Beranda » Tips Berwisata » Menjelajahi Pulau Rinca, Labuan Bajo

Mendengar nama pulau Rinca mungkin bagi anda yang belum pernah berwisata ke Labuan Bajo pasti cukup asing dengan nama pulau yang satu ini. Malahan anda tidak asing dengan nama pulau Komodo dibandingkan nama pulau Rinca. Perlu anda ketahui bahwasanya pulau Rinca termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo bersama dengan pulau Komodo, pulau Padar, dan gili Motong yang merupakan warisan dunia yang telah dinyatakan oleh UNESCO. Seperti apa sih keindahan pulau Rinca ? Berikut ini, kami akan memberikan informasi untuk anda seputar pulau Rinca.

Administratif Pulau Rinca

Pulau Rinca

Pulau Rinca memiliki luas sekitar 18.500 hektar dan menjadi tempat habitat bagi sekitar 2.000 lebih komodo selain yang ada di pulau Komodo. Secara administratif pulau Rinca masuk dalam kawasan kecamatan Komodo, kabupaten Manggarai Barat, propinsi Nusa Tenggara Timur. Jika anda berwisata ke Taman Nasional Komodo rasanya tidak lengkap jika anda hanya mengunjungi pulau Komodo tanpa mengunjungi pulau Rinca untuk melihat komodo secara langsung.

Keunikan Pulau Rinca

Patung Komodo di Pulau Rinca

Apa sih yang unik dari pulau Rinca ? Hal unik yang ada di pulau ini yakni :

  1. Terdapat patung komodo yang tingginya sekitar 3 meter dan terletak di dekat gerbang dermaga atau pintu masuk utama ke pulau Rinca.
  2. Tanah di pulau ini sebagian besar ditutupi oleh padang rumput atau padang savana.
  3. Sepanjang pantai terdapat karang kecil ditambah pasirnya yang putih bersih dan air lautnya yang biru jernih.

Pantai Pulau Rinca

Sehingga bagi anda yang berwisata ke pulau ini dapat mengabadikan momen berwisata dengan mengambil gambar bersama patung komodo, mengambil gambar dengan view padang savana, atau bermain air disepanjang pantai di pulau ini.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Ketika hendak ingin berwisata ke pulau Rinca maka anda harus memperhatikan hal-hal dibawah ini :

  1. Binatang komodo hidup bebas di pulau ini sehingga wisatawan harus mematuhi segala peraturan yang berlaku di pulau ini demi keselamatan diri pribadi dan orang lain.
  2. Diusahakan untuk tidak membawa makanan ringan atau makanan berat selama berada didalam taman komodo karena komodo mampu melacak makanan dari jarak jauh, apalagi memberi makan secara langsung untuk komodo tanpa pengawasan pawang tentu akan sangat berbahaya.
  3. Bagi wanita yang sedang dalam masa bulanan diharuskan untuk tidak berwisata ke tempat ini karena komodo mampu mencium bauh darah.

Tetapi anda tidak perlu khawatir karena sebelum masuk ke Taman Nasional Komodo maka anda akan dijelaskan oleh penjaga taman atau pemandu wisatawan tentang peraturan yang berlaku didalam taman dan lokasi mana saja yang akan ditempuh oleh wisatawan selama didalam taman.

Jenis Hewan di Pulau Rinca

Komodo di Pulau Rinca

Di pulau Rinca anda dapat menemukan beberapa jenis binatang selain komodo seperti babi liar, kerbau, dan beragam jenis burung. Saat anda berkunjung ke tempat ini, anda tidak hanya waspada terhadap komodo tetapi juga harus waspada terhadap babi liar.

Akomodasi ke Pulau Rinca

Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo

Sebelum menuju ke pulau Rinca bagi anda yang berasal dari luar kabupaten Manggarai Barat, terlebih dahulu harus menuju ke Labuan Bajo atau Ibu Kota Manggarai Barat melalui Bandar Udara Komodo Labuan Bajo, Pelabuhan Labuan Bajo, atau Terminal Bus Labuan Bajo. Kemudian menuju ke Kampung Ujung Labuan Bajo menggunakan jasa ojek pangkal dengan tarif mulai dari Rp. 5.000 atau tergantung lokasi keberangkatan anda. Setelah tiba di Kampung Ujung yang harus anda lakukan pertama kali adalah mencari penginapan untuk bermalam, di kampung ini tersedia banyak penginapan dari harga murah sampai mahal tergantung fasilitasnya.

Kalau sudah mendapatkan penginapan, saatnya mencari Tour yang menyediakan paket jelajah pulau Komodo dan sekitarnya. Untuk paket 2D/1N (2 Hari, 1 Malam) anda bisa mendapatkan harga mulai Rp. 500.000 perorang. Harga tersebut sudah termasuk makan dan penginapan tetapi belum termasuk biaya masuk ke Taman Nasional Pulau Komodo. Perlu anda perhatikan jenis kapal yang digunakan oleh Tour yang anda pilih apakah open deck atau close deck ? open deck artinya menginap di kampung pulau Komodo atau Rinca sedangkan jika close deck artinya menginap di kapal.

Daftar Harga Tiket Masuk dan Kegiatan Lain

Dermaga Pulau Rinca

Harga tiket yang berlaku di Taman Nasional Komodo termasuk pulau Rinca, sebagai berikut :

  1. Tarif tiket masuk saat hari kerja sebesar Rp. 5.000 perorang bagi wisatawan lokal dan Rp. 150.000 perorang bagi wisatawan mancanegara. Sedangkan tarif tiket saat hari libur sebesar Rp. 7.500 perorang bagi wisatawan lokal dan Rp. 225.000 perorang bagi wisatawan mancanegara.
  2. Tarif tiket trekking sebesar Rp. 5.000 perorang bagi wisatawan lokal, tarif tersebut belum termaksud wisatawan mancanegara.
  3. Tarif tiket pengamatan kehidupan liar sebesar Rp. 10.000 perorang bagi wisatawan lokal, tarif tersebut belum termaksud wisatawan mancanegara.
  4. Tarif tiket menyelam (scuba diving) sebesar Rp. 25.000 perorang bagi wisatawan lokal, tarif tersebut belum termaksud wisatawan mancanegara.
  5. Tarif tiket snorkeling sebesar Rp. 15.000 perorang bagi wisatawan lokal, tarif tersebut belum termaksud wisatawan mancanegara.

Demikian informasi yang dapat kami berikan untuk anda mengenai pulau Rinca, semoga dengan informasi diatas dapat meningkatkan keinginan anda untuk mengunjungi pulau Rinca.

Review

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Komentar belum ada

Jika Anda Berkenan Tuliskan Komentar

Email anda tidak akan disebar luaskan. Kolom berbintang (*) wajib anda isi.

Komentar yang ingin anda berikan*Nama Anda*Isikan email Anda*Website anda saat ini

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.