Beranda » Rental Mobil » Inilah 13 Tips Aman Mengemudi Mobil Yang Perlu Anda Tahu

Angka kecelakaan di jalan raya saat ini sudah sangat menghawatirkan dan sangat banyak jumlahnya. Dapat dipastikan akan bertambah setiap tahunnya karena kendaraan yang beroperasi di jalan raya juga bertambah jumlahnya. Kecelakaan terjadi karena lingkungan dan kebiasaan buruk pengemudi yang kadang meremehkan hal-hal kecil ketika berkendara.

Seorang executive general manager PT Toyota Astra Motor yakni Fransiscus Soerjopranoto pernah berkata menyingung tentang keselamatan berkendara “Sistem keselamatan yang diimiliki sebuah kendaraan, bukan satu-satunya cara menghindari korban jiwa di jalan. Banyak faktor lain seperti kondisi jalan dan lingkunngan sekitar saat berkendara”.

Jadi dalam konteks di atas, terjadinya kecelakaan tidak saja pada faktor kerusakan mobilnya namun juga faktor lingkungan dan perilaku pengemudi sendiri (human error). Oleh karenanya mengerti tentang cara berkendara yang baik merupakan salah satu cara mengurangi kecelakaan yang disebabkan oleh human error.

Berikut ini mobillombok.com akan memberikan tips aman saat mengemudi mobil, yang perlu disadari oleh setiap pengemudi mobil. Tentunya tidak hanya sekedar disadari, tetapi juga harus dilaksanakan demi menjaga kelancaran dan keamanan saat berkendara. Tips-tipsnya yakni sebagai berikut :

Memakai Seatbelt, Sumber Unsplash @hihow

1. Selalu memakai seatbelt saat mengemudi mobil.

2. Hp di silent mode agar tidak mengganggu fokus saat mengemudi.

3. Saat mobil pertama kali jalan, sekalian mencoba sistem pengereman mobil tersebut.

Posisi Tubuh Pengemudi, Sumber Unsplash @artmarkiv

4. Posisikan tubuh pengemudi sejajar dengan stir mobil, upayakan agar jangkauan tangan tidak terlalu jauh.

5. Ukur posisi duduk dengan tangan lurus sampai ke atas stir dengan batas pergelangan tangan.
Posisikan genggaman tangan pada kemudi dengan posisi jam 9.30 (untuk tangan kiri) dan 14.30 (untuk tangan kanan).

6. Posisikan spion mobil sesuai dengan pandangan pengemudi.

Patuhi Rambu Lalu Lintas, Unsplash @nickeedoo

7. Perhatikan dan patuhi seluruh rambu-rambu lalu lintas yang di lalui saat mengemudi.

8. Jangan melakukan pengereman mendadak. Diusahakan melihat ke belakang sesaat setelah melakukan pengereman mendadak (jika terjadi).

9. Selalu gunakan lampu sein saat akan belok ataupun saat ingin berpindah jalur, dan pastikan untuk melihat kearah yang dituju sebelum berbelok / berpindah jalur untuk memastikan kendaraan aman dari blind spot.

Menjaga Jarak Mobil, Sumber Unsplash @thejoltjoker

10. Selalu menjaga jarak dengan kendaraan lain yakni kendaraan yang berada di depan kita (jangan terlalu dekat), jarak amannya berada antara 2 sampai 5 meter ke depan.

11. Jika jalur di ambil oleh mobil lain jangan terbawa emosi, lebih baik mengalah dan berikan kesempatan pada mobil tersebut untuk mengambil jalur.

12. Gunakan klakson mobil untuk memberitahu kendaraan lain bahwa posisi kendaraan sedang berada di samping atau di belakang kendaraannya, jika pengemudi lain terlihat ingin melakukan perubahan jalur ataupun berbelok.

13. Jika ada pengemudi yang menyalakan lampu sein untuk berpindah jalur, siap-siap mengurangi kecepatan dan memberikan kesempatan pengemudi tersebut untuk berpindah jalur.

Lebih was-was diri dan selalu waspada, jangan terpancing emosi, serta perhatian terhadap kondisi mobil merupakan cara paling ampuh untuk menghindari kecelakaan. Semoga tips aman mengemudi dengan mobil ini dapat bermanfaat dan dapat membantu anda ketika akan berkendara. Pastinya jaga selalu keselamatan saat berkendara !!!

Review

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Komentar belum ada

Jika Anda Berkenan Tuliskan Komentar

Email anda tidak akan disebar luaskan. Kolom berbintang (*) wajib anda isi.

Komentar yang ingin anda berikan*Nama Anda*Isikan email Anda*Website anda saat ini

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.