082 339 443 335 info@mobillombok.com

Setiap melakukan kegiatan kunjungan atau liburan ke daerah daerah tertentu seperti pulau lombok, pastinya anda tidak akan lepas dari namanya berburu souvenir. Banyak souvenir yang dapat anda temukan di pulau lombok yaitu meliputi makanan khas seperti sei sapi, pakaian khas seperti perlengkapan adat pria suku sasak, dan lain sebagainya.

Dalam kegiatan berburu souvenir di tempat wisata pulau lombok tentunya beberapa atau hampir setiap toko penyedia barang tersebut akan memberikan harga yang lumayan tinggi dibanding dengan berbelanja diluar tempat wisata. Oleh karena itu sebelum berbelanja pakaian, anda perlu mengetahui mengenai tips berbelanja agar mendapat harga jual yang sesuai.

Selanjutnya sebelum kami memberikan beberapa tips berbelanja pakaian, ada informasi yang perlu anda ketahui yaitu berkaitan dengan tempat perbelanjaan. Untuk tempat belanja di Lombok yang terkenal berkaitan dengan pakaian yaitu lombok exotic sentral, sasaku lombok, dan lain sebagainya. Langsung saja berikut ini tips berbelanja pakaian di pulau lombok:

1. Lihatlah Ulasan Beberapa Tempat Rekomendasi

Sebelum berbelanja, tentu anda akan mencari toko souvenir saat berada di lombok dan tentu karena belum mengetahui tempatnya maka anda akan berusaha mencarinya melalui website. Anda tidak perlu khawatir karena beberapa tempat atau toko souvenir terkhusus di pulau lombok sudah sangat banyak bertebaran di website.

Belanja Kaos, Sumber: Google
Lihatlah Ulasan Tempat Rekomendasi, Sumber: Google

Oleh karenanya hal pertama yang harus anda lakukan adalah membaca dan melihat terlebih dahulu ulasan ulasan yang dibuat beberapa wisatawan yang telah mengunjungi toko tersebut sebelumnya. Biasanya dalam setiap ulasan yang diberikan sekaligus terdapat rating toko didalamnya oleh karenanya hal ini penting untuk dilakukan.

2. Selalu Membawa Uang Cash

Di Setiap tempat liburan apalagi posisinya berada jauh dari perkotaan, tentu akan sulit untuk menemukan mesin ATM untuk mengambil uang dari kartu debit anda. Oleh karenanya uang cash menjadi opsional satu satunya untuk digunakan maka jangan sampai lupa untuk selalu membawa uang cash.

Untuk mendapat uang cash sendiri, anda dapat lakukan Tarik tunai terlebih dahulu saat menemukan mesin ATM selama diperjalanan. Setelah menarik tunai, anda juga jangan lupa sediakan uang receh dimana hal ini berfungsi untuk selalu membayar dengan uang pas ke pedagang di tempat wisata yang dikunjungi.

3. Pintar-pintarlah Dalam Menawar

Tips selanjutnya saat ingin berbelanja di suatu toko souvenir, jangan lupa untuk menawar dengan kemampuan terbaik anda. Karena biasanya banyak pemilik toko yang memberikan harga tinggi untuk mempersiapkan pelanggan pelanggan seperti anda menawar dengan gila gilaan.

Belanja Kaos Lombok, Sumber: Google
Pintar-pintarlah Dalam Menawar, Sumber: Google

Biasanya para pemilik toko akan menaikan harga dagangan mereka dikala musim liburan telah tiba, hal ini untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Maka dari itu, bila Anda melakukan sedikit penawaran hal ini tentu akan menguntungkan Anda namun juga tidak akan merugikan pedagang. Tentunya dengan penawaran yang seimbang dengan kualitas barang yang ditawarkan ya sobat.

4. Sebelum Membeli Bandingkanlah Terlebih Dahulu Harga yang Ditawarkan

Selanjutnya sebelum membeli pakaian, lebih baiknya anda melakukan riset atau perbandingan terlebih dahulu agar memberikan ketenangan di hati anda. Pastinya saat setelah membeli barang dengan harga tertentu dan lanjut ke pedagang selanjutnya menemukan harga yang lebih murah, hal ini akan membuat anda merasa menyesal. Oleh karena itu hal ini penting anda terapkan.

Selain membandingkan masalah harga, anda juga dapat membandingkan masalah kualitas barang yang dijual dari beberapa toko. Jika hal demikian sudah dilakukan maka akan memberikan anda kepuasan setelah melakukan transaksi jual beli.

5. Carilah Barang yang Sedang Trend

Sebelum melakukan pembelian barang, ada baiknya anda mengecek terlebih dahulu di laman media cetak dan elektronik mengenai souvenir yang sedang trend di pulau Lombok. Hal itu dilakukan agar barang yang anda bawa memiliki nilai lebih di mata teman teman atau keluarga anda dirumah.

Kaos Lombok, Sumber: Google
Cari Barang yang Trend, Sumber: Google

Perlu digaris bawahi, bukan berarti setiap berbelanja dirimu hanya fokus membeli fashion item yang sedang tren. Namun, juga harus diseimbangkan dengan berbagai fashion item yang sifatnya tak lekang oleh waktu.

6. Ukurlah Barang Sebelum Membeli

Tips selanjutnya adalah ukurlah barang terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Hal ini dilakukan untuk menghindari ukuran yang tidak pas atau tidak cocok dengan selera anda. Karena hampir di setiap toko souvenir jika pelanggan sudah terlanjur membeli maka tidak boleh untuk ditukar atau dikembalikan.

Selain itu juga selain melakukan pengukuran barang, tentu anda tidak boleh asal mengambil karena memiliki harga yang murah namun perhatikan terlebih dahulu kualitasnya agar tidak menyesal kemudian. Hal ini karena banyaknya kasus wisatawan yang kecewa dengan barang yang dibelinya karena tidak asli atau terdapat kecacatan. Untuk pengecekan kualitas dapat anda mulai dari jahitannya, bahan yang digunakan, ketebalan bahannya, dan masih banyak lagi.

7. Mencari Toko yang Ramai Akan Pengunjung

Setiap memasuki tempat tempat perbelanjaan souvenir, anda tentu bingung harus memulai dari mana, oleh karena itu untuk memudahkan anda carilah toko toko yang ramai akan pengunjung. Biasanya toko toko yang ramai menyediakan souvenir dengan berbagai macam jenis yang berbeda beda, salah satunya adalah jersey unik yang diperoleh langsung dari konveksi jersey daerah perkotaan.

Selain menyediakan berbagai macam jenis souvenir, toko toko yang ramai juga biasanya menawarkan harga yang lebih murah, memiliki pelayanan yang ramah, dan dapat memuaskan pelanggan dibanding dengan toko lain yang tentu kualitasnya tidak usah diragukan lagi.

Itulah beberapa tips dalam berbelanja pakaian di Lombok, semoga dengan penjelasan kami diatas maka akan memberikan tambahan ilmu kepada anda yang sedang membacanya.