082 339 443 335 info@mobillombok.com

Maaf, pada kesempatan kali ini kami tidak mem-publish artikel tentang rental mobil atau wisata lombok. Namun artikel tentang perawatan mobil, karena dunia rental mobil dekat dan bersinggungan dengan perawatan mobil. Semoga artikel ini bisa berguna bagi khalayak umum atau sesama pengusaha rental mobil di Pulau Lombok dan sekitarnya. Oks, silahkan scroll kebawah untuk melanjutkan membaca tips mengetahui tanda kerusakan pada mobil ini.

Seringkali kerusakkan fatal pada mobil dikarenakan sang pemilik tidak segera mengatasi tanda – tanda kerusakkan yang biasanya sudah muncul. Dan salah satu faktornya ialah kurang fahamnya pemilik mobil akan hal tersebut. Naah bagi anda yang merupakan saah satu dari mereka yang tidak tau mengenai tanda – tanda kerusakkan mobil, anda bisa membaca artikel ini.

Pertama, terjadinya pemasalahan di akki seperti bagian akki yang kotor, tegangan listrik yang habis, dan bagian akki yang longgar. Hal tersebut bisa anda ketahui dari susahnya menghidupkan mesin mobil anda. Selain pada aki, ruang bakar mobil seperti seal busi, dan silinder juga berperan dalam salah satu gejala ini. Biasanya karena ring piston dan silinder tersebut aus. Tentu saja yang menjadi faktor cepat ausnya ring piston dan silinder adalah penggunaan oli anda yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin.

Kedua, mobil anda yang awalnya terasa mulus – mulus saja saat dikendarai menjadi bergetar. Berarti anda harus mewaspadai terkait olinya. Bisa jadi oli mobil anda bocor atau kondisi oli yang sudah buruk dan perlu diganti. Selain dari oli anda juga harus memeriksa bagian karburator, busi ( aus ), dan selang injektor yang dikhawatirkan kesumbat.

Ketiga, adanya kerusakkan pada shock breaker bisa ditandai dengan munculnya bunyi seperti benturan ketika anda mengendari mobil yang melewati jalan berbatu atau berlubang.

Keempat, pada mobil transmisi otomatis dibagian tuasnya sulit digeser. Ada beberapa kemungkinan seperti komponen pengereman bermasalah dan kabel – kabel penghubung transmisi otomatis telah mengalamai kerusakkan.

Ilustrasi Perawatan Mobil

Ilustrasi Perawatan Mobil

Kelima, laju mobil anda menurun. Ini sangat penting bagi anda. Karena bisa jadi inti mesin mobil anda yang mengalami masalah. Misalnya silinder dan ring piston yang aus, atau kondisi injektor juga mempengaruhi cepat lambatnya laju mobil anda. Biasanya disertai dengan hidupnya lampu check engine. Sedangkan pada mobil tipe manual adanya kesulitan dalam proses pemindahan gigi. Hal ini bisa jadi karena kapas kopling mobil anda yang mulai habis.

Keenam, munculnya suara – suara keras pada mobil anda. Ada bagian – bagian tertentu pada mobil anda yang biasanya tidak terdengar jelas tiba- tiba mengeluarka suara yang keras sehingga anda bisa mendengarnya. Contohnya suara pada rantai timming chain, hal ini bisa menyebabkan mesin mobil anda mati kalau sampai putus. Sebab karena bunyi keras tersebut mengidentifikasikan bahwa rantai mobil anda mengalamai pemuaian. Atau apabila mobil anda mengeluarkan bunyi decitan, anda harus segera mengecek di bagian beltnya. Sebab bisa jadi ada tumpahan oli di v belt. Jika terus menerus diabaikan gesekkan tersebut tentu akan menimbulkan panas yang bisa membuat terptusnya v belt pada mesin.

Ketujuh, knalpot mobil anda mengeluarkan asap hitam atau asap putih. Lagi – lagi masalah ini tidak lepas dari ring dan silinder. Celah yang besar pada ring menyebabkan bensin naik ke ruang bakar sehingga di sana ia akan terbakar dan menghasilkan asap berwarna putih. Kerusakkan injektor akan membuat suplai bahan bakar berlebihan dan tidak bisa dipungkiri hal tersebut bisa menghasilkan emisi Nox dan asap hitam.

Kedelapan, kebocoran oli bisa dilihat dari banyaknya kerak yang melekat daerah lubang busi, inektor pada diesel, sambungan oil pan dan seal crankshaft. Sebab apabila oli bocor maka pelumasan mesin akan terganggu dan menyebabkan timbulnya masalah – masalah lain pada mobil anda seperti tujuh tanda krusakkan yang sudah saya uraikan.

Kenalilah tanda – tanda kerusakkan pada mobil anda sedari sekarang. Sehingga masalah – masalah besar atau fatal bisa teratasi. Feedbacknya adalah mobil anda awet terjaga dan tentu saja anda menjadi nyaman dalam memakai. Pengeluaran banyak untuk kerusakkan mobilpun bisa diminimalisir. Terakhir sambil promosi (^_^), jika anda membuat kegiatan yang membutuhkan mobil mewah, jangan sungkan untuk kontak kami yah.