082 339 443 335 info@mobillombok.com

Bisnis rental mobil merupakan salah satu bentuk usaha yang kini marak dijalankan banyak orang. Permintaan yang tinggi dari pasar menjadi latar belakang mengapa bisnis ini selalu diminati. Apalagi kini kondisi kendaraan umum yang masih jauh dari kata layak.

Dari sini maka peluang bisnis rental mobil ini akan semakin cerah dan nyata. Namun, untuk menjadikan bisnis ini sukses maka Anda yang akan atau sedang menjalankan bisnis ini perlu mengetahui beberapa tips atau strategi jitu untuk memulai bisnis ini.

Tips Memulai Bisnis Rental Mobil

Saat ini, banyak sekali orang yang membutuhkan mobil sebagai mata pencaharian. Salah satunya untuk menjadi sopir atau driver online. Hal inilah yang menjadi peluang baru bagi pengusaha rental mobil. Buat Anda yang baru ingin terjun ke bisnis ini. Berikut ulasan lengkap mengenai beberapa tips sukses memulai bisnis rental mobil.

1. Menetapkan Prospek dan Target Pasar

Yang perlu Anda lakukan sebelum memulai bisnis rental mobil adalah mengenali prospek dan target. Maksudnya di sini adalah Anda harus mengetahui prospek usaha rental mobil di lokasi Anda. Apakah orang-orang di sana memang akan sangat membutuhkan mobil atau malah tidak.

Ilustrasi Booking Sewa Mobil Online, sumber ig celloip
Ilustrasi Booking Sewa Mobil Online, sumber ig @celloip

Jika memang Anda yakini bahwa akan banyak orang yang membutuhkan mobil itu berarti usaha Anda di lokasi tersebut terbilang berprospek bagus. Namun bila Anda tidak mendapati bahwa akan banyak orang di lingkungan yang membutuhkan mobil, maka hal ini tentunya sebuah prospek buruk yang harusnya Anda tinggalkan.

Untuk mengetahui prospek ini sendiri Anda mau tak mau harus melakukan survei dan pengamatan. Jika memang diketahui bahwa prospek di lokasi Anda besar, maka tetapkan target pasar dari usaha Anda. Sebab ini akan mengacu pada penetapan starategi pemasaran yang akan dijalankan.

Tapi bila Anda ingin menetapkan target pasar pada semua pihak tentu saja boleh-boleh saja asal tingkat persaingan di lokasi tersebut belum terlalu ketat.

2. Promosi dan Pemasaran

Untuk mendapatkan pelanggan dalam jumlah yang banyak hingga membuat kas atau omzet bisnis ini meningkat maka Anda perlu menjalankan promosi atau pemasaran. Anda harus paham bahwa pelaku bisnis rental mobil ini bukanlah Anda seorang.

Namun, ada beberapa orang yang juga menjalankan usaha ini. Dari sini, maka tentunya tercipta sebuah persaingan dan kompetisi. Untuk memenangkan persaingan ini maka memang dibutuhkan sebuah strategi marketing yang efektif.

3. Membangun Relasi dan Jaringan

Untuk mendapatkan banyak kepercayaan dan juga banyak investor maka memang Anda harus mampu memperluas jaringan dan relasi. Semakin banyak jaringan dan relasi yang Anda miliki maka semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan mitra yang bisa diajak untuk bekerjasama mengembangkan usaha.

Jika hal ini terjadi maka tentu saja bisnis Anda akan semakin cepat bergerak menuju kesuksesan. Jangan lupa juga untuk bergabung dengan beberapa komunitas dan asosiasi bisnis rental mobil yang Ada di wilayah Anda. Ikut dan berperan aktiflah di sana.

4. Menentukan Harga Sesuai Pasaran

Harga memang selalu menjadi sesuatu yang sensitif bagi konsumen terutama masyarakat Indonesia. Ingat Anda juga punya pesaing yang harus ditaklukkan. Untuk bisa menggaet banyak konsumen, maka Anda tidak boleh sembarangan dalam menentukan harga. 

Lebih dari itu, Anda harus melakukan riset dan survei mengenai harga pasar rental mobil yang sedang berlaku di tempat Anda. Jangan memaksakan diri untuk membuat harga yang terlampau mahal, karena bisa jadi Anda akan kehilangan konsumen.

Ilustrasi Sewa Mobil Lombok, sumber Komodo Tour
Ilustrasi Sewa Mobil Lombok, sumber @Komodo Tour

Beberapa pakar bisnis malah menyarankan agar para pelaku usaha rental mobil ini untuk sesekali waktu memberikan harga promo dan diskon. Hal ini dilakukan untuk bisa menarik konsumen agar memilih rental mobil Anda daripada rental mobil lainnya. Anda juga membuat penawaran lainnya yang menarik sesuai dengan kreativitas Anda.

5. Memilih Mobil yang Banyak Diminati

Memulai bisnis rental mobil berarti Anda harus memiliki mobil yang akan disewakan. Sebelum membeli mobil, cobalah pilih jenis mobil yang banyak diminati pelanggan di daerah Anda. Biasanya pelanggan rental mobil lebih menyukai mobil jenis APV yang bisa membawa banyak orang dan juga memiliki bahan bakar yang irit.

Selain itu, mobil yang paling banyak diminati juga biasanya seperti rental mobil Avanza, Xenia, Innova, Grand Max, dan lain sebagainya. Setelah memilih mobil yang ingin Anda beli, tentukan harga sewa mobil berdasarkan tipe mobil. 

6. Menghindari Mobil Bekas untuk Dibeli

Meski harganya jauh lebih murah, hindari membeli untuk memulai bisnis rental mobil. Dengan memilih mobil baru, bisnis Anda akan menjadi nilai lebih bagi pelanggan dan membuat pelanggan lebih aman dan nyaman.

Bukan hanya itu, memilih mobil baru juga mengurangi biaya perawatan. Bisa dibayangkan, berapa uang yang harus Anda keluarkan untuk merawat mesin mobil bekas? Pasti lebih mahal dibanding Anda membeli mobil baru.

7. Membuat Syarat dan Ketentuan Sewa Mobil

Bisnis rental mobil merupakan salah satu bisnis yang memiliki risiko yang cukup besar, seperti mobil tidak dikembalikan. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus memuat sebuah peraturan bisnis yang ketat dalam masalah sewa-menyewa mobil. 

Anda bisa meminta pelanggan Anda untuk meninggalkan KTP atau identitas lain, dan buatlah surat perjanjian sewa yang ditandatangani pelanggan. Anda juga bisa menghindari risiko dengan memberi beberapa pengamanan seperti memasang GPS dalam mobil untuk mendeteksi keberadaan mobil.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tips sukses memulai bisnis rental mobil yang penting untuk Anda ketahui. Dengan tips tersebut, tentu Anda sudah tidak akan khawatir lagi jika ingin memulai bisnis rental mobil. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.