ada di tempat lain, seperti tenun Lombok atau aksesoris yang benar-benar khas Lombok. Karena di Lombok ada banyak oleh-oleh yang sebenarnya bisa didapatkan di tempat lain. Carilah oleh-oleh yang unik.

11. Menawar Harga

Saat berbelanja, ada baiknya menawar harga. Apalagi untuk wisata belanja di pasar yang tidak terdapat label harga di barang dagangannya. Tentu harga oleh-oleh yang murah akan menguntungkan.

12. Menyewa Kendaraan Untuk Berkeliling

Jika tidak memiliki kendaraan atau tidak ikut dalam program dari agen perjalanan, ada baiknya menyewa kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Tentu membawa kendaraan sendiri akan lebih membantu.

Demikian ulasan mengenai tips berwisata ke Lombok yang perlu Anda ketahui. Dengan tips-tips tersebut tentu wisata Anda akan terencana secara baik. Semoga informasi ini bermanfaat. Nantikan ulasan wisata Lombok lainnya di mobillombok.com.