Beranda » Tips Berwisata » Asyiknya Menjelajahi Taman Nasional Komodo

Jika anda memiliki kesempatan untuk berwisata ke Labuan Bajo maka objek wisata di Labuan Bajo yang harus anda jelajahi paling utama yaitu Taman Nasional Komodo. Taman Nasional Komodo merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO yang memiliki luas wilayah darat sebesar 603 km² atau sekitar 33,18% dari luas wilayah total 1.817 km². Taman nasional ini terdiri atas tiga pulau besar yaitu pulau Komodo, pulau Rinca, dan pulau Padar serta beberapa pulau kecil lainnya. Jumlah penduduk yang menempati kawasan taman nasional ini sekitar 4.000 jiwa.

Pintu Utama Taman Nasional Komodo, Sumber IG @gregorypeterj

Di kawasan ini terdapat 277 spesies hewan, yang terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia. Bersama dengan komodo, setidaknya 25 spesies hewan darat dan burung termasuk hewan yang dilindungi karena jumlahnya yang terbatas.

Disamping memiliki kekayaan fauna darat taman nasional ini juga memiliki kekayaan fauna laut, setidaknya ditemukan sekitar 1.000 spesies ikan dan terdapat 253 spesies karang pembentuk terumbu, karena kekayaan yang dimilikinya inilah yang membuat Taman Nasional Komodo menjadi incaran wisatawan, baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Lokasi Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo terletak di antara Pulau Sumbawa, Propinsi Nusa Tenggara Barat dan Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur di kepulauan Indonesia Timur. Secara administratif taman nasional ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Penetapan Kawasan Taman Nasional Komodo

  1. Pada tanggal 6 maret 1980, kawasan ini ditetapkan sebagai Taman Nasional Komodo.
  2. Pada tahun 1977, kawasan ini dinyatakan sebagai Cagar Manusia dan Biosfer.
  3. Pada tahun 1991, kawasan ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.
  4. Pada tahun 1992, kawasan ini dinyatakan sebagai Simbol Nasional oleh Presiden Republik Indonesia.
  5. Pada tahun 2000, kawasan ini dinyatakan sebagai sebagai Kawasan Perlindungan Laut.
  6. Pada tahun 2006, kawasan ini dinyatakan sebagai salah satu Taman Nasional Model di Indonesia.

Apa itu hewan komodo ?

Binatang Komodo, Sumber IG @mhmmd_kardawi

Komodo atau biasa disebut biawak komodo (Varanus komodoensis) adalah spesies kadal terbesar di dunia yang termasuk dalam binatang pemakan daging atau karnivora.

Bagaimana komodo mempertahan hidup ?

Komodo yang masih muda mempertahankan hidup dengan cara memangsa serangga, cicak, dan burung sebagai makanannya. Komodo muda sampai berumur dua tahun menghabiskan sebagian besar waktu mereka di pohon untuk melindungi diri dari serangan komodo yang lebih besar atau predator lainnya seperti babi hutan. Sedangkan Komodo dewasa mempertahankan hidupnya dengan memangsa rusa, babi hutan, kuda, dan kerbau air, serta memakan bangkai binatang.

Cara komodo melindungi diri ?

Komodo melindungi diri dengan menggunakan lidahnya untuk mencium bau dan dapat mencium bau hingga jarak 5 km. Air liur komodo mengandung banyak bakteri mematikan, terdapat lebih dari 60 jenis bakteri yang terdapat di dalam air liur komodo dan paling tidak salah satu di antaranya dapat menyebabkan keracunan pada darah. Mangsa yang digigit dapat mati dalam waktu sehari sampai beberapa minggu akibat keracunan dalam darahnya.

Kapan musim berkembangbiak komodo ?

Musim berkembangbiak komodo terjadi pada bulan Juli – Agustus. Komodo betina dapat menghasilkan telur lebih dari 30 butir setiap sarang dan akan menetas 6 – 9 bulan kemudian.

Daya Tarik Taman Nasional Komodo

Kawasan Taman Nasional Komodo, Sumber IG @didaadjienoegraha

Daya tarik utama Taman Nasional Komodo yaitu adanya reptil raksasa purba Biawak Komodo (Varanus komodoensis). Sedangkan keaslian dan kekhasan alam khususnya panorama savana dan panorama bawah lautnya merupakan daya tarik pendukung yang potensial. Di laut potensi wisata bahari yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan saat berkunjung ke kawasan taman nasional ini adalah memancing, snorkeling, diving, kano, bersampan. Sedangkan di daratan potensi wisata alam yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan adalah pengamatan satwa, hiking, dan camping.

Kawasan Taman Nasional Komodo, Sumber IG @exploredolan.id

Anda penasaran dengan keindahan kawasan Taman Nasional Komodo ? agar penasaran anda terobati maka buatlah rencana wisata anda berikutnya untuk mengunjungi Taman Nasional Komodo. Semoga informasi yang kami berikan diatas bermanfaat bagi anda yang ingin melakukan perjalan wisata ke Taman Nasional Komodo.

Review

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Komentar belum ada

Jika Anda Berkenan Tuliskan Komentar

Email anda tidak akan disebar luaskan. Kolom berbintang (*) wajib anda isi.

Komentar yang ingin anda berikan*Nama Anda*Isikan email Anda*Website anda saat ini

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.