Search
Close this search box.

Tips Memilih Rental Mobil : Jangan Asal Pilih!

Tips Memilih Rental Mobil – Liburan, hampir semua orang suka dengan kegiatan satu ini. Liburan atau wisata pun banyak sekali macam-macamnya, mulai dari wisata alam, city tours, wisata kuliner, hingga wisata religi. Liburan bersama orang-orang tersayang tentu jadi momen yang sangat ditunggu. Selain dapat menikmati kebersamaan, Anda pun dapat menikmati keindahan alam lengkap dengan kebudayaan yang menyertainya.

Namun untuk sekedar liburan tak perlu menunggu momen liburan panjang datang. Semuanya bisa Anda rencanakan jauh hari tergantung dari perencanaan tanggal yang Anda dan partner tentukan. Namun, alangkah lebih baiknya jika Anda menentukan liburan di luar liburan panjang, misal memilih liburan pada saat weekend yang tidak sedang dalam periode waktu liburan panjang.

Hal ini tentunya bermanfaat untuk Anda yang ingin menikmati momen bersama keluarga maupun rekan kerja. Sudah dapat dipastikan jika Anda memilih liburan di saat liburan panjang Anda tak akan bisa menikmati momen liburan tersebut lantaran lokasi wisata yang dipenuhi pengunjung.

Liburan yang jauh dari hiruk pikuk keramaian kota, rata-rata terletak cukup jauh dari pusat kota. Bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi tentunya akan sangat menguntungkan lantaran tak perlu menyewa kendaraan seperti mobil dan mampu mengatur sendiri kendaraannya.

Namun bagi Anda yang tak punya mobil pun kini tak perlu susah payah untuk dapat mencapai tempat atau destinasi yang sulit dijangkau menggunakan angkutan umum. Saat ini sudah ada banyak sekali jasa rental mobil yang akan mengantarkan Anda sampai tujuan.

Tips Memilih Rental Mobil

Ilustrasi Tips Memilih Rental Mobil
Ilustrasi Tips Memilih Rental Mobil, Sumber : kompas.com

Liburan dengan menggunakan jasa rental mobil sering kali membuat Anda berfikir berulangkali untuk mengajukan pinjaman. Namun, tak perlu kawatir, saat ini Anda bisa mendapatkan mobil rental dengan mudah dan dengan berbagai cara yang cukup praktis.

Mulai dari kemudahan persyaratan dan ketentuan, ketersediaan yang cukup fleksibel, sopir yang disediakan maupun mobil jenis terbaru. Biasanya ada dua jenis rental mobil yang diberikan pihak penyedia jasa rental, yakni lepas kunci atau beserta sopir.

Untuk tipe rental mobil dengan jenis lepas kunci biasanya Anda diharuskan meninggalkan dokumen dokumen sebagai pegangan pihak penyedia jasa rental mobil. Harga yang diberikan untuk lepas kunci pun biasanya akan jauh lebih mahal lantaran resikonya yang lebih besar.

Sementara untuk jenis rental mobil beserta sopir, Anda tinggal duduk manis dan mengatakan pada sopir akan diantarkan kemana. Biasanya jenis rental ini sudah ada yang termasuk dengan BBM, jadi Anda pun tak perlu pusing memikirkan biaya-biaya lainnya, setidaknya Anda hanya perlu mambayar uang tips bagi sopir dan uang makan yang tergantung dari jumlah hari rental Anda.

Namun, terlepas dari semua itu Anda pun tak boleh asal dalam memilih rental mobil. Berikut ini beberapa tips memilih rental mobil yang penting bagi Anda. Khususnya bagi Anda yang suka liburan atau berwisata.

1. Mencari Referensi Rental Mobil

Rental Mobil Lombok
Rental Mobil Lombok, Sumber : mobillombok.com

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari referensi rental mobil yang valid. Validitas informasi bisa Anda dapatkan di beberapa blog travel maupun group travel. Biasanya member maupun owner blog akan dengan senang hati membagikan pengalaman mereka dalam menyewa mobil di perusahaan rental mobil terkait.

Selain itu, cobalah tanyakan dengan rekan Anda yang pernah berlibur ke daerah yang akan Anda kunjungi dan minta lah suggest rental mobil yang murah, namun berkualitas.

2. Memeriksa Mobil Pilihan

Jika jenis rental yang Anda ajukan adalah lepas kunci, periksalah mobil yang Anda pilih sebelum menggunakannya. Anda tentunya tidak mau bukan menerima resiko fatal lantaran terlalu terburu-buru memilih mobil?

Jangan hanya memerika bagian fisiknya saja, tapi juga kelengkapan legalitas mobil yang hendak Anda sewa tersebut. Setelah Anda memerika fisik dan surat-surat kelengkapannya, barulan Anda putuskan apakah akan mengajukan rental mobil tersebut atau tidak.

3. Melakukan Perbandingan

Langkah selanjutnya adalah melakukan perbandingan antara satu rental mobil dengan yang lainnya.  Fitur apa saja yang ditawarkan? Apakah rental sudah termasuk BBM, apakah mobil akan diantarkan ke rumah Anda, dan lain sebagainya. Dan yang terpenting, pastikan mobil yang Anda sewa harganya sesuai dengan budget Anda.

4. Memerhatikan Risiko

Rental Mobil di Lombok, sumber ig bhastianhelmawan_
Rental Mobil di Lombok, Sumber : IG @bhastianhelmawan_

Sebelum memutuskan untuk mengajukan rental mobil, setidaknya Anda harus sudah tahu resiko yang akan Anda tanggung. Di lain sisi, Anda pun tak boleh lupa untuk menanyakan syarat yang wajib Anda penuhi untuk rental mobil sehingga di waktu yang akan datang pun Anda setidaknya sudah paham hak dan kewajiban masing-masing pihak, baik penyewa maupun pemberi sewaan.

5. Memutuskan Jasa Rental Mobil

Bijak dalam artian di sini adalah Anda menyewa sesuai dengan kebutuhan Anda, bukan didasarkan atas gengsi yang berlebih yang ujungnya justru membuat susah Anda sendiri sebagai penyewa. Tujuannya pun jelas, untuk mempermudah perjalanan bukan jutsru sebaliknya yang akan menyulitakan mobilitas Anda selama berlibur maupun mobilitas untuk keperluan lainnya.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tips memilih rental mobil yang penting Anda ketahui. Saat ini dunia maya cukup menyimpan banyak sekali fasilitas yang memberikan Anda kemudahan dalam mencari jasa rental mobil. Selamat liburan bersama keluarga tercinta. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Yuk, simak artikel bermanfaat lainnya di sini.

Tinggalkan komentar