082 339 443 335 info@mobillombok.com

Menyewa mobil mugkin sudah menjadi agenda wajib di saat akhir pekan atau liburan untuk berwisata ke luar kota. Dengan menyewa mobil, Anda lebih leluasa untuk mengatur waktu dan destinasi wisata tujuan Anda.

Namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum menyewa mobil dan jangan sembarangan untuk menentukan pilihan, sebab perjalanan yang Anda tempuh karakter jalanya tidak sama dengan keadaan dalam kota yang biasa Anda lalui.

Cara Menyewa Mobil Wisata

Bagi Anda, wisatawan yang ingin berliburan namun masih belum mengenal daerah tujuan Anda seperti wisata Lombok misalnya, maka rental mobil wisata sangat direkomendasikan. Karena berbagai lokasi wisata yang ingin dikunjungi biasanya berada di lokasi yang jauh dari kota.

Dengan keberadaan jasa rental, Anda akan bisa mengunjung berbagai lokasi dengan bantuan jasa melalui driver. Bagaimana tips rental mobil wisata? Berikut tips menyewa mobil untuk wisata Anda yang perlu diperhatikan.

Rental Mobil Lombok Murah, sumber ig alfa_travel_lombok
Rental Mobil Lombok Murah, sumber ig @alfa_travel_lombok

1. Menentukan Jenis Mobil Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Semakin besar mobil yang disewa maka semakin besar pula budget yang harus Anda keluarkan untuk sewa mobil, termasuk lamanya penggunaan. Karenya, sebelum memilih mobil sewa, pertimbangkan siapa saja yang akan ikut berwisata dan berapa banyak penumpangnya.

Lalu kemana saja tujuan wisatanya, supaya ketika memilih rental mobil bisa disesuaikan dengan kebutuhan juga agar budget untuk sewa mobil cukup dan tak mubazir.

Misalnya saja saat sewa mobil yang kecil ternyata tak cukup untuk menampung barang bawaan dan juga anggota keluarga yang ikut sehingga membuat acara wisata Anda jadi kurang afdol.

2. Mengecek Kondisi Mobil

Lakukan pengecekkan bagian eksterior mobil bersama pemilik perusahaan penyedia jasa rental. Dengan begitu Anda dapat melihat body yang penyok atau lecet yang terdapat pada mobil tersebut.

Untuk berjaga-jaga Anda dapat memfoto bagian mana yang penyok supaya Anda dapat membuktikan jika pemilik perusahaan jasa rental mencoba claim atas penyok/lecet yang ada di mobil, padahal bukan Anda yang melakukannya.

Pilih mobil dengan kondisi yang prima, biasanya kondisi mobil yang masih prima berusia maksimal enam tahun ke bawah. Lakukan pengecekan kondisi rem, kelistrikan, mesin, ban, serta kestabilan mobil. Kondisi kelistrikan bisa menggunakan alat bantu volt meter untuk mengecek sumber listrik baik alternator maupun aki.

Begitu pun dengan mesin, jika dihidupkan dalam beberapa menit tersengal-sengal berarti mesin mobil tersebut sudah tidak sehat. Pastikan kondisi ban dengan melihat ukiran kembangan masih dalam kondisi bagus atau minimal 70%.

3. Melakukan Pembandingan Harga

Sebelum memilih rental mobil, maka penting untuk mencari referensi tentang harga sewa yang ditawarkan oleh setiap jasa rental yang ada di kota Anda. Ini penting supaya Anda bisa mendapatkan harga sewa yang miring atau di bawah budget Anda.

Sewa Mobil Wisata, Sumber Unsplash @thejoltjoker
Sewa Mobil Wisata, Sumber Unsplash @thejoltjoker

Sewa mobil saat ini sangat fleksibel, harganya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda termasuk durasi pemakaian. Mulai dari per 6 jam, 12 jam hingga 24 jam.

Jangan dulu senang jika ada rental mobil yang menawarkan sewa harganya murah tapi tak masuk akal. Perlu diwaspadai dan hati-hati karena ditakutkan nanti ada yang tidak beres ketika di perjalanan. Misalnya mesin mobil rusak atau bahkan mobil bodong. Bukankah malah jadi runyam nanti wisatanya?

Cari murah boleh-boleh saja, harus bahkan. Tetapi jangan juga terlalu gampang percaya karena bisa-bisa ini jebakan. Jadi cerdaslah dalam membandingkan harga sewa rental mobil dengan kebutuhan Anda.

4. Memesan Mobil Sewaan Sesegera Mungkin

Mempersiapkan wisata itu ada baiknya janganlah mendadak, terlebih lagi soal sewa mobil. Nah, untuk memilih rental mobil, Anda pun perlu mempertimbangkan kapan dan berapa lama mobil rental akan disewa. Termasuk juga mempertimbangkan kapan waktu Anda akan menyewa mobil.

Karena kalau hari-hari libur, akhir pekan, dan tanggal merah, biasanya permintaan sewa mobil meningkat. Oleh sebab itu, lakukan booking ke tempat rental mobil agar Anda dapat memastikan ketersediaan mobil. Sehingga ketika berangkat sudah bisa dipastikan mobilnya siap dan bisa digunakan.

Pantai Selong Belanak, sumber ig aceng420reza
Pantai Selong Belanak, sumber ig @aceng420reza

Dengan menyewa jauh-jauh hari sebelumnya, Anda bisa terhindar dari permainan harga sekaligus dapat menyesuaikan dengan budget yang sudah disiapkan. Ada baiknya juga untuk melakukan konfirmasi harga sebelum memilih rental mobil.

5. Memilih Perusahaan Rental Mobil Yang Terpercaya

Carilah informasi tentang tempat rental mobil dari teman, kenalan, ataupun asosiasi yang cukup terpercaya. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui lebih banyak dari pengalaman orang lain dalam memakai jasa rental mobil yang dapat bertanggungjawab dan juga memberikan pelayanan terbaik untuk Anda berwisata.

Dengan jangka waktu yang lebih luang, Anda dapat membuat perbandingan pada beberapa perusahaan tempat jasa sewa mobil berdasarkan pilihan jenis mobil, tarif sewa, budget yang dimiliki dan juga semua pertimbangan lainnya berdasarkan kebutuhan keluarga.

6. Mempelajari Perjanjian Sewa Dengan Cermat

Pelajari perjanjian sewa yang disodorkan oleh perusahaan rental mobil ketika Anda ingin menyewa, menyangkut beberapa hal tentang hak dan kewajiban penyewa. Hal lain yang patut ditanyakan adalah, bila terjadi keterlambatan pengembalian mobil. Hal ini perlu diajukan, mengingat kondisi jalan selama wisata tidak menentu. Kemacetan berjam-jam bisa saja terjadi.

7. Menanyakan Manfaat Asuransi

Jika perusahaan tempat Anda menyewa menerapkan biaya asuransi, Anda dapat menanyakan dengan jelas tentang jenis arusansi, manfaat yang diperoleh, serta cakupan perlindungan dan berapa uang pertangunggungan yang akan diperoleh.

Hal itu penting ditanyakan untuk mengantisipasi bila terjadi risiko yang tidak Anda inginkan. Pasalnya, bahasa dan kalimat di dalam perjanjian asuransi biasanya kerap menimbulkan salah tafsir, sehingga harus dipelajari kalimat demi kalimat.

8. Meminta Nomer Telepon Yang Bisa Dihubungi

Bila semua urusan persyaratan telah selesai mulai dari jenis mobil rental dan lainnya, kemudian Anda sudah sepakat untuk menyewanya, jangan lupa meminta nomor telepon perusahaan tempat Anda menyewa yang bisa dihubungi setiap saat. Hal itu untuk mengantisipasi bila terjadi peristiwa yang tidak diinginkan di jalan yang berkaitan dengan mobil dan Anda bisa menanyakan kondisi itu kepada petugas di perusahaan tersebut.

Demikian ulasan mengenai tips aman menyewa mobil untuk wisata Anda. Tentu dengan perencanaan menyewa mobil yang matang bisa membuat wisata Anda menjadi lebih aman dan nyaman. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.