082 339 443 335 info@mobillombok.com

Dalam perkembangan teknologi yang semakin lama semakin canggih, segala sesuatunya dapat dilakukan secara online dengan menggunakan smartphone atau perangkat lainnya. Namun segala sesuatunya yang berhubungan dengan perselancaran didunia maya, membutuhkan yang namanya koneksi internet entah menggunakan koneksi internet publik atau koneksi internet kantor.

Dalam kesempatan kali ini kita akan fokus membahas mengenai tips memesan penginapan secara online. Kita tahu seorang wisatawan yang hendak berlibur ke suatu daerah pasti membutuhkan tempat untuk melakukan penginapan. Saat ini untuk mencari penginapan sudah sangat mudah yaitu dapat dilakukan secara online melalui website resmi yang telah disediakan berbagai perusahaan property.

Melakukan reservasi secara online memiliki banyak keuntungan selain menghemat waktu, anda juga dapat menemukan promo yang disediakan dengan harga yang terjangkau. Namun sebelum melakukan pemesanan reservasi ke beberapa hotel, anda perlu membaca beberapa tips memilih hotel atau penginapan secara online seperti berikut ini:

1. Tentukan Dulu Ingin Menginap Di Lokasi Mana

Sebelum melakukan pemesanan penginapan, ada baiknya anda harus menemukan terlebih dahulu lokasi yang akan dijadikan tempat penginapan dengan pertimbangan dekat dengan tempat wisata, berada di pusat kota, dan masih banyak lagi. Alasannya dengan begini akan memberikan banyak waktu kepada anda untuk bersenang senang tanpa harus memikirkan jarak hotel yang akan didatangi.

Menentukan Lokasi Penginapan, Sumber: Unsplash
Menentukan Lokasi Penginapan, Sumber: Unsplash

Setelah memilih lokasi yang sekiranya dekat dengan tempat wisata yang akan dituju, selanjutnya lakukanlah pencarian beberapa hotel yang ada di lokasi tersebut.

2. Cari Situs Pemesanan Online Terpercaya

Tips selanjutnya adalah dalam mencari penginapan, gunakanlah situs booking terpercaya atau melalui website resminya secara langsung. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya tindakan penipuan secara online oleh oknum oknum yang tidak bertanggung jawab.

Saat ini situs situs booking yang terpercaya untuk melakukan pemesanan penginapan sudah banyak tersedia, sehingga anda tidak perlu khawatir.

3. Carilah Penginapan yang Bekerja Sama Dengan Travel Agent

Tips selanjutnya adalah pada saat ingin melakukan pemesanan, carilah penginapan yang telah bekerjasama dengan travel agent. Hal ini dimaksudkan agar segala reservasi dari mulai perjalanan, penginapan, dan hal lainnya dapat digabung sehingga memberikan kemudahan bagi anda untuk mendapat banyak potongan harga.

Karena banyaknya penginapan yang sudah bekerja sama dengan travel agent, sebaiknya lakukan juga yang namanya perbandingan harga untuk mengetahui biaya termurah dan terjangkau untuk budget anda yang pas pasan.

4. Sesuaikan Budget Dengan Biaya Reservasi Penginapan

Tips selanjutnya, sebelum melakukan pemesanan, pastikan biaya yang dikeluarkan tidak melebihi budget yang telah anda sediakan. Bahkan kalau perlu carilah penginapan yang variasi harganya dibawah budget yang telah anda sediakan, hal ini dilakukan yang ketika ada sisa uang dari pemesanan penginapan, dapat digunakan untuk kebutuhan yang tidak terduga.

Menyesuaikan Dengan Badget, Sumber: Unsplash/@mufidpwt
Menyesuaikan Dengan Badget, Sumber: Unsplash/@mufidpwt

Setelah hotel dipesan, urusan belum selesai. Rajin-rajinlah melakukan update kondisi baik dengan situs booking atau dengan hotel terkait. Ini dilakukan untuk mencegah hal-hal seperti pembatalan kamar secara sepihak, kesalahan data pemesan, dan lain-lain. Jangan sampai kita merasa pemesanan kita baik-baik saja, dan baru menyadari ada masalah ketika kita sudah sampai di lokasi.

5. Bandingkan Beberapa Penginapan yang Menjadi Pilihan

Tips selanjutnya adalah saat ingin melakukan pemesanan penginapan, ada baiknya untuk melakukan riset atau perbandingan dari beberapa penginapan yang dipilih sebelumnya. Biasanya jika dilakukan pencarian, akan sangat banyak ditemukan apalagi situs booking online telah tersedi dimana mana.

Selanjutnya usahakanlah untuk rajin rajin melakukan browsing aneka situs booking online di website website resminya. Dengan demikian jika anda menginginkan penginapan yang menawan, hal tersebut dapat dengan mudahnya terwujud. Kuncinya dalam mencari perbandingan adalah kesabaran.

6. Baca Ulasan Dari Beberapa Penginapan Tersebut

Tips selanjutnya saat melakukan pengecekan penginapan melalui website, anda jangan sampai mudah tergiur dengan foto foto cantik yang diberikan pihak penginapan. Karena biasanya sudah banyak yang kecewa dengan tampilan aslinya yang tidak sesuai dengan gambar yang ada

Oleh karena itu sebelum melakukan pemesanan, bacalah testimony atau ulasan dari beberapa pelanggan yang telah menggunakan penginapan tersebut sebelumnya. Jangan hanya membaca pujian, tapi baca juga kritikan orang-orang yang kecewa saat menginap di penginapan tersebut.

7. Lakukan Pemesanan Jauh Jauh Hari Sebelum Liburan Anda Dimulai

Tips selanjutnya, bagi anda yang menginginkan untuk mendapat biaya penginapan yang murah, sebaiknya lakukanlah pemesanan jauh jauh hari sebelum perjalanan liburan anda dimulai. Contohnya 2 atau 3 hari sebelum keberangkatan, lakukanlah pemesanan terlebih dahulu untuk menghindari penuhnya tempat penginapan dan karena hal tersebut beberapa pihak menawarkan harga yang tinggi.

Memesan Penginapan Sebelum Libur, Sumber: Unsplash/@behy_studio
Memesan Penginapan Sebelum Libur, Sumber: Unsplash/@behy_studio

8. Bacalah Aturan Pemesanan Dari Penginapan Anda

Tips selanjutnya saat sudah menetapkan tempat penginapan dan ingin ingin melakukan pemesanan, bacalah peraturan peraturannya terlebih dahulu. Peraturan peraturan tersebut seperti cek betul apakah data kartu kredit yang diberikan hanya untuk konfirmasi pemesanan, atau uang Anda langsung dipotong.

Selanjutnya juga bacalah aturan dari pihak hotel terutama urusan pembatalan, apakah uang Anda dikembalikan atau dipotong. Begitupun aturan menginap, jangan sampai hotel Anda tidak menerima anak-anak padahal Anda ingin berlibur bersama keluarga.

9. Jangan Lupa Bawa Kartu Kredit

Tips terakhir karena pemesanan dilakukan secara online dan menggunakan kartu kredit, maka benda ini tidak boleh dilupakan untuk digunakan sebagai alat cek in kamar hotel. Selain itu juga kartu kredit juga biasanya diminta untuk mengkonfirmasi data yang digunakan oleh anda.

Jika Anda memesan dengan kartu kredit orang lain, Anda bisa meminjamnya jika itu milik anggota keluarga atau teman baik. Anda juga bisa membawa fotokopi untuk ditujukan kepada pihak hotel. Mungkin pihak hotel akan meminta konfirmasi pemilik asli kartu kredit, hal itu bisa saja dilakukan.

Itulah beberapa tips dari kami yang dapat anda lakukan sebelum melakukan pemesanan penginapan secara online. Semoga dengan penjelasan diatas dapat memberikan sedikit informasi dan pelajaran.