Beranda » Tips Berwisata » Mencicipi Kuliner Khas Nusa Tenggara Timur di Labuan Bajo

Labuan Bajo adalah salah satu daerah pariwisata yang berada di bagian timur Indonesia tepatnya di kabupaten Manggarai Barat, propinsi Nusa Tenggara Timur. Saat anda mengunjungi Labuan Bajo tentu tempat wisata yang paling utama yang akan anda kunjungi pasti Taman Nasional Komodo. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa penarik utama wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang berwisata ke Labuan Bajo yakni Taman Nasional Komodo.

Jika anda berwisata ke Labuan Bajo untuk mengunjungi Taman Nasional Komodo sempatkanlah diri untuk mencicipi kuliner khas Nusa Tenggara Timur yang berada di Labuan Bajo agar ketika anda pulang dari Labuan Bajo anda akan selalu mengingat nama Labuan Bajo melalui kuliner khas daerahnya.

Bagi anda yang belum tahu kuliner khas propinsi Nusa Tenggara Timur di Labuan Bajo, berikut ini kami akan memberikan informasinya untuk anda.

1. Se’i

Se’i (Daging Sapi Asap), Sumber IG @seisapilamalera

Se’i (daging asap) adalah masakan yang terbuat dari daging sapi. Dalam proses pembuatannya daging sapi dimasak dengan kayu bakar yang berjarak jauh, sehingga bukan lidah api yang mematangkan daging, melainkan asap panas. Apabila baru diasap, daging ini bisa langsung dimakan dengan mengirisnya secara tipis dan akan lebih gurih jika dimakan dengan menggunakan sambal matang. Namun apabila daging ini telah disimpan beberapa hari, maka harus digoreng kembali atau dimasak dalam tumisan bunga pepaya dan sayur-mayur lainnya agar menambah citarasa gurih pada masakan ini.

2. Jagung Bose

Jagung Bose, Sumber IG @ntt_hidden_paradise

Jagung Bose adalah masakan yang berbahan utama jagung dengan bahan tambahan campuran dari kacang-kacangan seperti kacang tanah dan kacang merah. Tidak lupa, yang menambah citarasa gurih jagung bose karena adanya tambahan santan kelapa dan bumbu penyedap rasanya yang khas. Serta yang tidak kalah penting jagung bose ternyata mengandung karbonhidrat yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi.

Baca juga: Oleh-oleh Khas Labuan Bajo

3. Jagung Catemak

Jagung Catemak, Sumber @sumber.com

Jagung Catemak berbeda dengan jagung bose, walaupun kedua masakan ini sama-sama berbahan utama jagung tetapi keduanya memiliki pebedaan. Jagung catemak adalah masakan yang berbahan dasar jagung yang di tambah dengan labu lilin dan kacang hijau. Mungkin banyak di antara anda yang menyangka bahwa masakan ini memiliki citarasa manis dan cocok dijadikan menu makanan ketika panas terik karena kurang lebih jika bahan-bahan tadi di campur menjadi satu akan terlihat seperti kolak. Namun, jagung catemak ternyata memiliki citarasa asin yang berbeda dengan menu masakan lainnya dan biasanya disajikan dengan nasi putih hangat.

4. Rumpu Rampe

Rumpu Rampe, Sumber @gotravelly.com

Rumpu rampe adalah tumisan yang menggunakan beragam bahan utama seperti daun pepaya, bunga pepaya, buah pepaya muda, jantung pisang, dan daun ubi, serta ditambah dengan bumbu khasnya seperti udang rebon sangrai, tomat, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan penyedap rasa lainnya sehingga menambah citarasa tersendiri bagi masakan yang satu ini. Masakan yang satu ini menyajikan beberapa bahan masakan dengan kombinasi dan campuran yang tidak biasa dijumpai pada masakan lain.

Jika anda penasaran dengan citarasa kuliner diatas, maka berkunjunglah ke Labuan Bajo atau daerah lain yang berada di Nusa Tenggara Timur. Perlu anda ketahui bahwa masih banyak kuliner khas Nusa Tenggara Timur selain kuliner yang kami informasikan diatas. Melalui informasi diatas semoga memberikan pengetahuan tambahan bagi anda tentang kuliner khas Nusa Tenggara Timur.

Review

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Komentar belum ada

Jika Anda Berkenan Tuliskan Komentar

Email anda tidak akan disebar luaskan. Kolom berbintang (*) wajib anda isi.

Komentar yang ingin anda berikan*Nama Anda*Isikan email Anda*Website anda saat ini

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.